√ Arti Kata Budidaya : Pengertian, Manfaat, Contoh Beserta Kesimpulanny

Diposting pada

Pengertian Budidaya

Menurut kamus besar bahasa indonesia budidaya merupakan usaha yang bermanfaat dan memberi hasil. Adapu budidaya dalam pertanian merupakan kegiatan yang terencana cara pemeliharaan hayati yang dapat dilakukan pada suatu area atau lahan yang dapat diambil hasil dan manfaat serta dapat dipanen.Kegiatan budidaya dapat dianggap sebagai inti usaha tani dalam pertanian.

√ Arti Kata Budidaya : Pengertian, Manfaat, Contoh Beserta Kesimpulanny

Usaha budidaya tanaman sangat mengandalkan sekali penggunaan tanah atau media yang lain di suatu wilayah.

Manfaat Budidaya

Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari budidaya, contohnya :

  1. Dapat memperoleh keuntungan baik bagi Dapat memperoleh keuntungan baik dari segi ekonomis maupun dari segi konsumsi sebagai makanan.
  2. Memperoleh hasil yang maksimal dari kualitas hasil produksi.
  3. Dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena terbukanya lapangan pekerjaan yang luas.
  4. Budidaya dapat di jadikan sebagai sarana untuk mengelola potensi sumber daya.
  5. Dengan membudidayakan tanaman maka dapat membuat udara semakin bersih, dan lingkungan semakin sejuk

Contoh Budidaya

  1. Budidaya tanaman pangan

Yaitu budidaya yang dimana kegiatannya menanam tanaman yang dapat menghasilkan karbohodrat dan protein serta dapat di konsumsi. Banyak sekali orang yang ingin menanam tanaman jenis pangan karena hasilnya menguntungkan dari segi ekonomi dan tentunya dapat  bermanfaat bagi kehidupan orang. Adapun contoh tanaman pangan misalnya seperti: padi, gandum, kacang tanah, ubi jalar, singkong, jagung, dan lain-lain.

  1. Budidaya tanaman sayur

Yaitu suatu kegiatan menanam tanaman yang menghasilkan bahan pangan dengan memanfaatkan segala sumber daya dari tumbuhan yang di tanam. Dari  hasil ini proses produksi tanam menanam ini dapat menghasilkan tanaman yang dapat untuk di konusmsi. Contoh sayuran yang sering di budidayakan kangkung, bayam, kol, seledri, selada, dan lainnya.

  1. Budi daya tanaman buah

Yaitu suatu kegiatan tanam menanam yang menghasilkan buah-buahan, sehingga dari hasilnya bisa mendapatkan lebih keuntungan. Banyak sekali jenis tanaman buah-buahan yang sering di budidayakan contohnya buah naga, anggur, jambu, apel, jeruk, mangga, cabe, semangka, melon, dan lain-lain.

  1. Budidaya perikanan

Yaitu suatu kegiatan memelihara dan mengembangbiakan ikan sehingga mendapatkan suatu  hasil yang bermanfaat. Umumnya terdapat dua jenis ikan yang sering untuk di dudidayakan yaitu ikan untuk di konsumsi dan ikan hias. Sebenarnya tidak hanya ikan saja yang dapat di budidayakan melainkan juga organisme air lainnya misal speti kerang, udang, atau tumbuhan air lainnya.

  1. Budidaya hewan ternak

Yaitu suatu kegiatan memelihara, dan mengembang biakan hewan-hewan ternak agar dapat  mendapatkan hasil yang menguntungkan. Saat ini budidaya hewan ternak sedang berkembang di berbagai kalangan masyarakat, beberapa contohnya seperti budidaya hewan ternak sapi, ayam, domba, kambing, dan lainnya.

Kesimpulan

Demikian penjelasan di atas maka dapat di ambil kesimpulan bahwa yang di maksud dengan budidaya adalah suatu upaya yang terencana untuk memelihara dan mengembangkan tanaman atau hewan supaya tetap lestari serta dapat memperoleh hasil yang bisa dimanfaatkan.

Manfaat dari budidaya misalnya  dapat memperoleh penghasilan dari segi ekonomis, memeperoleh hasil produksi yang berkualitas atau  sebagai sarana untuk mengelola SDA, dan lain-lain. Beberapa contoh budidaya misalnya:

  • Budidaya tanaman pangan, contohnya tanaman padi, singkong, ubi jalar, jagung, kacang tanah, dan lain-lain.
  • Budidaya tanaman sayur, contohnya tanaman kangkung, bayam, kol, seledri, selada, dan lain-lain.
  • Budidaya perikanan, contohnya lele, nila, gurame, udang, kerang, dan organisme air lainnya.
  • Budidaya hewan ternak, contohnya sapi, kambing, ayam, domba, dan lain-lain.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Arti Kata Budidaya : Pengertian, Manfaat, Contoh Beserta Kesimpulanny, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Fungsi Partai Politik: Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Hak dan Kewajibannya
Baca Juga :  √ Apa Yang Dimaksud Planning : Pengertian, Batasan, Unsur, Proses dan Bentuk Rencananya
Baca Juga :  √ Chauvinisme Adalah : Pengertian, Sejarah, Ciri, Dampak dan Contohnya
Baca Juga :  √ 7 Cara Melestarikan Budaya