Apa Itu Fashion

Diposting pada

Pengertian Fashion

Secara khusus bisa dikatakan Fashion adalah gaya berpakaian yang dipakai setiap hari oleh seseorang, baik itu kehidupan sehari-hari dirumah maupun acara tertentu dengan tujuan untuk menunjang penampilan.


Macam-Macam Fashion

berbagai tipe dari gaya fashion yang akan dibahas dapat mengungkapkan tema penampilan kita pada umumnya. secara general, style fashion sendiri bertumpu pada karakter seseorang atau juga teman khusus dari cara berpakaiannya, berikut ini tipe gaya fashion.

fashion

  • Casual Style

style ini juga sangat banyak sekali penggemarnya di Indonesia, karena style ini sangat mudah digunkan untuk kegiatan sehari-hari. Siapa pun dapat memakai “Casual Style” sebab tidak menguras kantong karena style ini sangat simple dan mengutamakan kenyamanan.

  • Seksi Style

Di Indonesia juga banyak sekali penggemar style ini, bahkan menjadi sebuah tren bagi kaum hawa yang mempunyai kelas. berpenampilan seksi dan dapat menggoda khususnya kaum adam

  • Romantis Style

style satu ini pasti akan menduga warna yang serba pink, tapi style ini tidak selalu identik dengan warna pink. sebab“Romantis Style” ini hanya ingin menunjukkan harapan yang romantic dan tidak selalu diwakilkan dengan warna pink. tetapi, tidak salah juga sih, jika kalian mengira demikian.

  • Glamour Style

Style satu ini terkenal sekali di Indonesia dan sangat identik dengan gaya fashion masyarakat Indonesia. Karena style ini dipakai untuk menunjukkan status derajat pada seseorang di Indonesia. Gaya fashion yang sering disebut “Glamour Style” sangat diidam-idamkan oleh orang-orang Indonesia terutama para kaum wanita.

  • Flamboyan Style

membahas mengenai “Flamboyan Style”. Bagi kalian sangat menyukai warna-warna cerah atau bisa dib ilang tabrak warna dan mungkin menyukai keunikan sangat cocok untuk kalian coba.

  • Eksotis Style

membahas mengenai style pasti kalian sudah tahu dong dari judulnya. Penggunaan baju ini terlihat (unik)dari segi design baju dan coraknya, sehingga mempunyai kesan yang misterius saat orang melihat.

  • Klasik Style

membahas mengenai “Klasik Style” yang sering dibicarakan dan digemari para wanita untuk mendapatkan kesan foto yang vintage atau kesan foto yang elegan dan cantik.

Baca Juga :  Tanah Longsor

  • Chic Style

Style selanjutnya yang akan dibahas yaitu “Chic Style” yang popular karena gayanya yang simple dan mudah diikuti. Banyak wanita yang ingin terlihat Trend dan fashionable untuk kegiatan sehari-hari, khususnya saat mendatangi acara-acara resmi tertentu.

  • Arty Style

membahas mengenai “Arty Style” sekarang ini sedang banyak digunakan para wanita terutama di Indonesia. Persamaan pada Arty style dengan Bohemian style ini ialah penggunaan sisi artistic yang menyukai tentang “Art”.

j. Bohemian Style : membahas tentang “Bohemian Style” untuk menjadi refrensi fashion kalian. Bohemian ini kebanyakan disukai oleh orang-orang yang fokus pada teksture dan corak eksotis pada gaya fashionnya. Para pengguna gaya bohemian ini me keterpunyai tarikan pada sebuah “art” karena bohemian style ini memang begitu artistik. Sepintas memang style ini hampir sama seperti arty style tetapi pada bohemian style ini mempunyai ciri-ciri pola yang lebih rumit.


Fungsi Fashion

fashion saat ini tidak bergantung pada kehidupan sehari-hari saja, namun lebih dari itu fashion merupakan salah satu gaya hidup. Hal karena tidak lepas dari posisi wanita pada zaman sekarang yang mempunyai peranan yang kompleks dalam kehidupan masyarakat.

dulu aktivitas wanita hanya dikehidupan sehari-hari saja dan tidak banyak yang tau apa itu fashion. Sedangkan wanita sekarang mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan keluarga maupun sosial.


Manfaat Fashion

Ada beberapa manfaat dalam kehidupan sehari-hari berikut diantaranya


  • Memberikan Rasa Percaya Diri

setiap wanita yang penampilannya menarik sera enak dilihat lebih mempunyai percaya diri dibanding dengan wanita yang penampilannya tidak menarik. Rasa percaya diri inilah yang mempengaruhi semangat dalam mengerjakan berbagai macam pekerjaan serta kegiatan.


  • Memberikan Daya Tarik Tersendiri

Menggunakan pakaian dan berpenampilan menarik dapat memberikan daya tarik yang luar biasa. jika digabungkan dengan sifat sopan dan santun maka akan memunculkan aura yang menarik membuat orang merasa nyaman didekatkan.


  • Membuat Bahagia

Memanjakan diri sendiri tidak hanya dengan belanja pakaian serta barang-barang baru. Namun rasa kepuasan menggunakan fashion yang menjadi perhatian dapat membuat perasaan bahagia.


Sejarah Desain Busana


  • Abad 700-1000 SM

Secara historis, sejak 700-1000 SM, tekstil dan kain telah didokumentasikan sebagai salah satu produk penting yang dipertukarkan atau diperdagangkan antara bangsa-bangsa dan kerajaan di Asia Tenggara. Sebagai contoh, Kerajaan Sriwijaya (Palembang) memperdagangkan sumber daya alamnya untuk untuk ditukar dengan sutra dan gerabah dari Cina, dan dengan India, mereka menukarkannya untuk kapas.

