Batang Otak

Diposting pada
Batang Otak

Pengertian Otak

Batang otak adalah struktur yang menghubungkan otak dengan sumsum tulang belakang. Batang otak ada di bawah cerebrum serta di depan cerebellum. Batang otak atau yang juga disebut dengan brainstem adalah komponen yang terdiri dari 3 organ, yakni Otak Tengah (Midbrain/mesencephalon), pons serta medulla oblongata. Batang otak berfungsi sebagai sarana komunikasi antar impuls otak pada sumsum tulang belakang.

Otak (encephalon) adalah pusat sistem saraf (central nervous system, CNS) pada manusia. Otak manusia adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Otak mengatur dan mengkordinir sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Oleh karena itu terdapat kaitan erat antara otak dan pemikiran. Otak dan sel saraf didalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Pengetahuan mengenai otak memengaruhi perkembangan psikologi kognitif. Otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan, emosi. ingatan, pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lainnya.


Fungsi Batang Otak

  • Menyampaikan segala informasi dari tubuh ke otak atau sebaliknya. Neuron motorik dan sensorik berjalan melalui batang otak sehingga memungkinan terjadinya penerusan sinyal antara otak serta sumsum tulang belakang.
  • Batang otak sebagai pusat sistem saraf kranial 3 – 12.
  • Batang otak memiliki fungsi Otonom, termasuk guna mengendalikan sistem kardiovaskular, sistem pernapasan, sistem rangsangan nyeri, kesadaran serta pengetahuan.

Struktur Batang Otak


  • Otak Tengah (Midbrain / Mesencephalon)

Otak tengah adalah bagian terkecil dari otak yang berfungsi sebagai stasiun relay informasi guna impuls pendengaran serta penglihatan. Otak Tengah memiliki peran yang besar dalam proses penglihatan (visual) serta proses pendengaran kita.

Ada beberapa struktur penting di dalam otak tengah yakni :

  • Tegmentum, berfungsi dalam pengaturan kesadaran seseorang.
  • Superior Colliculus, berperan dalam proses penglihatan.
  • Inferior Colliculus, berperan dalam proses pendengaran.
  • Batang Cerebral, berperan dalam fungsi motoric.
  • Nukleus Merah (Red Nuclei), berperan dalam fungsi motoric.
  • Substansia Nigra, berperan penting dalam fungsi motorik, serta bisa menghasilkan dopamin.
  • Pons

Pons ada di antara Otak tengah dan medulla oblongata. Pons berukuran sekitar 2,5 cm. Pons berfungsi sebagai pusat dari 4 saraf kranial utama, yakni nervus trigeminal, nervus abdusen, nervus facialis, serta nervus vestibulokoklear.

  • Nervus Trigeminal adalah saraf gabungan yang terdiri dari beberapa cabang saraf sensorik, berfungsi guna menerima rangsangan dari wajah serta menggerakkan rahang.
  • Nervus Abdusen, adalah saraf gabungan yang sebagian besar terdiri dari saraf motorik berfungsi guna menggerakkan mata dari sisi ke sisi.
  • Nervus Fasialis adalah saraf yang berfungsi untuk menerima rangsangan di bagian depan lidah, juga berperan guna menciptakan ekspresi wajah.
  • Nervus Vestibulocochlearis berfungsi guna menyampaikan informasi dari indera pendengaran serta mengendalikan keseimbangan tubuh.
  • Medulla Oblongata

Medula oblongata adalah salah satu bagian dari batang otak yang ada di bawah pons. Medulla oblongata tersebut sendiri berperan dalam mengontrol fungsi-fungsi otonomik (fungsi yang tidak disadari) contohnya pernapasan, pencernaan, detak jantung, fungsi pembuluh darah, serta menelan dan bersin.

Baca Juga :  Hubungan Ham Dengan Pancasila

Medulla oblongata adalah sebuah organ yang bisa menghantarkan sinyal-sinyal yang datang dari otak sebelum disampaikan ke saraf-saraf tulang belakang (medulla spinalis). Oleh sebab itu, medulla oblongata adalah satu kesatuan yang sangat penting di dalam tubuh manusia.

Banyak fungsi-fungsi lain dari organ medulla oblongata yang belum terungkap hingga sekarang. Para ahli berusaha melakukan penelitian demi penelitian untuk mengungkap hal tersebut.

