Apa Itu Biografi

Diposting pada

Pengertian Biografi

Biografi adalah sebuah tulisan yang menjelaskan terkait kisah dan keterangan tentangg kehidupan seseorang atau kisah riwayat hidup seseorang.

Apa Itu Biografi

Secara etimologis, kata “Biografi” berasal dari bahasa Yunani, yakni “Bios” yang berarti hidup dan “Graphien” yang berarti tulisan. Sehingga secara singkat pengertian biografi merupakan tulisan yang membahas tentang kehidupan seseorang.

Biasanya pembuatan biografi hanya untuk tokoh-tokoh yang dianggap penting dan mempunyai pengaruh bagi kehidupan orang banyak. Biografi dapat berbentuk tulisan singkat dalam satu artikel pendek, tapi bisa juga dalam bentuk buku atau lebih dari satu buku.

Biografi seseorang dalam bentuk artikel singkat biasanya menjelaskan mengenai fakta kehidupan seseorang secara singkat. Sementara biografi dalam bentuk buku berisi berbagai informasi dan fakta hidup seseorang yang dikisahkan secara mendetail serta ditulis dengan gaya bahasa yang menarik.


Definisi Biografi

Biografi adalah teks yang menceritakan tokoh atau pelaku, peristiwa, serta permasalahan yang dihadapinya. Biografi adalah kisah hidup seseorang atau tokoh yang ditulis oleh orang lain. Walau demikian, bila riwayat hidup seseorang ditulis dirinya sendiri, maka hasilnya disebut autobiografi.

Biografi adalah suatu kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang yang bersumber pada subjek rekaan (non-fiction / kisah nyata). Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tangga lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang,tetapi juga menceritakan tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut yang menonjolkan perbedaan perwatakan termasuk pengalaman pribadi.

Biografi menganalisa dan menerangkan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang. Lewat biografi, akan ditemukan hubungan, keterangan arti dari tindakan tertentu atau misteri yang melingkupi hidup seseorang, serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya. Biografi biasanya dapat bercerita tentang kehidupan seorang tokoh terkenal atau tidak terkenal, namun demikian, biografi tentang orang biasa akan menceritakan mengenai satu atau lebih tempat atau masa tertentu.

Baca Juga :  √ Asal Usul Desa Trunyan Secara Lengkap

Biografi seringkali bercerita mengenai seorang tokoh sejarah, namun tak jarang juga tentang orang yang masih hidup. Banyak biografi ditulis secara kronologis. Beberapa periode waktu tersebut dapat dikelompokkan berdasar tema-tema utama tertentu (misalnya “masa-masa awal yang susah” atau “ambisi dan pencapaian”). Walau begitu, beberapa yang lain berfokus pada topik-topik atau pencapaian tertentu.


Ciri-Ciri Biografi

Kita bisa tau sebuah tulisan biografi dengan memperhatikan karakteristiknya. Berikut adalah ciri-ciri biografi:

  • Biografi mempunyai struktur baku dalam pembuatannya yaitu orientasi, reorientasi, dan peristiwa.
  • Isi biografi dibuat berdasarkan fakta (faktual) sesuai pada kisah hidup tokoh yang diceritakan.
  • Gaya penulisan biografi dibuat dalam bentuk narasi sehingga lebih menarik dan enak untuk dibaca.
  • Ada kisah yang menarik dan menginspirasi dalam kehidupan tokoh biografi sehingga bisa mempengaruhi pembaca.
  • Biografi juga mengandung hal-hal yang bisa memotivasi seseorang sehingga mencontoh atau meneladani kehidupan tokoh dalam biografi itu.

Struktur Biografi


  • Orientasi

Orientasi adalah bagian dalam tulisan biografi yang berisi mengenai pengenalan tokoh atau gambaran awal tentang tokoh yang sedang diceritakan.


  • Peristiwa dan Masalah

Peristiwa dan Masalah Adalah bagian dalam tulisan biografi yang berisi tentang peristiwa yang pernah dialami oleh tokoh. Hal tersebut termasuk masalah yang dihadapi dalam upaya mencapai tujuan, dan pengalaman yang menginspirasi yang dialami oleh tokoh.


  • Reorientasi

Reorientasi adalah bagian penutup dari sebuah biografi serta sifatnya opsional saja. Pada bagian ini penulis memberikan pandangannya pada tokoh yang diceritakan di dalam biografi itu.


Jenis-Jenis Bigorafi


  • Biografi Berdasarkan Izin Penulisan

  • Authorized Biography

Authorized Biography adalah sebuah biografi yang penulisannya sudah mendapatkan izin atau sepengetahuan dari tokoh yang akan diceritakan kisah hidupnya.


  • Unauthorized Biography

Unauthorized Biography adalah sebuah biografi yang penulisannya tak atas izin dan sepengetahuan tokoh yang akan diceritakan kisah hidupnya. Biasanya penulisan unauthorized biography dilakukan karena tokoh yang akan diceritakan sudah wafat.


  • Biografi Berdasarkan Isinya

  • Biografi Perjalanan Hidup

Biografi Perjalanan Hidup adalah biografi yang isinya mengenai perjalanan hidup seorang tokoh secara lengkap atau mengambil beberapa bagian dari perjalanan hidup yang dianggap sangat berkesan .

