Karakterisitk Benua Antartika

Diposting pada

Negara Antartika

KippBenua Antartika tidak mempunyai penduduk tetap. Manusia yang berada di Antartika pada umumnya adalah para ilmuan yang datang melakukan penelitian dan para wisatawan. Populasi manusia di musim dingin mencapai 1.000 jiwa. Sementara populasi pada musim panas mencapai sekitar 4.000 jiwa.Orang yang tinggal di Antartika biasanya menggunakan zona waktu negara asalnya.

Meskipun tidak ada pemukim tetap, 29 negara yang menandatangani Traktat Antartika mempunyai stasiun riset yang umumnya selalu dipakai sepanjang tahun. Emilio Marcos Palma (lahir 7 Januari, 1978) sampai sekarang adalah orang pertama yang lahir di Antartika. Ia adalah seorang warga negara Argentina. Lalu pada tahun 1986/ 1987 di stasiun Chili lahir pula seorang anak lelaki dan perempuan.


Gambar Antartika

gambar antartika


Klaim Negara Teritorial

Beberapa negara, terutama yang letaknya tidak jauh dari Antartika pada awal abad ke-20 mengklaim beberapa wilayah di Antartika. Pengklaiman ini secarapraktis tidak ada artinya, namun seringkali digambarkan oleh para ahli kartografi dalam membuat peta dan atlas.

  1. Argentina: 25° B sampai 74° B; sebagian meliputi wilayah Chili dan Britania.                               Antártida Argentina diklaim pada tahun 1943 sebagai bagian wilayah Provinsi Terra Fuega, Antartica, dan Kepulauan Atlantika Selatan.
  2. Australia: 160° T sampai 142° T dan 136° T sampai 45° T; diklaim pada 1933 sebagai Teritorium Antartika Australia.
  3. Britania Raya: 20° B sampai 80° B; meliputi wilayah Argentina dan Chili, diklaim pada tahun 1908, lihat pula Teritorium Antartika Britania.
  4. Chili: 53° B sampai 90° B; juga meliputi wilayah Argentina dan Britania; mulai tahun 1940.
  5. Perancis: 142° T sampai 136° T; tanah Adelie diklaim pada 1924.
  6. Selandia Baru: 150° B sampai 160° T; Dependensi Ross diklaim pada 1923.
  7. Norwegia: 45° T sampai 20° T; diklaim pada 1938 sebagai Tanah Dronning Maudland, termasuk pulau Peter I. Walaupun antara 90O B dan 150O B belum diklaim siapa-siapa.

Penemu Antartika

Penggambaran pertama benua ini dibuat oleh Laksamana Piri Reis pada tahun 1513. Dugaan adanya Terra Australis ini juga menjadi dasar James Cook menjelajahi benua besar pada tahun 1773. Cook melintasi lingkaran Antartika sekitar 75 mil dari Pantai Antartika. Tetapi penemuan pertama yang diketahui umum terjadi pada tahun 1820 dan pendaratan pertama tercatat pada tahun 1821.

Terdapat 3 nama yang tercatat sebagai penemu benua Antartika pada abad ke-18 sekalipun dilakukan secara terpisah, yai

  1. Kapten Fabian von Bellingshausen dari Angkatan Laut Rusia pada bulan Januari 1820 melaporkan hamparan es luas yang berjarak 32 kilometer dari Semenanjung Antartika.
  2. Kapten Edward Bansfield dari Angkatan Laut Inggris juga diduga mellihat Semenanjung Antartika pada bulan yang sama.
  3. Nathaniel Brown, pelaut Amerika melaporkan melihat daratan es dalam perjalanan perburuan laut pada bulan November 1820.
Baca Juga :  Teluk Adalah

Sebelumnya terdapat juga catatan pada tahun 1532 oleh Oronteus Finaeus yang menggambarkan peta dunia dengan Antartika sebagai salah satu daratan benua dengan detail garis pantai yang hampir sama dengan Antartika di masa sekarang. Tidak ada catatan sebelumnya bahwa benua tersebut ditemukan karena sampai saat inipun Antartika masih tertutup es abadi dengan ketebalan rata-rata mencapai 1.6 km.

Pendaratan pertama di Antartika didokumentasikan oleh John Davis di Teluk Hughes, dekat Cape Charles di Antartika Barat pada Februari 1821. Sekalipun beberapa sejarawan membantah laporan tersebut. Yang diakui adalah pencatatan dan pendaratan pertama di Cape Adair pada tahun 1895.

Dua hari setelah penemuan pantai barat Kepulauan Balleny pada bulan Januari 1840, beberapa anggota awak ekspedisi Jules Dumont d’Urville mendarat di pulau tertinggi Antartika sekitar 4 kilometer dari Cape Geodesie di pantai Daratan Adelie.Tahun 1841, penjelajah James Clark Ross melewati area yang sekarang dikenal sebagai Laut Ross dan menemukan Pulau Ross. Ross berlayar sepanjang dinding besar es yang kemudian diberi nama Lapisan Es Ross.

Tahun 1907, selama Ekspedisi Nimrod yang dipimpin Ernest Shackleton, kelompok yang dipimpin oleh Edgeworth David menjadi orang pertama yang mendaki Gunung Erebus dan mencapai Kutub Magnetic Selatan. Pada Desember 1908 sampai Februari 1909, Shackleton menjadi manusia pertama yang melintasi Lapisan Es Ross, pertama melintasi Pegunungan Transantartika ( melalui Gletser Beardmore ), pertama menginjakkan kaki di Dataran tinggi Kutub Selatan.

Manusia pertama yang mencapai Kutub Selatan adalah penjelajah Norwegia bernama Ronald Amundsen bersama penjelajah Inggris Robert Falcon Scott. Amundsen menancapkan bendera Norwegia di Antartika pada tanggal 14 Desember 1911, menggunakan rute dari Teluk Paus dan naik ke Gletseer Axel Heiberg. Namun Amundsen menghlang pada bulan Juni 1928 saat berpartisipasi dalam misi penyelamatan di Laut Barents.


Sejarah Antartika

Antartika merupakan tempat yang paling dingin dan paling tandus di permukaan bumi. Hampir seluruh daerah Antartika tertutup es dengan ketebalan mecampai 3km bahkan lebih. Karena berat, es itu sendiri secara perlahan terdorong ke pantai yang kemudian patah menjadi pecahan gunng es di lautan es selatan. Di benua ini juga terdapat pegunungan raksasa, yaitu pegunungan Transantartika yang memanjang hampir 5.000km.

Pegunugan ini membagi Benua Antartika menjadi dua wilayah utama yaitu Antartika Timur (Antartika besar) dan Antartika barat (Antartika Kecil)Antartika barat merupakan bagian dari deretan Pegunungan Andes di Amerika Selatan. Lebih dari 99% wilayah Antartika tertutup es yang mengandung sekitar 70% dari air tawar di dunia. Es yang tebal menutupi daerah-daerah tinggi dari Antartika dengan ketinggian sekitar 2.300 m. Titik tertinggi adalah Vinson Massif (4.897 m) dan titik terendah adalah Palung Bently Subglacial (2.538 m di bawah permukaan laut) yang terletak di Antartika barat. Palung ini tertutup oleh lapisan es dengan ketebalan lebih dari 3.000 m.

Baca Juga :  Apa Itu Gigantisme

Antartika memiliki kandungan sumber daya alam cukup melimpah. Bahan tambang yang terdapat di Antartika antara lain emas, perak, besi, kromium, minyak bumi, gas alam, uranium, titanium, dan batu bara. Walaupun di Antartika terdapat banyak bahan tambang, saat ini upaya penambangan belum dilakukan. Kondisi alam di Antartika tidak memungkinkan untuk melakukan penambangan.


Letak Antartika

Secara astrono”mis, benua Antartika terletak pada 66.5⁰LS – 90⁰LS. Berdasarkan letak astronomis tersebut, maka kita bisa menarik kesimpulan bahwa benua Antartika secara geografis terletak di kutub selatan bumi.  Di permukaan bumi, benua Antartika dikelilingi oleh samudera-samudera besar di dunia, yaitu samudera atlantik, samudera hindia dan samudera Pasifik.Luas benua antartika mencapai 15.500.000 km2.Dengan ukuran tersebut, maka benua antartika lebih luas dibandingkan benua australia. Sekitar 98% dari wilayah benua antartika tertutupi oleh es.


Fakta Antartika


  • Asal Nama Antartika

Ternyata, asal nama benua Antartika berasal dari Bahasa Yunani, yaitu ἀνταρκτικός “antarktikos”, lawan kata arktik atau anti-arktik.