Fungsi Medulla Oblongata:

  • Sebagai penghubung antara otak serta saraf tulang belakang.
  • Mengatur gerak refleks tubuh.
  • Merangsang terjadinya rasa haus.
  • Mengatur emosi.
  • Bertanggung jawab pada beberapa fungsi otonomik.
  • Mempengaruhi produksi hormone di kelenjar hipofisis di otak.
  • Pengendali kegiatan tidur.
  • Mengontrol kendali fungsi pembuluh darah apakah melebar atau menyempit sesuai pada keadaan tubuh.
  • Mendeteksi derajat keasaman darah.
  • Sebagai pusat pengatur denyut jantung.
  • Membantu ritme pernapasan.
  • Mengatur sirkulasi darah.
  • Mengatur suhu tubuh.

Bagian Otak Manusia dan Fungsinya


  • Lapisan Pelindung

Otak terdiri dari rangka tulang bagian luar dan tiga lapisan jaringan ikat yang disebut meninges. Lapisan meningeal terdiri dari pia meter, lapisan araknoid dan durameter.


  1. Pia meter adalah lapisan terdalam yang halus dan tipis, serta melekat erat pada otak.
  2. Lapisan araknoid terletak di bagian eksternal pia meter dan mengandung sedikit pembuluh darah. Runga araknoid memisahkan lapisan araknoid dari piameter dan mengandung cairan cerebrospinalis, pembuluh darah serta jaringan penghubung serta selaput yang mempertahankan posisi araknoid terhadap piameter di bawahnya.
  3. Durameter, lapisan terluar adalah lapisan yang tebal dan terdiri dari dua lapisan. Lapisan ini biasanya terus bersambungan tetapi terputus pada beberapa sisi spesifik. Lapisan periosteal luar pada durameter melekat di permukaan dalam kranium dan berperan sebagai periosteum dalam pada tulang tengkorak. Lapisan meningeal dalam pada durameter tertanam sampai ke dalam fisura otak dan terlipat kembali di arahnya untuk membentuk falks serebrum, falks serebelum, tentorium serebelum dan sela diafragma. Ruang subdural memisahkan durameter dari araknoid pada regia cranial dan medulla spinalis. Ruang epidural adalah ruang potensial antara perioteal luar dan lapisan meningeal dalam pada durameter di regia medulla spinalis.
Baca Juga :  Asal Usul Simalungun

  • Cairan Cerebrospinalis

Cairan serebrospinalis mengelilingi ruang sub araknoid di sekitar otak dan medulla spinalis. Cairan ini juga mengisi ventrikel dalam otak. Cairan cerebrospinalis menyerupai plasma darah dan cairan interstisial, tetapi tidak mengandung protein. Cairan serebrospinalis dihasilkan oleh plesus koroid dan sekresi oleh sel-sel ependimal yang mengitari pembuluh darah serebral dan melapisi kanal sentral medulla spinalis. Fungsi cairan cerebrospinalis adalah sebagai bantalan untuk pemeriksaan lunak otak dan medulla spinalis, juga berperan sebagai media pertukaran nutrient dan zat buangan antara darah dan otak serta medulla spinalis.


  • Cerebrum (Otak Besar)

Cerebrum adalah bagian terbesar dari otak manusia yang juga disebut dengan nama Cerebral Cortex, Forebrain atau Otak Depan. Cerebrum merupakan bagian otak yang membedakan manusia dengan binatang. Cerebrum membuat manusia memiliki kemampuan berpikir, analisa, logika, bahasa, kesadaran, perencanaan, memori dan kemampuan visual. Kecerdasan intelektual atau IQ Anda juga ditentukan oleh kualitas bagian ini.


Perbedaan Fungsi Otak Kanan dan Otak Kiri

Perbedaan dua fungsi otak sebelah kiri dan kanan akan membentuk sifat, karakteristik dan kemampuan yang berbeda pada seseorang. Perbedaan teori fungsi otak kiri dan otak kanan ini telah populer sejak tahun 1960an, dari hasil penelitian Roger Sperry.

Otak besar atau cerebrum yang merupakan bagian terbesar dari otak manusia adalah bagian yang memproses semua kegiatan intelektual, seperti kemampuan berpikir, menalarkan, mengingat, membayangkan, serta merencanakan masa depan.

Otak besar dibagi menjadi belahan kiri dan belahan kanan, atau yang lebih dikenal dengan Otak Kiri dan Otak Kanan. Masing-masing belahan mempunyai fungsi yang berbeda.       Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan logika, rasio, kemampuan menulis dan membaca, serta merupakan pusat matematika. Beberapa pakar menyebutkan bahwa otak kiri merupakan pusat Intelligence Quotient (IQ). 

