√ Blok Barat dan Blok Timur: Pengertian, Sejarah dan Faktor Terjadinya Pembagian

Diposting pada

Pengertian

  1. Blok Barat

Blok barat adalah Amerika yakni  negara yang membawa macam macam ideologi liberal kapitalisme yang terbentuk didalam pertahanan  NATO (North  atlantic treaty Organization) pada tanggal 4 april 1949 yang memiliki pengikut sebanyak 12 negara terdiri dari Amerika serikat, Belanda, Inggris, Islandia, Portugal, Italia, kanada, Belgia, Demnark, Luksemburg, dan Norwegia.

√ Blok Barat dan Blok Timur: Pengertian, Sejarah dan Faktor Terjadinya Pembagian

Tugas NATO

Tugas NATO yang ada didalam blok barat ialah mendirikan , mengembangkan, melindungi, mencegah dan mengkoordinir pertahanan militer yang ada pada negara negara anggota pada kemungkinann  agresi atau serangan diam diam dari Soviet yag kala itu dinilai Amerika telah merasa iri dan marah karena dunia mengakui Amerika serikat menjadi pemenang perang dunia ke 2.

  1. Blok Timur

Blok Timur adalah Uni soviet (sekarang Rusia) yakni negara yang membawa ideologi komunisme yang kemudian membentuk badan organisasi untuk menyaingi keberadaan NATO. Organisasi tersebut bernama PAKTA WARSAWA pada tanggal 14 mei 1955 yang memiliki pengikut awalnya hanya berjumlah 7 negara , terdiri atas Albania, Cekoslovakia, Jerman timur, Uni soviet, Hongaria, Polandia , Bulgaria. Unisoviet saat itu mencurigai Amerika telah iri serta tak suka dengan gelar yang diberikan dunia bahwa Unisoviet adalah negara pemenang dunia ke 2.

Tugas Pakta Warsawa

Pakta warsawa memiliki tugas melindungi dan menjaga kondisi  dan keberadaan negara negara saatelit soviet yang terbentuk setelah usai perang dingin sekaligus untuk memberi keamanan , kenyamanan, pertahanan dan berani memberi jaminan bahwa tidak akan ada negara lain (musuh) yang akan merusak atau membuat penyerangan pada negara negara satelit itu. Kedua ideologi antara Amerika dan unisoviet (sekarang Rusia) mempunyai pola berfikir yang berbeda tetapi secara praktenya keduanya ternyata dapat membawa perubahan perubahan ekonomi bagi negara negara yang menderita kelaparan dan kemiskinan setelah perang dunia ke 2 berakhir.

Perbedaan ideologi pada blok Timur dan Barat membuat kedua blok menjadi merasa paling benar dan tidak bisa hidup berdampingan dengan rasa toleransi dan damai. Akibatnya ketegangan diantara keduanya diikuti oleh negara negara pengikut keduanya yang menjadikan  perang dingin sulit untuk dihindari. Perang dingin yang terjadi adalah bentuk dari pertikaian mereka yang sama sama merasa menjadi negara terkuat didunia.

Sejarah Terdirinya Blok Baran dan Blok Timur

Disebut dunia sebagai negara pemenang dalam perang dunia ke 2, membuat Amerika dan Unisoviet (kalau sekarang Rusia) menjadi bertikai serta saling curiga yang akhirnya melahirkan ideologi yang berbeda yang populer disebut dengan nama blok barat dan Blok timur.

Negara Amerika (blok Barat) dan Uni soviet yang sekarang menjadi Rusia (Blok Timur) adalah 2 negara yang telah dinobatkan oleh semua negara didunia sebagai negara yang kuat dan sebagai pemenang perang dunia ke 2. Tetapi sayangnya kedua negara tersebut tidak menyukai ada 2 negara didunia yang disebut sebagai negara kuat dan negara pemenang di perang dunia 2.

  1. Awal berdirinya blok timur dan blok barat

Atas dasar apa Amerika dan Uni soviet menyebut harus ada 1 negara yang menjadi pemenang diperang dunia ke 2 bukan 2 negara?

Amerika meyakini bahwa merekalah yang pantas disebut sebagai negara adidaya dan sebagai negara pemenang perang dunia ke 2. Amerika merasa hanya merekalah yang mempunyai ideologi paling masuk akal dan tidak merugikan pihak lain yaitu dapat membawa perubahan ekonomi bagi negara negara yang sengsara karena  krisis akibat perang dunia 2.

Sedangkan pihak Uni soviet menyebut bahwa negara merekalah yang jauh lebih besar dan kuat dan paling layak untuk mendapatkan gelar sebagai negara pemenang diperang dunia ke 2. karena kala itu Unisoviet mempunyai persenjataan yang super canggih dan lebih banyak dari Amerika serta mempunyai tujuan mulia yaitu akan membawa perubahan kesejahteraan untuk seluruh negara negara eropa timur dari krisis yang disebabkan dari perang dunia ke 2.

Faktor Terjadinya Perang antara Blok Barat dan Blok Timur

  1. Munculnya pengakuan dunia pada Amerika serikat sebagai pemenang perang dunia ke 2 yakni pemenang mutlak atas perang dipihak sekutu yakni Inggris dan perancis dan lain lain.
  2. Munculnya pengakuan dunia pada Uni soviet sebagai negara pemenang perang dunia ke 2 karena telah bisa membebaskan eropa timur dari negara jerman dan mampu juga memperbaiki kondisi buruk perekonomian negara negara eropa timur
  3. Karena lahirnya negara negara baru yang berhasil mendeklarasikan kemerdekaannya setelah perang dunia ke 2 usai yang terjadi diluar jangkauan dari negara eropa.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Blok Barat dan Blok Timur: Pengertian, Sejarah dan Faktor Terjadinya Pembagian, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga ;

Read More  √ Cara Mengemukakan Pendapat: Pengertian, Fungsi,Caranya
Read More  √ 10 Cara Mengatasi Terorisme
Read More  √ Negara Yang Menganut Macam Ideologi Beserta Pengikutnya
Read More  √ Definisi Naturalisasi : Syarat, Proses, Jenis Dan Contohnya