  • Kepemilikan Antartika

Sampai saat ini, ada tujuh negara yang mengklaim kepemilikan antartika, yaitu Argentina, Australia, Britania raya, Chili, Norwegia, Perancis, & Selandia baru. Dan masing-masing dari negara itu, hanya mengklaim wlayah tertentu di Antartika, bukan satu benuanya! Namun, ada juga Antarctic Treaty System mengatur hubungan antara negara-negara yang mengklaim kedaulatan benua ini yang harus netral secara politik. Sampai saat ini, sebanyak 49 negara telah menandatangani perjanjian tersebut yang memberikan hak menggunakan daerah ini untuk tujuan penelitian ilmiah.


  • Tidak Ada Beruang Kutub di Antartika

Beruang Kutub atau beruang es, termasuk beruang paling karnivora di antara keluarga beruang lainnya. Beruang kutub tidak hidup di Antartika, dan mereka hanya tinggal di bagian artik atau sekitaran kutub utara. Hewan ini adalah hewan asli daerah Kanada, Alaska, dan berbagai negara bagian bumi utara lainnya. Terlalu dingin bagi beruang kutub untuk bisa hidup di Antartika.


  • Terdapat Wilayah Bebas Es

Dari 14.000.000 km² wilayah Antartika, seluas 280.000 km² bebas es, & 13.720.000 km² lainnya tertutup es.


  • Ada Nomer Telepon di Antartika

Ternyata ada kode telepon internasional untuk Antarktika, yaitu +672. Antarktika sudah memiliki jasa layanan telepon nirkabel. Di Pangkalan Marambio milik Argentina terdapat sebuah menara selular yang menggunakan teknologi AMPS dan di Pulau Raja George terdapat sebuah menara GSM Entel Chili. Selain kedua itu, komunikasi terbatas pada koneksi satelit.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Mikroskop

  • Terdapat Sungai di Antartika

Salah satunya adalah sungai Onyx. Sungai ini merupakan aliran air lelehan yang mengalir menuju Danau Vanda melalui Lembah Wright. Sungai Onyx adalah salah satu situs dunia yang banyak dipelajari oleh United States Antarctic Program dari National Science Foundation. Karena iklim yang ekstrim, sungai ini hanya mengalir selama dua bulan di musim panas Antartika. Panjang sungai 40 km, sementara ikan tidak dapat hidup di sungai Onyx. Meskipun begitu, sungai ini mendukung kehidupan mikroskopis dan ganggang yang hidup di dalamnya.


  • Orang Pertama Yang Lahir di Antartika

Banyak yang menganggap bahwa manusia pertama yang dilahirkan di Antarktika adalah Solveig Gunbjörg Jacobsen, tepatnya di Grytviken, pulau Georgia Selatan pada tanggal 8 Oktober 1913. Namun dikarenakan pulau ini tidak dianggap sebagai bagian dari benua Antarktika, maka Emilio Marcos Palma (lahir 7 Januari 1978) sampai sekarang adalah orang pertama yang lahir di benua Antarktika. Ia adalah seorang warganegara Argentina. Lalu pada tahun 1986 dan 1987 di stasiun Chili lahir pula seorang anak lelaki dan perempuan.


  • Penemu dan Orang Pertama Yang Sampai

Meski keberadaan benua Antarktika sudah diduga sejak lama, namun benua ini baru ditemukan pada tahun 1820. Siapa yang menemukannya pertama kali tidaklah jelas sebab ada tiga orang dari tiga negara yang mengklaimnya yaitu: Fabian von Bellingshausen dari Rusia, Edward Bransfield dari Britania Raya dan Nathaniel Palmer dari Amerika Serikat.Pada tahun 1911, Roald Amundsen dari Norwegia adalah orang pertama yang mencapai kutub selatan. Tidak lama kemudian ia disusul oleh Robert Falcon Scott dari Britania Raya.


  • Tempat Paling Kering di Bumi

Fakta yang paling menarik tentang Antartika adalah pertentangan antara iklim kering dan jumlah air (70% dari air segar di Bumi). Benua Antartika merupakan tempat paling kering di planet ini. Bahkan gurun terpanas di dunia memiliki jumlah curah hujan lebih banyak dari pada lembah kering di sebuah daerah di Antartika. Seluruh daerah di kutub selatan hanya menerima curah hujan 10 cm (3,9 inci) per tahun.


  • Tidak Memiliki zona waktu

Antartika adalah benua tanpa zona waktu. Para ilmuwan yang tinggal di Antartika biasanya menggunakan zona waktu negara asalnya.


Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Karakterisitk Benua Antartika : Negara, Gambar, Pembagian Wilayah, Sejarah, Kehidupan, Letak, Penemu, Fakta, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.