Sementara itu otak kanan berfungsi dalam perkembangan Emotional Quotient (EQ). Misalnya sosialisasi, komunikasi, interaksi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Pada otak kanan ini pula terletak kemampuan intuitif, kemampuan merasakan, memadukan, dan ekspresi tubuh, seperti menyanyi, menari, melukis dan segala jenis kegiatan kreatif lainnya.         

Belahan otak mana yang lebih baik? Keduanya baik. Setiap belahan otak punya fungsi masing-masing yang penting bagi kelangsungan hidup manusia. Akan tetapi, menurut penelitian, sebagian besar orang di dunia hidup dengan lebih mengandalkan otak kirinya. Hal ini disebabkan oleh pendidikan formal (sekolah dan kuliah) lebih banyak mengasah kemampuan otak kiri dan hanya sedikit mengembangkan otak kanan.    

Orang yang dominan otak kirinya, pandai melakukan analisa dan proses pemikiran logis, namun kurang pandai dalam hubungan sosial. Mereka juga cenderung memiliki telinga kanan lebih tajam, kaki dan tangan kanannya juga lebih tajam daripada tangan dan kaki kirinya. Sedangkan orang yang dominan otak kanannya bisa jadi adalah orang yang pandai bergaul, namun mengalami kesulitan dalam belajar hal-hal yang teknis.

Baca Juga :  Faktor Yang Mempengaruhi Pembentukan Tanah

Ada banyak cara untuk mengetahui apakah seseorang dominan otak kanan atau dominan otak kiri. Misalnya dengan melihat perilaku sehari-hari, cara berpakaian, dengan mengisi kuisioner yang dirancang khusus atau dengan peralatan Electroencephalograph yang bisa mengamati bagian otak mana yang paling aktif.

Disekitar Anda pastinya ada orang yang pandai dalam ilmu pengetahuan, tapi tidak pandai bergaul. Sebaliknya ada orang yang pandai bergaul, tapi kurang pandai di sekolahnya. Keadaan semacam ini disebabkan oleh ketidakseimbangan antara otak kanan dan otak kiri.

Idealnya, otak kiri dan otak kanan haruslah seimbang dan semuanya berfungsi secara optimal. Orang yang otak kanan dan otak kirinya seimbang, maka dia bisa menjadi orang yang cerdas sekaligus pandai bergaul atau bersosialisasi.

Untuk mengoptimalkan dan menyeimbangkan kinerja dua belahan otak, Anda bisa menggunakan teknologi CD Aktivasi Otak. Metode ini sangat mudah diikuti karena Anda hanya perlu mendengarkan semacam musik instrumental yang dirancang khusus untuk menyelaraskan dan mengaktifkan kedua belahan otak Anda.

Ketika lahir seorang bayi telah mempunyai 100 miliar sel otak yang aktif dan 900 miliar sel otak pendukung, setiap neuron mempunyai cabang hinggá 10.000 cabang dendrit yang dapat membangun sejumlah satu kuadrilion koneksi komunikasi.

Perkembangan otak pada minggu-minggu pertama lahir diproduksi 250.000 neuroblast (sel saraf yang Belum matang), kecerdasan mulai berkembang dengan terjadinya koneksi antar sel otak, tempat sel saraf bertemu disebut synapse, makin banyak percabangan yang muncul, makin berkembanglah kecerdasan anak tersebut, dan kecerdasan ini harus dilatih dan di stimulasi, tampa stimulasi yang baik, potensi ini akan tersia-siakan.

Otak manusia, adalah organ yang unik dan dasyat, tempat diaturnya proses

berfikir, berbahasa, kesadaran, emosi dan kepribadian, secara garis besar, otak terbagi dalam 3 bagian besar, yaitu neokortek atau kortex serebri, system limbik dan batang otak, yang berkerja secara simbiosis. Bila neokortex berfungsi untuk berfikir, berhitung, memori, bahasa, maka sistek limbik berfugsi dalam mengatur emosi dan memori emosional, dan batang otak mengarur fungsi vegetasi tubuh antara lain denyut jantung, aliran darah, kemampuan gerak atau motorik, Ketiganya bekerja bersama saling mendukung dalam waktu yang bersamaan, tapi juga dapat bekerja secara terpisah.


Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang Batang Otak : Pengertian, Fungsi, Struktur, Bagian, Beserta Perbedaan kanan Dan Kiri, semoga bermanfaat