  • Biografi Perjalanan Karir
Baca Juga :  √Subtrat : Pengertian, Makna, dan Penjelasannya

Biografi Perjalanan Karir  adalah biografi yang isinya mengenai perjalanan karir seorang tokoh mulai dari awal hingga karir yang dilakukan saat ini. Atau bisa juga menceritakan perjalanan karir seorang tokoh dalam mencapai kesuksesan tertentu.


  • Biografi Berdasarkan Masalah yang Dibahas

  • Biografi Politik

Biografi Politik adalah biografi yang isinya megenai kisah hidup tokoh sebuah Negara dilihat dari sudut pandang politik. Walaupun lewat riset, biasanya biografi politik mengandung sarat akan kepentingan penulis atau tokoh yang diceritakan.

  • Biografi Intelektual

Biografi Intelektual adalah biografi yang isinya menjelaskan kisah hidup tokoh intelektual dilihat dari sudut pandang ilmiah. Biografi intelektual dibuat lewat berbagai riset dan penulisannya memakai bahasa ilmiah.

  • Berdasarkan jurnalistik

Berdasarkan jurnalistik adalah biografi yang penulisannya berasal dari hasil wawancara langsung dengan tokoh yang akan ditulis kisahnya.


  • Biografi Berdasarkan Penerbit

  • Buku sendiri

Buku sendiri adalah sebuah biografi tokoh yang dijadikan buku oleh penerbit dengan biaya produksi mulai dari penulisan, percetakan serta pemasaran ditanggung sendiri. Tujuan dari penulisan biografi tersebut ialah untuk dijual dipasaran atau mendapatkan perhatian publik.

  • Buku subsidi

Buku subsidi adalah biografi tokoh yang biaya penulisannya dan produksinya ditanggung oleh sponsor. Kalau dilihat dari sisi komersil, biografi seperti tak akan laku atau harga jualnya terlalu tinggi sampai tidak terjangkau.


Pelaksanaan Penulisan Biografi

  • TAHAP I : Diadakan pertemuan dengan klien untuk membicarakan rencana penulisan. Klien akan diberi penjelasan lebih jauh tentang sistem penulisan biografi yang kami terapkan serta hal-hal lain yang perlu diketahui klien. Klien kemudian menetapkan bentuk dan jenis biografi yang diinginkan.

  • TAHAP II : Keinginan klien akan kami bawa dalam pertemuan dengan sesama anggota kreatifnet untuk didiskusikan dan direncanakan. Setelah itu kami akan menghubungi klien untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut. Bila semuanya oke, akan diadakan penandatanganan kontrak penulisan.

  • TAHAP III : Melakukan penyusunan terkait dengan pembicaraan pada klien.

  • TAHAP IV: Hasil penyusunan dalam bentuk naskah tertulis akan diserahkan kepada klien untuk dikoreksi. Lama pengoreksian oleh klien maksimal satu minggu. Setelah itu, naskah dikembalikan lagi kepada kami.

  • TAHAP V: Perbaikan serta pemrosesan akhir kami lakukan. Bila ada yang kurang jelas, klien akan kami hubungi lagi.

  • TAHAP VI: Tahap penulisan dianggap selesai. Hasil akhir berupa naskah jadi dalam bentuk print-out dan CD kami serahkan kepada klien. Untuk memperbanyak dalam bentuk buku atau CD akan diadakan pembicaraan lanjutan antara kami dan klien.Saat menulis biografi, seorang penulis berupaya menyajikan perjalanan kehidupan seorang tokoh. Biasanya, ungkapan ekspresi waktu yang bervariasi dapat menjadikan tulisan
Baca Juga :  √Sosiologi : Fungsi dan Definisi Menurut Para Ahli

Kekuatan Biografi

  • Metode biografi & autobiografi hanya dapat dilakukan oleh peneliti yang menekuni penelitian kualitatif, dalam keterbatasan jumlah informan & intensitas informasi yang hendak dikupas.
  • Metode ini berguna untuk memberi pemaparan ttg tahap2 perkembangan individu, masyarakat (mikro) dengan segala refleksinya.
  • Informasi dapat diklasifikasikan, disistematisasi guna mendapatkan kejelasan substansial.
  • Intervensi konseptual teoritik dapat dilakukan terhadap perkembangan yang ada, kaena kajian ini besifat tebuka bagi penafsiran kritis.

Kelebihan Biografi

Metode biografi awalnya jg dilakukan di bidang kesehatan, tenaga medis, paramedis yang umumnya memerlukan catatan pekembangan pasien secara teratur dalam rangka tindakan medis guna proses penyembuhan.


 Kelemahan Biografi

Penulisan Biografi cenderung menjadi subyektif, semntara kebenarannya menjadi kebenaran politis (yg bersifat sementara) sebab ketika lapis pelindungnya lepas, maka nilai kebenaran itu akan dipertanyakan

CONTOH:

 Kebenaran sejarah yg ditulis pd masa ORBA, pada masa sekarang ini sudah mulai diragukan & ada upaya untuk meluruskan sejarah.


demikian artikel mengenai pembahasan tentang Apa Itu Biografi : Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis, Plaksanaan Penulisan, Definisi, Kekuatan, Kelebihan, Kelemahan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.