√Apa itu Berita: Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsi, Unsur

Diposting pada
√Apa itu Berita: Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsi, Unsur

Pengertian

Berita dalah sebuah media yang penyampaian berbagai macam jenis informasi terbaru yang terjadi di sekitar kita. Dan pastinya, sangat wajar bila hampir setiap atau semua orang tiap harinya menerima atau membaca suatu berita.

Ciri-ciri Berita

1. Menarik Perhatian.

Berita mesti menarik perhatian, tujuannya adalah supaya bisa menarik perhatian masyarakat sehingga masyarakat mau langsung mengetahui isi berita tersebut.

2. Terkini dan Aktual.

Berita mesti berisi informasi atau peristiwa terkini ataupun yang masih hangat di perbincangakan.

3. Di Percaya.

Isi berita mesti bisa dipercaya, itulah mengapa berita mesti sesuai fakta jadi tidak boleh mengada-ngada.

4. Jelas dan memakai kalimat yang sederhana.

Isi berita yang baik yaitu mesti jelas tidak boleh berbelit-belit serta kalimat yang diapakainnya mesto yang sederhana supaya mudah dimengerti dan dipahami.

Jenis-jenis Berita

1. Berita langsung

Berita langsung biasa dikenal dengan kata straightnews. Berita ini biasanya mempunyai ciri dimana disampaikan dalam bentuk yang lebih ringkas, langsung, fokus serta lugas. Isinya berupa berbagai macam jenis fakta – fakta serta data peristiwa yang sedang hangat terjadi di masyarakat sekarang ini. Jenis berita ini biasanya langsung ada pada halaman pertama pada surat kabar karena sifat nya yang sangat informatif sekali.

Baca Juga :  √ Pengertian Indikator adalah ? Berikut ini Arti Indikator dan Jenisnya

2. Berita opini

Opini memang tak sama dengan yang namanya berita. Namun berita bisa berupa opini yang dikatakan dengan opini news. Berita tersebut bersumber dari pendapat berbagai macam jenis opini orang lain terkait sebuah peristiwa tertentu. Contohnya seperti maraknya terjadi peredaran narkoba di suatu daerah.

3. Berita interpretasi

Jenis berita ini adalah pengembangan dari berita langsung namun yang membedakannya ialah dengan dilengkapinya berbagai informasi yang mendukung isu uty contohnya pengamatan, akademis dan sebagainya.

4. Berita mendalam

Berita mendalam atau depthnews yang dikembangkan dalam sebuah peristiwa yang dibuka dengan sangat jelas, Dalam berita ini lebih melihatkan tentang how ( mengapa) serta why( mengapa) berita itu bisa terjadi. Biasanya jenis berita ini lebih informatif yang mestinya menjelaskan mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi, bagaimana dampaknya serta apa yang harus dilakukan.

5. Berita investigasi

Berita investigasi ini memang ditulis berdasarkan suatu penyelidikan pada sebuah peristiwa. Data – data yang biasanya dicari ataupun yang di ambil dari berbagai macam sumber yang sangat berkompeten. Berita ini biasanya dialirkan dengan berbagai cara wartama yang membakar berbagai macam kesalahan ataupun penyelewengan yang sangat merugikan publik.

Fungsi Berita

1. Menyampaikan informasi

Fungsi informasi mencakup berbagai informasi berbagai kejadian atau peristiwa yang menjadi perhatian dalam kehidupan sehari-hari, contohnya adalah politik, hubungan luar negeri, prakiraan cuaca, kecelakaan, bisnis, buruh,  pendidikan dan ekonomi. Informasi itu sangat penting untuk orang banyak dan biasanya diberikan memakai media massa baik media masa cetak maupun elektronik.

2. Meningkatkan kesadaran publik

Mengingkatkan kesadaran publik mengenai isu tertentu. Yang dimaksud dengan kesadaran publik adalah tingkat pemahaman publik mengenai pentingnya isu tertentu serta implikasinya untuk publik secara umum. Isu disini dapat berupa masalah lingkungan hidup, masalah-masalah yang berkaitan dengan perempuan dan juga anak-anak, politik dsb.

Baca Juga :  14 Penyimpangan Pada Orde Baru

3. Membantu bersikap terbuka

Berita yang disampaikan lewat media massa cetak serta elektronik menjadikan kita lebih mengerti serta memahami berbagai kejadian ataupun peristiwa di seluruh dunia. Berita-berita dari seluruh dunia menyampaikan bahwa manusia di suatu negara berbeda dengan negara lainnya.

4. Membentuk opini public

Berita juga dapat berguna untuk membentuk opini publik. Seperti sudah dijelaskan dalam teori agenda setting bahwa media massa lebih sering membentuk rasa kepedulian serta perhatian banyak orang pada beberapa isu tertentu yang disampaikan oleh media massa.

Unsur-unsur Berita

1. What (apa)

Unsur tersebut melibatkan apa saja yang berada didalam berita. Unsur “what ” dalam berita biasanya pembahasan tentang peristiwa apa yang sedang hangat-hangatnya perbincangkan di tengah masyarakat. Membuat berita tak asal mengekuarkan isi hati contohnya seperti karangan-karangan naratif. Namun mesti mempertanggung-jawabkan kebenarannya, oleh karena itu berita mesti membahas sesuatu yang kebenarannya dapat dibuktikan sehingga tidak menimbulkan keresahan dalam masyarakat.

2. Who (siapa)

Unsur “who” melibatkan subjek yang berkaitan dalam berita tersebut. Yaitu siapa saja yang nampak dalam kejadian yang diberitakan itu. Orang-orang yang ikut dalam berita mesti disebutkan secara jelas, supaya tidak menimbulkan kesalahpahaman.

3. When (kapan)

When adalah kapan terjadinya kejadian dan peristiwa yang sedang dibahas dalam berita. Waktu terjadinya peristiwa mesti dijelaskan secara jelas supaya berita menjadi mudah untuk pahami dan di terima masyarakat.

4. Where (dimana)

Where adalah tempat dimana peristiwa tersebut terjadi. Berita mesti diberitahu lokasi kejadian sehingga berita menjadi jelas serta dapat mudah dipahami.

5. Why (mengapa)

Unsur “why” ialah bagian yang menjelaskan mengapa peristiwa itu bisa terjadi. Unsur ini biasanya meliputi alasan dan juga latar belakang masalah ataupun peristiwa yang di beritakan. Yang di jelaskan di bagian tersebut adalah mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi.

Baca Juga :  √Flora : Pengertian , Tahap Penyebaran, Faktor dan Persebarannya

6. How (bagaimana)

Unsur terkahir ini adalah memuat bagaimana peristiwa tersebut bisa terjadi. Biasanya pada bagian ini akan dijelaskan secara kronologis terkait bagaimana kejadian atau peristiwa tersebut terjadi.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Apa itu Berita: Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsi, Unsur semoga bermanfaat

Baca Juga: