Definisi Oriflame
Oriflame adalah salah satu produk kosmetik dengan perkembangan tercepat di dunia. Di Indonesia, Oriflame dapat menjangkau ke seluruh lini masyarakat di berbagai wilayah, bahkan di wilayah terpencil sekalipun. Kesuksesan Oriflame Indonesia dalam menjangkau wilayah terpencil tidak terlepas dari strategi penjualannya yang unik dan berbeda dengan sistem retail pada umumnya.
Produk Oriflame ditawarkan melalui sistem Direct Selling (Penjualan Langsung) dan Multi Level Marketing. Oriflame menawarkan kesempatan kepada masyarakat luas dengan menjadi member Oriflame atau disebut sebagai Independent Sales Consultant. Sistem penjualan pribadi memungkinkan pelanggan untuk memperoleh nasehat dan inspirasi dari orang yang mereka kenal dan mereka percaya. Pembelian secara langsung dapat diandalkan dan sangat menyenangkan.
Seorang konsultan Oriflame memiliki kesempatan untuk menggunakan atau menjual produk Oriflame dengan harga member, sehingga konsultan tersebut dapat memperoleh keuntungan langsung berupa selisih antara harga produk di katalog dan harga khusus member. Selain itu, seorang konsultan dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar berupa Bonus Performance, yaitu kompensasi yang diberikan Oriflame kepada konsultan yang berhasil mengembangkan jaringan dan meningkatkan penjualan produk Oriflame. Konsultan Oriflame adalah ujung tombak penjualan Oriflame Indonesia.
Walaupun MLM memiliki reputasi kurang baik terkait adanya berbagai kasus penipuan money game berkedok MLM di Indonesia, Oriflame Indonesia dapat mempertahankan reputasinya sebagai perusahaan Direct Selling dan MLM nomor 1 di Indonesia, bahkan nomor 2 di dunia. Keapatisan sebagian masyarakat terhadap MLM hampir tidak berpengaruh kepada performa penjualan produk Oriflame. Bahkan data terkini mengatakan bahwa member Oriflame telah mencapai angka 2 juta orang di dunia, dan di Indonesia tercatat sebanyak 25 ribu konsultan Oriflame bergabung. Diperlukan strategi yang tepat untuk memperoleh dan mempertahankan kesuksesan tersebut.
Pengertian Oriflame
Oriflame ialah salah satu merek dagang yang menawarkan produk kecantikan dan perawatan tubuh. Bukan hanya menyediakan berbagai produk, oriflame juga bisa dimanfaatkan sebagai peluang usaha. Bisnis oriflame memungkinkan pelakunya untuk dapat menghasilkan uang sekaligus mempunyai banyak waktu bagi keluarga dan orang tersayang. Saat ini, bisnis oriflame bisa dikatakan seperti jamur di musim hujan. Banyak sekali orang yang terjun dalam usaha ini. Bagaimana tidak, banyak pihak yang mengatakan bahwa keuntungan dari usaha oriflame tidak ada batasnya. Anda bisa mendapatkan keuntungan ratusan ribu sampai ratusan juta rupiah.
Sejarah Oriflame
Oriflame pertama kali didirikan di Swedia oleh dua orang bersaudara Robert dan Jonas af Jochnick dan rekan mereka, Bengt Hellsten, pada tahun 1967. Semuanya berawal dari sebuah ruang kantor sederhana di pusat kota Stockholm. Robert dan Jonas af Jochnick bermimpi ingin memberi banyak orang kesempatan untuk memperoleh manfaat dari perawatan kulit yang baik dan kosmetika berkualitas tinggi yang terinspirasi oleh keindahan alam Swedia. Bisnis berkembang dengan baik dan pada tahun 1972, perusahaan induk bernama Oriflame International didirikan di Luxembourg, dan sepuluh tahun kemudian melakukan IPO di bursa efek London.
Terobosan luar biasa yang dilakukan oleh dua bersaudara af Jochnick adalah memindahkan mata rantai bisnis Oriflame ke rumah konsumen. Segera saja, Oriflame memiliki konsultan penjualan di seluruh negeri, dan masing-masing dan setiap satu dari mereka memiliki hati dan ambisi dari seorang pengusaha. Mereka ingin menjadi bagian dari bisnis baru yang revolusioner dan mendapatkan uang dari perawatan kulit alami. Produk itu didistribusikan ke rumah mereka, dan sejak hari pertama mereka memiliki jaringan pelanggan potensial di teman-teman, kolega, dan tetangga, dan saat itu juga bisnis Oriflame mereka mulai berkembang. Hingga saat ini Oriflame global memiliki:
- Penjualan tahunan 1.5 Miliar Euro
- Sekitar 3.600.000 Consultant
- 7900 karyawan
- Sekitar 1000 jenis produk
- Co-founder World Childhood Foundation.
- Global R & D Center dengan lebih dari 100 ilmuwan
- 5 unit produksi sendiri di Swedia, Polandia, Cina, Rusia dan India
- Terdaftar di Nasdaq OMX Bursa sejak Maret 2004
- Produk berdasarkan bahan-bahan alami, tidak pernah diuji pada hewan
- Operasi di lebih dari 60 negara yang mana 13 diantaranya adalah franchise
Oriflame saat ini adalah perusahaan kosmetik dengan perkembangan tercepat di dunia. Oriflame memiliki kantor penjualan di 60 negara dan merupakan pemimpin pasar di lebih dari 30 negara. Jaringan penjualan yang terdiri dari 3,6 juta konsultan mandiri yang memasarkan rangkaian lengkap perawatan kulit, wewangian, dan kosmetik berkualitas tinggi.
Langkah Berbisnis Oriflame
Pada dasarnya ada beberapa langkah untuk bisa sukses dengan memanfaatkan bisnis oriflame:
-
Bergabung Dengan Oriflame
Sebelum memulai bisnis oriflame, anda tentunya wajib bergabung dengan usaha ini. Anda dapat bergabung sebagai konsultan atau member. Biasanya anda akan dikenakan biaya pendaftaran, namun tidak usah khawatir karena biaya pendaftaran konsultan oriflame sangat terjangkau.
-
Berbelanja
Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan setelah bergabung ialah berbelanja sebesar 100 poin. Dalam hal ini disebut sebagai 100 BP atau bonus point. Anda tidak harus berbelanja untuk kebutuhan anda sendiri, anda juga dapat melakukan penjualan dengan memanfaatkan keuntungan sebesar 30%.
-
Mengajak Orang Lain Untuk Bergabung
Ada beberapa level yang perlu anda lewati untuk dapat sukses berbisnis oriflame. Semakin tinggi level anda maka penghasilan yang anda dapatkan juga semakin tinggi. Salah satu syarat untuk dapat naik ke level selanjutnya ialah merekrut orang atau mengajak orang untuk bergabung dengan bisnis oriflame. Jangan lupa untuk tetap membina downline anda setelah anda merekrutnya agar usaha anda dapat semakin berkembang.
bila anda tertarik dengan bisnis oriflame, ada beberapa tips yang bisa anda praktekkan untuk dapat meraih sukses berbisnis oriflame:
-
Mempunyai Keyakinan Yang Kuat
Sejak bergabung dengan bisnis oriflame, anda harus mempunyai keyakinan yang kuat bahwa usaha seperti ini akan membuat hidup anda menjadi lebih baik. bila anda merasa yakin tentu anda akan memiliki performa kerja yang baik.
-
Melakukan Pekerjaan Dengan Passion
Passion menjadi hal yang cukup penting untuk menjalankan berbagai pekerjaan salah satunya dalam berbisnis oriflame. Ketertarikan dan hasrat yang anda mempunyai dalam berbisnis tentu dapat meningkatkan semangat anda. Hasilnya tentu mendapatkan perasaan senang selama menjalani pekerjaan dan anda tidak akan mudah merasa lelah.
-
Mau Belajar dan Berkembang
Berbisnis oriflame bukan hanya tentang anda dan produk, anda juga akan mendapatkan rekan-rekan usaha. Dalam bisnis oriflame anda bakal menemukan istilah downline dan upline. Mereka akan menjadi rekan-rekan anda dalam berbisnis. mempunyai sejumlah downline tentu membuat anda menempati posisi leader. Sebagai leader dari sejumlah orang, anda wajib terus belajar dan berkembang, Tidak lupa, anda wajib mempunyai pemikiran positif untuk bisa memberikan motivasi downline untuk terus semangat berbisnis.
-
Fokus Pada Tujuan
Salah satu kiat sukses dalam menjalani usaha ialah tetap fokus pada tujuan. Anda mungkin akan menemukan banyak hal-hal kecil yang terasa menganggu dalam usaha anda, tapi jangan sampai hal tersebut menghambat kinerja anda. Anda harus tetap fokus pada tujuan uatama dengan mengingat apa yang ingin anda kejar dan berbagai hal yang ingin anda capai. Berfokus pada hal-hal kecil yang membuat diri anda kesal hanya akan membuang waktu dan energi anda.
-
Kerja Keras
Apapun yang sedang kita kerjakan tentu wajib kita lakukan dengan sungguh-sungguh. Anda hanya perlu bekerja dengan keras untuk dapat sukses menjalani bisnis oriflame. Anda bakal berhadapan dengan berbagai situasi dan kondisi dan hal ini hanya dapat anda lewati bila anda mempunyai mental baja.
Orindo Alam Ayu (Oriflame Indonesia)
Orindo Alam Ayu (selanjutnya disebut Oriflame Indonesia) terdaftar sebagai anggota Assosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) dengan nomor anggota: 0011/06/. Oriflame Indonesia didirikan sejak tahun 1986 dan telah berjaya selama 28 tahun. Oriflame Indonesia telah menjadi perusahaan terbesar nomor 2 di Oriflame Dunia. Oriflame Indonesia memiliki 14 cabang dan ribuan konsultan yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Untuk saat ini, Oriflame Indonesia merupakan perusahaan kosmetika dengan sistem penjualan mandiri nomor satu di Indonesia. Meskipun berkembang dengan cepat, Oriflame Indonesia tidak pernah sekalipun melupakan konsep bisnis awalnya, yaitu dijual dari teman untuk teman.
Ribuan konsultan dan 14 kantor cabang Oriflame Indonesia telah tersebar di seluruh Indonesia. Perusahaan kosmetik asal Swedia ini mereguk keuntungan besar dengan memanfaatkan peluang pasar menjanjikan di Indonesia. Maka dari itu, Oriflame Indonesia berkomitmen untuk selalu menunjukkan loyalitas terhadap konsultan dan konsumennya di Indonesia. Beragam pemberian bonus, seminar-seminar, dan berbagai program dipersiapkan Oriflame Indonesia secara matang untuk memanjakan konsultan.
Direct Selling dan Multi Level Marketing Oriflame
Menurut WFDSA (World Federation of Direct Selling Association), penjualan langsung didefinisikan sebagai pemasaran produk tatap muka dan pelayanan langsung kepada konsumen bukan di lokasi ritel yang tetap. Independent Sales Consultant yang tidak digaji mewakili perusahaan dan membuat komisi berdasarkan volume penjualan. Para consultant penjualan sering membangun organisasi mereka sendiri dengan merekrut downline distributor independen lain yang melakukan hal yang sama, sehingga terbentuk dan berkembanglah organisasi tersebut.
Network marketing atau Multi Level Marketing (MLM) adalah sebuah konsep bisnis dimana tingkat perusahaan MLM yang utama dapat memasarkan dan mendistribusikan produk mereka dan/atau pelayanan secara langsung ke konsumen dengan menjual langsung dan berdasarkan referensi hubungan. MLM yang murni merupakan direct selling dan ciri-ciri bisnis MLM murni yaitu ada produk yang dijual dan pendapatan utamanya adalah dari penjualan/pembelian produk, bukan dari rekrutmen member.
Oriflame adalah anggota organisasi perdagangan Direct Selling Association (DSA) yang sangat dihormati di negara-negara beroperasi dan juga merupakan anggota World Federation of Direct Selling Associatios (WFDSA). Sebagai anggota WFDSA, janji Oriflame setiap tahunnya adalah untuk mematuhi Kode Etik yang digariskan oleh Federasi. Kode etik adalah seperangkat pedoman yang memastikan bahwa perusahaan yang beroperasi dalam industri penjualan langsung memperlakukan tenaga penjualan mereka dan pelanggan secara etis dan adil.
Visi Misi dan Nilai Utama Oriflame
Visi Oriflame adalah “menjadi #1 sebagai Perusahaan Penjual Langsung yang bergerak di bidang kecantikan”.
Misi Oriflame adalah “untuk mewujudkan impian”.
Selain merumuskan visi dan misi tersebut, Oriflame juga merumuskan tiga nilai fundamental utama dalam mengelola bisnis mereka, yaitu “Togetherness, Spirit and Passion“. Mempercayai nilai-nilai ini Oriflame yakin dapat berhasil dalam bisnis yang kompetitif serta menjadikan dunia lebih baik lagi.
- Togetherness à Orang-orang yang bekerja sama dan berbagi tujuan yang sama mencapai hasil yang lebih besar. Mereka memotivasi satu sama lain dan mengetahui bahwa bekerja sama lebih baik daripada sendirian.
- Spirit à Orang-orang dengan semangat “bisa” memiliki sikap sebagai pemenang dan tidak pernah menyerah. Mereka berkomitmen untuk melakukan apa yang diperlukan untuk berhasil.
- Passion à Gairah, orang memiliki kekuatan untuk mengubah dunia. Mereka menyukai apa yang mereka lakukan, mereka mempercayainya. Mereka tahu dalam hati bahwa mereka bisa membuat perbedaan.
Prinsip Operasi Oriflame
Visi, misi, dan nilai-nilai utama Oriflame adalah semua elemen yang menjatidirikan Oriflame. Untuk mengimplementasikannya, Oriflame membutuhkan prinsip-prinsip operasi yang akan memandu dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Oriflame telah mengelompokkan prinsip-prinsip tersebut dalam 5 poin utama, yaitu :
-
Kesederhanaan dan Efisiensi Biaya
Oriflame menggunakan pendekatan langsung untuk mengembangkan kegiatan di segala bidang dalam operasi dan mendorong semua orang di Oriflame untuk mencari penyelesaian yang sederhana dan masuk akal untuk masalah yang dihadapi sehari-hari. Salah satu yang terkait dengan hal ini adalah masalah biaya. Penekanan jumlah biaya akan membantu penekanan harga produk dan pada akhirnya akan menguntungkan pelanggan.
-
Menghargai Lingkungan Sekitar
Oriflame menentang penggunaan binatang sebagai bahan percobaan untuk bahan dasar produk mereka, dan sistem pendekatan dalam bisnis mereka. Menjadi warga perusahaan yang baik adalah aspek dasar dari operasi mereka, dan itu meliputi perasaan mendalam untuk menghargai alam dan orang lain.
-
Fokus Pada Pelanggan
Oriflame mendengarkan dengan cermat pendapat orang yang membeli produk kosmetik mereka, seperti mendengarkan orang yang membeli melalui peluang bisnis yang mereka tawarkan. Untuk tetap bersaing, mereka harus memperhatikan dan mengerti dunia sekeliling dan harus dapat beradaptasi dengan cepat pada perubahan yang diinginkan pelanggan mereka.
-
Perhatian Terhadap Orang-orang
Oriflame dapat didefinisikan sebagai bisnis orang banyak. Yang dibangun oleh orang-orang berbakat, tak peduli konsultan maupun karyawan, dan adalah hal yang penting untuk memperlakukan semua orang dengan baik. Hal ini termasuk memiliki fokus yang kuat dalam memberikan dorongan, pelatihan, dan pengembangan diri.
-
Kemampuan Untuk Terus Bertahan
Beberapa orang melihat peluang bisnis hanya berharap untuk mendapatkan hasilnya dengan cepat. Tetapi Oriflame tidak demikian, mereka berencana untuk tetap ada pada waktu yang lama. Oleh karena itu mereka harus bertindak dari sudut pandang bisnis jangka panjang, memfokuskan strategi bisnis mereka untuk pertumbuhan dan stabilitas yang terus menerus.
Strategi Bisnis Perusahaan
Strategi-strategi yang diterapkan oleh Oriflame Indonesia adalah fokus pada kekuatannya yaitu:
People and Culture
- Memperkerjakan orang-orang yang qualified pada pekerjaan yang Faktor-faktor yang diperhatikan antara lain skill dan attitude yang baik.
- Menanamkan corporate culture yang kuat agar dapat diresapi oleh seluruh Budaya perusahaan Oriflame Indonesia adalah Togetherness, Spirit dan Passion. Togetherness adalah rasa kebersamaan diantara para karyawan. Spirit adalah bagaimana para karyawan dapat termotivasi dalam melakukan pekerjaan, sementara Passion adalah bagaimana agar para karyawan mencintai pekerjaan mereka. Untuk dapat menciptakan budaya perusahaan seperti yang diharapkan ini, hal-hal yang dilakukan antara lain adalah menciptakan suasana kerja yang kondusif, memupuk rasa kebersamaan antar karyawan, memberikan penghargaan-penghargaan yang pantas bagi karyawan yang berprestasi agar mereka merasa termotivasi untuk bekerja lebih baik.
