Fauna

Diposting pada

Pengertian Fauna

Fauna Indonesia memiliki keanekaragaman yang tinggi karena wilayahnya yang  luas dan berbentuk kepulauan tropis. Keanekaragaman yang tinggi ini disebabkan oleh Garis Wallace, membagi Indonesia menjadi dua area; zona zoogeografi Asia, yang dipengaruhi oleh fauna Asia, dan zona zoogeografi Australasia, dipengaruhi oleh fauna Australia. Pencampuran fauna di Indonesia juga dipengaruhi oleh ekosistem yang beragam di antaranya: pantai, bukit pasir, muara, hutan bakau, dan terumbu karang.

Masalah ekologi yang muncul di Indonesia adalah proses industrialisasi dan pertumbuhan populasi yang tinggi, yang menyebabkan prioritas pemeliharaan lingkungan menjadi terpinggirkan. Keadaan ini menjadi semakin buruk akibat aktivitas pembalakan liar, yang menyebabkan berkurangnya area hutan; sedangkan masalah lain, termasuk tingginya urbanisasi, polusi udara, manajemen sampah dan sistem pengolahan limbah juga berperan dalam perusakan hutan.

Fauna


Tingkatan Pengelompokan Fauna

Berdasarkan tingkat pengelompokan phylum (division),, dalam dunia kerajaan binatang terbagi menjadi dua kelompok besar dianaranya yaitu;

  1. Hewan bertulang belakang
  • Bentuknya seprti ikan atau belut tapi bukan ikan (cyclortomata)
  • Kelompik ikan (pisces)
  • Kelompok hewan yang di hidup di dua alam, diair dan di darat (amphibi)
  • Kelompok hewan seperti burung (aves)
  • Kelompok hewan yang menyusui (mamalia)
  1. Hewan tidak bertulang belakang, misalnya seprti berikut ini ;
  • Binatang bersel satu misalnya seperi amuba (protozoa)
  • Sejenis poriferasponse (parazoa)
  • Binatang seperti cacing, cumi, kerang dan sejenisnya (metozoa)

Asal-Usul Fauna Indonesia

Asal mula fauna Indonesia sangat dipengaruhi oleh aspek geografi dan peristiwa  geologi di benua Asia dan Australia. Pada zaman purba, pulau Irian (New Guinea) tergabung dengan benua australia.


Perbedaan Fauna dan Flora

Berdasarkan pendekatan biologi, perbedaan hewan dengan tumbuha banyak seklai, diantaranya ialah yang paling esensial sebagai berikut ini

  1. Flora terikat pada suatu tempat, sedangkan fauna tidak, fauna dapat bergerak gerak dengan cepat bahkan tingkat kecepatannya itu bisa dideteksi melalu pergerakan persebaranya.
  2. Flora berfungsi sebagai produsen dan fauna cenderung sebagai konsumen. Flora mempunyai kemampuan guna mengolah makanan, sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya sendiri.

Baca Juga :  Batu Menangis Kalimatan Barat

Persebaran Fauna di Dunia

Persebaran fauna di dunia ini akan dibahas menjelaskan tegionalisasinya berserta contohnya beberapa jenis hewan yang khas dari setiap kawasan. Kerajaan hewan dunia berdasrakan area tempat hidupnya  bisa di bagi menjadi enam kawasan


  • Region Fauna Palearctic

Kawasan yang termasuk region palearctic adalah sebagian utara bernua sia, seluruh kawwasan eropa, seluruh Negara bekas uni soviet, pantai pasifik bera di bagaian utara, kawasan laut tengan, jepang dan juga afrika bagian utara.


  • Region Fauna Nearctic

Vegetasi flora Nearctic berhutan gugur di amerika utara bagian timur dan juga salju abadi di Greenland menyebabkan spesies faunanya tidak terlalu bervavriasi dan mempunyai ukuran yang tidak terlalu besar.


  • Region Fauna Neotropic

Region ini meliputi beberapa kawasan, seprti seluruh amerika selatan, amerika bagian tengan, dan juga bagian besar meksiko, dan kepulauan hindia barat, kawasan ini mempunyai iklim tropic, sama seprti di Indonesia yang mempunyai dua musim saja, kecuali kawasan bagian paling selatannya.

Jenis hewan kawasan neotropic ini mempunyai sifat yang khas dan bervariasi. Berdasarkan data yang telah diketahui , kawasan ini mempunyai 32 jenis mamalia.


  • Region Fauna Ethiopia

Region fauna ini mempunyai kawasan benua afrika disebelah selatan pegunungan altlas, gurun sahara, sudut selatan Arabia.

Kawasan ini mempunyai mamalia 38 famili, tidak termasuk spesies kelelawar dimana ada beberapa jenis mamalia yang mempunyai kriteria hamper sama dengan yang ada di kawasan palerctic dan oriental.


  • Region Fauna Oriental

Kawasan ini meliputi indiia, Malaysia, dan juga Indonesia bagian barat. Kawasan disebelah timur dibatasi dengan samudra pasifik, sebelah barat dengan samudra hindia. Dan jug sebelah utara dengan pegunungan Himalaya.


  • Region Fauna Autralia

Kawasan fauna Australia ini meliputi benrua Australia, Tasmania dan juga papua. selandia baru tidak termasuk dalam kawasan ini melainkan berdiri sendiri membentuk kawasan khusus, dimana selandia baru tidak mempunyai hubungan daratan dengan kawasan manapun.

Baca Juga :  Flora

  • Fauna Selandia Baru

Sebetulnya jarak antara selandia baru dan juga aurstralia tidak terlalu jauh, yaitu hanya berjarak 1.000 mil saja. Secara geografis kawasan ini tidak mempunyai hubungan dengan benua manapun termasuk dengan benua Australia. Salah satu jenis hewan endemis kawasan ini ialah kiwi dan salah satuenis inni dikategorikan amfibi purba yaitu sphenodon.


Contoh Gambar Fauna

fauna fauna fauna

demkianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Fauna : Pengertian, Asal Usul, Persebaran, Perbedaan Contoh Beserta Gambarnya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua.