√ Contoh Akulturasi Dan Asimilasi : Pengertian, Cara, Proses, Unsur

Diposting pada

Pengertian

Akulturasi adalah istilah yang berasal dari bahasa latin yakni acculturate yang berarti tumbuh dan juga berkembang bersama-sama. Secara umum, akulturasi merupakan proses sosial yang muncul ketika terjadi penyatuan antara dua budaya berbeda kemudian menjadi budaya baru tanpa menghilangkan unsur dari budaya lama.

√ Contoh Akulturasi Dan Asimilasi : Pengertian, Cara, Proses, Unsur

Ini terjadi apabila terdapat budaya asing yang masuk dan bisa diterima secara baik oleh masyarakat dan tanpa menghilangkan budaya aslinya. Misalnya kebudayaan masyarakat Bali kemudian menyatu dengan kebudayaan hindu yang tanpa menghilangkan unsur kebudayaan Bali tersebut dan sekarang dikenal kebudayaan Hindu Bali.

Pengertian Akulturasi menurut Koentjaraningrat merupakan proses sosial yang terjadi apabila terdapat kelompok sosial dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan kebudayaan asing.

Jika menurut Koentjaraningrat, akulturasi merupakan proses sosial yang terjadi apabila kelompok sosial dengan kebudayaan tertentu kemudian dihadapkan dengan kebudayaan asing berbeda.


Cara Terjadinya Asimilasi

Akulturasi dapat terjadi apabila ada kontak budaya, antara lain:

Kontak sosial dapat terjadi terhadap individu, sebagian dari masyarakat, bahkan semua lapisan masyarakat. Misalnya kehadiran teknologi tentu berbeda sekali dengan kehadiran ulama. Kehadiran seorang psikolog, tentu berbeda sekali dengan kehadiran seorang ekonom dan begitu seterusnya.

  • Kontak budaya dapt terjadi pada situasi damai maupun bermusuhan.
  • Kontak budaya dapat terjadi antara masyarakat besar dan juga
  • Kontak budaya dapat terjadi antara kelompok yang dikuasai dan juga menguasai dari unsur budaya.
  • Kontak budaya dapat terjadi dalam 3 wujud budaya, yakni unsur budaya fisik,sistem sosial, dan sistem budaya.

Proses Asimilasi

Jika diperhatikan, proses asimilasi dapat terjadi melalui dua cara, yakni :

  1. Akulturasi Damai

Akulturasi damai, merupakan proses asimilasi yang terjadi secara damai tanpa adanya paksaan dari budaya asing itu dan masyarakat akan menerima baik kebudayaan asing itu. Contoh adalah masuknya teknologi pada masyarakat Indonesia.

  1. Akulturasi Ekstrim

Akulturasi ekstrim (paksaan), merupakan proses akulturasi terjadi secara paksaan. Pihak menang akan memaksakan budayanya agar diserap masyarakat yang kalah. Contohnya penjajahan yang terjadi di Indonesia.


Unsur-unsur Asimilasi

Agar proses asimilasi dapat terjadi secara damai, maka terdapat unsur-unsur yang membuat budaya asing itu bisa diterima baik. Berikut unsur-unsurnya :

  • Penemuan teknologi baru dan manfaatnya langsung dirasakan masyarakat.
  • Kebudayaan yang unsur-unsurnya adalah
  • Kebudayaan asing dan pengaruhnya tak signifikan.
  • Kebudayaan yang mudah disesuaikan terhadap kebudayaan yang ada.

Sedangkan, proses asimilasi ataupun kebudayaan asing yang susah diterima masyarakat, antara lain:

  • Kebudayaan yang memiliki dampak luas bagi kehidupan masyarakat itu sendiri, dan
  • Kebudayaan yang dapat mempengaruhi pola pikir dari

Contoh Asimilasi

Proses asimilasi ini terkadang susah terjadi dan terkadang juga mudah sekali terjadi, bahkan masyarakat secara tanpa sadar telah menyerap budaya asing. Banyak sekali di Indonesia contoh hasil asimilasi antar budaya. Sebsgsi berikut :

  1. Seni Bangunan

Bangunan bersejarah banyak dibangun dari hasil asimilasi, sebagai contoh punden berundak-undak. Merupakan bangunan dari zaman Megalitikum yang memperoleh pengaruh Hindu-Budha, sehingga mempunyai wujud candi, seperti halnya Candi Borobudur.

  1. Seni rupa/Seni Lukis

Banyak kesenian Indonesia dari pengaruh kebudayaan India, seperti halnya seni rupa dan juga seni lukis. Ini dibuktikanadanya patung Budha yang berlanggam Gandara di kota Bangun, Kutai dan juga patung Budha berlanggam Amarawati yang ditemukan di Sikendeng di Sulawesi Selatan.

  1. Seni Sastra

Prasasti-prasasti kuno ditemukan pada berbagai daerah di Indonesia, seperti halnya di Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Timur, dan lainnya menunjukkan karena adanya pengaruh Hindu-Budha. Prasasti-prasasti itu ditulis menggunakan huruf Pallawa dan juga bahasa Sansekerta. Ini menunjukkan kalau memang terdapat akulturasi budaya pada masa itu.

  1. Kalender

Adanya penanggalan India yang diadopsi Indonesia ini menunjukkan karena adanya akulturasi budaya. Penggunaan penanggalan itu merupakan penggunaan tahun Saka di Indonesia. Selain itu, ada pula Candra Sangkala atau konogram. Candra Sangkala merupakan angka huruf yang berupa susunan kalimat atau pun gambar kata.

  1. Pemerintahan

Pengaruh kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia kuat sekali hingga bisa mempengaruhi pada sistem pemerintahannya. Ini terbukti karena perubahan sistem pemerintahan yang pada awalnya memang menggunakan seorang kepala suku yang akhirnya berubah menjadi sistem kerajaan yakni seorang raja.


demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Contoh Akulturasi Dan Asimilasi : Pengertian, Cara, Proses, Unsur, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Cara Kerja Mata Kita : Pengertian, Organ dan Kelainan
Baca Juga :  √ Cara Kerja Enzim : Pengertian, Mekanisme dan Teori
Baca Juga :  √ 10 Cara Berkomunikasi Yang Baik dan Benar
Baca Juga :  √ Bioma Hutan Hujan Tropis : Pengertian, Jenis dan Ciri