Brand and Product
- Menciptakan persepsi yang positif mengenai produk Orilame. Persepsi yang ingin ditampilkan antara lain adalah produk yang berkualitas baik dengan harga terjangkau serta ramah terhadap Produk Oriflame berkualitas karena dibuat hampir 100% alami, tidak diujicobakan pada hewan, tetapi pada sukarelawan dengan menjamin keamanan, kecocokan serta efektifitas termasuk kulit yang sensitif.
- Membuat diferensiasi produk yang terbagi atas 4 kategori yaitu fragrance, toiletteries, colour, dan skin care.
- Menyediakan produk-produk yang dapat digunakan oleh berbagai kalangan. Antara lain wanita, pria, remaja anak-anak dan bahkan
- Menetapkan harga yang dapat dijangkau oleh m
- Menjual produk-produk berkualitas dengan bahan alam
Network Marketing
- Oriflame Indonesia adalah perusahaan yang menggunakan Direct Selling sebagai strategi m Dalam Direct Selling ini, para anggotanya memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari penjualan dan juga membangun network marketing. Dengan cara memberikan harga khusus bagi para member (sebutan untuk anggota Oriflame Indonesia), Oriflame Indonesia menciptakan kesempatan financial jika membernya menjual produk Oriflame Indonesia kepada orang lain dengan harga di katalog. Selain itu, Oriflame Indonesia juga memberikan bonus dan berbagai macam hadiah yang didapat dari akumulasi poin tiap bulan. Poin tersebut didapat dari pembelian dan dari jaringan yang dibangun oleh anggota.
World Class Service
- Oriflame Indonesia juga menekankan pentingnya pelayanan. Pelayanan yang diberikan kepada member antara lain kemudahan dalam mendaftar, membeli produk dan proses pem Untuk mendapatkan produk, tersedia jasa antar dan juga pembelian langsung di kantor Oriflame Indonesia dan dilayani oleh para karyawan dengan ramah dan profesional. Dalam proses pembayaran Oriflame Indonesia juga memberikan kemudahan yaitu dengan bekerjasama dengan beberapa bank untuk proses pembayaran baik menggunakan kartu debet maupun kredit. Selain itu, Oriflame Indonesia juga memberikan fasilitas bagi anggota level tertentu yaitu dapat melakukan pembelian barang dengan pembayaran yang ditangguhkan (berhutang).
Faktor Keberhasilan Oriflame
Keberhasilan bisnis Oriflame tidak akan terjadi apabila tidak didukung oleh sistem direct selling yang baik sehingga dapat memicu cepatnya pengembangan pasar terutama di Indonesia. Untuk penjualan, pada dasarnya Oriflame memiliki dua cara: pertama, dengan pembelian langsung konsumen pada tenaga penjual, dan juga pembelian berdasarkan pesanan via katalog online. Anggota/pelanggan/konsumen dapat memesan produk melalui e-katalog member Oriflame yang telah disebarkan melalui media sosial. Setelah kesepakatan dan transaksi, produk akan dikirimkan ke konsumen.
Secara garis besar, terdapat lima faktor penentu kesuksesan Oriflame di berbagai negara ini. Pertama adalah unsur manajemen lokal. Sejak 1990, Oriflame membuat kebijakan manajemen lokal. Perusahaan memutuskan untuk berusaha tidak memakai tenaga ekspatriat meskipun mereka memiliki pengetahuan yang mumpuni dan pengalaman yang handal baik dari segi produk perusahaan maupun budaya lokal. Di setiap negara, perusahaan merekrut manajer dan staf lokal, dan menginvestasikan banyak waktu selama interview untuk menjelaskan sifat alami dari ekonomi pasar bebas, metode direct selling, dan rencana pemasaran perusahaan.
Oriflame menyediakan dukungan bagi semua consultant independentnya, mulai dari training tentang sistem sampai beauty class. Disamping itu terdapat juga dukungan dari upline/sponsor
Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Cara Sukses Berbisnis Oriflame : Pengertian, Definisi, Sejarah, Langkah, Visi, Misi, Nilai Utama, Prinsip, Strategi, Faktor Keberhasilan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.