Baca Juga :  Cerita Pemikiran Tan Malaka

Menilik sejarah fashion di Indonesia tak akan jauh dari yang namanya batik dan kebaya, dua pasangan sejoli yang kini sedang ‘mencoba’ populer kembali dengan berbagai modifikasi dari desainer-desainer top tanah air.


  • Abad ke-15 atau ke-16 Masehi

Dan akhirnya, Jawa menjadi Menurut Denys Lombard dalam bukunya Nusa Jawa: Silang Budaya (1996) Kebaya berasal dari bahasa Arab ‘Kaba’ yang berarti ‘pakaian’ dan diperkenalkan lewat bahasa Portugis ketika mereka mendarat di Asia Tenggara.

Kata Kebaya dapat diartikan sebagai jenis pakaian (atasan/blouse) pertama yang dipakai wanita Indonesia pada kurun waktu abad ke-15 atau ke-16 Masehi. Argumen Lombard tentu dapat diterima terutama lewat analogi penelusuran lingustik yang memang sampai saat ini kita masih mengenal ‘Abaya’ yang dapat diartikan tunik panjang khas Arab.


  • Abad ke-17

Sedangkan batik dikenal sejak abad ke-17 yang dilukis pada daun lontar. Saat itu motif atau pola batik masih didominasi dengan bentuk binatang dan tanaman. Namun dalam sejarah perkembangannya muncullah corak-corak lukisan binatang dan tanaman lambat laun beralih pada motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya.

Selanjutnya melalui penggabungan corak lukisan dengan seni dekorasi pakaian, muncul seni batik tulis seperti yang kita kenal sekarang ini.


  • Abad ke-18

Hingga pada pertengahan abad ke-18, ada dua jenis kebaya yang banyak dipakai masyarakat, yakni kebaya Encim, busana yang dikenakan perempuan Cina keturunan di Indonesia, dan kebaya Putu Baru, busana bergaya tunik pendek berwarna-warni dengan motif yang cantik.


  • Abad ke-19

Pada abad ke-19, kebaya dikenakan oleh semua kelas sosial setiap  hari, baik perempuan Jawa maupun wanita peranakan Belanda. Bahkan kebaya sempat menjadi busana wajib bagi perempuan Belanda yang hijrah ke Indonesia.


Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Desain Busana di Indonesia

Tahunnya trend fashion selalu berubah-ubah, hal ini disebabkan karena kebanyakan orang tidak ingin memakai baju/pakaian yang modelnya sama setiap tahunnya. Perubahan trend fashion mulai baju yang di pakai sehari-hari sampai busana muslim pun kini telah mengalami perkembangan fashion yang cukup pesat. Berbagai model yang unik dan glamor banyak terlihat di pakai oleh kalangan artis dan publik figur yang selalu ingin menjadi trendsetter.


  • Media Massa

Kita tidak memungkiri dampak dari media massa terhadap masyarakat, termasuk trend fashion. Media massa baik cetak maupun elektronik selalu menyajikan informasi termasuk informasi seputar dunia fashion. Melalui kedua media ini, trend fashion seakan disosialisasikan kepada masyarakat dan itulah trend fashion yang harus diikuti. Masyarakat sudah tentu melihat trend fashion yang ditampilkan dalam setiap acara di televisi.

Baca Juga :  Cara Mendidik Anak Dengan Baik dan Benar

  • Dunia Entertainment

Dunia entertainment tentu saja menjadi faktor yang sangat besar dalam penyebarluasan trend fashion di tengah masyarakat. Para selebritas yang selalu muncul di berbagai media dan menjadi idola selalu berganti mode busana mengikuti trend fashion. Hal ini bisa menjadi penyebab masyarakat untuk mengikutinya. Sudah menjadi hukum alam jika sang idola mengikuti trend fashion tertentu bahkan bisa menjadi trendsetter dan pasti akan diikuti oleh penggemar mereka.


  • Media Internet

Tanpa kita sadari internet juga menjadi faktor penentu penyebarluasan trend fashion. Misalnya seperti website ini INFO FASHION TERBARU yang selalu menyajikan tips-tips dan trend fashion terkini. Tentu saja informasi mengenai trend fashion terbaru akan cepat menyebarluas di masyarakat. Penyedia busana secara online pun ikut memberikan peran dengan menyediakan berbagai busana yang mengikuti trend fashioni. Sehingga mau tidak mau masyarakat akan mengikuti trend fashion yang ada.


  • Dunia Bisnis

Dunia bisnis juga merupakan faktor berkembangnya trend fashion di Indonesia. Mengingat dari banyaknya permintaan di pasar terkait dengan trend fashion yang sedang berkembang. Demi mendapatkan keuntungan, para penjual berlomba memanfaatkan trend fashion untuk menarik para pembeli. Dengan menambahkan imajinasi mereka dalam merancang busana, trend fashion akan dengan mudah berkembang luas. Ibarat bola salju, langkah ini lantas diikuti oleh penjual busana yang lainnya.


  • Dunia Musik

Dunia musik juga menjadi faktor berkembangnya trend fashion. Saat ini dunia musik kita sedang mengalami wabah boyband dan girlband . Boyband dan girlband ini mengikuti trend fashion yang berkiblat pada Korea dan Jepang. Sehingga mau tidak mau para penggemarnya juga mengikuti trend fashion idola mereka. Saat ini banyak kita temui model busana yang menyerupai style-nya orang Korea dan Jepang. Hal itu akibat dari munculnya boyband dan girlband di blantika musik Indonesia.


demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Apa Itu Fashion : Pengertian, Macam, Fungsi, Manfaat, Sejarah, dan Faktor Yang Mempengaruhi, semoga arikel ini menambah wawasan anda semua yang membacanya.