√Autobiografi : Pengertian , Ciri, Jenis, Struktur, Tujuan, Kedah dan Contohnya

Diposting pada

A.Pengertian

Autobiografi  merupakan biografi yang ditulis oleh subjeknya atau  dalam penggunaan modern, dikarang bersama-sama dengan penulis lain. Autobiografi berasal dari bahasa Yunani yaitu autos yang artinya sendiri, bios yang artinya hidup dan graphein yang artinya menulis.

√Autobiografi : Pengertian , Ciri, Jenis, Struktur, Tujuan, Kedah dan Contohnya

Pengarang auto biografi umumnya mengandalkan berbagai sudut pandang dan bermacam ragam dokumen, sedangkan autobiografi bisa saja berdasarkan sepenuhnya pada ingatan pengarang.

Jadi pengertian Autobiografi adalah tulisan yang didalamnya berisi tentang pengalaman, riwayat atau perjalanan hidup seseorang mulai dari masa kecil sampai keadaannya sekarang ini yang ditulis oleh dirinya sendiri.

Autobiografi berisi lika-liku kehidupan seseorang malalui masa-masa sulit, kegagalan, kesedihan, kebahagiaan hingga bisa sampai keadaanya di masa kini. Penulisan Autobiografi menggunakan sudut pandang orang pertama (aku, saya) beda dengan penulisan biografi yang menggunakan sudut pandang orang ke 3.

B. Ciri-ciri

-Autobiografi biasanya  tentang sebuah perjalanan hidup seseorang, yang ditulis oleh tokoh itu sendiri, atau dengan bantuan penulis lain, yang dibuat berdasarkan pengalaman atau ingatan tokoh tersebut.

– Autobiografi biasanya berisi informasi mengenai masa kehidupan tokoh itu sendiri, dari masa-masa sulit hingga mencapai keberhasilan.

– Autobiografi umumnya hanya menampilkan informasi yang bersifat positif saja. Bahkan sering kali, autobiografi ditulis dalam rangka, pencitraan pada seorang tokoh politik.

– Autobiografi biasaya ditulis, supaya masyarakat lebih mengenal dan mengetahui tentang apa yang sudah dilakukannya selama dia hidup, sehingga dapat diambil hikmah, dan pelajaran yang berharga, yang ada di dalamnya.

B. Jenis-jenis

 

  1. Autobiografi sebagai Kritik Totalitarianisme

Autobiografi ini adalah korban dan penentang rezim totaliter yang telah bisa menyajikan kritik mencolok dari rezim lewat bentuk autobiografi dari penindasan mereka.

2. Autobiografi Fiksi

Autobiografi ini adalah  mendefinisikan novel tentang seorang tokoh fiktif yang ditulis seolah-olah karakter itu menulis biografi mereka sendiri.

  1. Autobiografi seseorang yang tidak terkenal

Autobiografi ini adalah Beberapa orang tanpa klaim asli terkenal mulai menulis atau menerbitkan autobiografi mereka sendiri untuk masyarakat umum.

  1. Autobiografi Palsu

Autobiografi ini adalah Tren yang mendorong adanya autobiografi palsu, terutama terkait dengan “penderitaan menyala”, penulis diduga menderita menjadi bagian keluarga yang disfungsional atau dari masalah sosial serta penindasan politik.

  1. Autobiografi Sensasional

Autobiografi ini adalah Autobiografi atlet profesional modern dan media selebriti-dan pada tingkat lebih rendah tentang politisi, biasanya ditulis oleh pengarang pada orang lain yang secara rutin diterbitkan.

C. Struktur

 

  1. Latar belakang Keluarga

Bagian ini berisi tentang keluarganya yakni kedua orang tua, tanggal lahir, dan tempat tinggal, anak yang ke berapa dan menceritakan saudara-saudaranya.

  1. Latar belakang Pendidikan

Bagian ini menceritakan tentang pendidikan yang telah dicapai sampai sekarang lengkap dengan tahun dan nama sekolahnya dan diawali dengan paragraf baru.

  1. Latar belakang Prestasi

Bagian ini berisi tentang semua pestasi yang telah dicapai mulai dari kecil sampai sekarang.

  1. Latar belakang Pekerjaan

Jika tokoh sudah bekerja maka mencantumkannya, Tetapi jika masih pelajar maka bagian ini bisa lewatkan.

5. Latar belakang Hasil Karya

Bagian ini berisi khusus bagi mereka yang telah bekerja dan untuk pelajar poin ini bisa dihilangkan.

D. Tujuan Autobiografi

– Memperkenalkan diri sendiri secara lengkap pada orang lain.

– Memberikan gambaran, pelajaran serta kisah-kisah inspiratif bagaimana seseorang bisa sukses dalam bidang yang sedang diminati sekarang ini, baik dalam karir, bisnis, politik ataupun bidang lainnya.

– Bahan pencitraan untuk seseorang.

  1. Kaidah Kebahasaan

-1.Kata hubung/penghubung

Fungsinya untuk penyambung antara satu kata dengan kata yang lain.

  1. Kata kerja

Sebuah kelompok kata yang menjelaskan suatu hal yang dilakukan oleh tokoh.

  1. Rujukan kata

Merujuk pada kata lain yang telah diungkapkan sebelumnya.

  1. Keterangan waktu

Fungsinya untuk menunjukkan peristiwa, waktu dan tempat yang dialami oleh tokoh.

E. Contoh Autobiografi

Namaku Aryuda atau biasa dipanggil yuda oleh orang-orang disekitarku. Aku memiliki hobi menonton anime dan mengoleksi action figure. Aku lahir di kota Bandar Lampung pada tanggal 30 Oktober 1997 dari pasangan Rahmat Kartoso dan Linda Kusumaningtyas. Kakakku bernama Hanna Anissa yang sudah menikah dan kini tinggal bersama suaminya di Jakarta. Ia juga memiliki sepasang adik kembar perempuan bernama Sifa dan Sifi yang baru berusia 5 tahun.

Aku pertama kali masuk sekolah di tahun 2003-2009 di SDN 1 Rawa brebes. Kemudian setelah lulus melanjutkannya ke SMPN 10 bandar lampung dari tahun 2010-2013. Dan kemudian melanjutkan sekolah lagi ke SMKN8 Bandar Lampung. di SMA ini Aku mengikuti kegiatan ekstrakulikuler Paskibra dan juga aktif dalam organisasi OSIS. Bahkan aku sempat menjabat sebagai ketua OSIS di sekolahnya.

Aku adalah anggota tim futsal SMKN 8 Bandar Lampung dan beberapa kali menjuarai kejuaraan futsal baik itu kejuaraan antar sekolah maupun umum. Diantaranya: Juara III Piala Walikota Bandar Lampung, juara III futsal Hardiknas Cup 2015, juara pertama Lampung Cup 2016 dan lain sebagainya.

Aku mempunyai cita-cita dalam beberapa tahun mendatang dapat bergabung dengan Tim Nasional futsal Indonesia dan membawa harum nama Bangsa di Dunia.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Autobiografi : Pengertian , Ciri, Jenis, Struktur, Tujuan, Kedah dan Contohnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

baca juga :

Baca Juga :  √Bisnis Sampingan Guru : Kuliner , Penulis, Kerajinan, Privat
Baca Juga :  √Cara Menjadi Moderator Yang Baik : Tips, Langkah dan Hal Yang Harus Dilakukan
Baca Juga :  √Standar Operasional Prosedur (SOP) : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Cara dan Contohnya
Baca Juga :  √Bencana Alam : Pengertian , Jenis dan Penyebabnya