√ Ancaman Bidang Politik : Luar dan Dalam Negeri

Diposting pada

Setiap warga negara tentu menginginkan namanya kedamaian dan juga keentraman. Siap yang tidak ingin mempunyai negara yang aman tanpa ancaman? Semua warga tentu saja menginginkan hal seperti itu. Akan terpati rumapanya berbagai macam faktor dapat mendalangi adanya berbagai macam ancaman. Berikut ini ialah inforasi lengkap untuk anda.

√ Ancaman Bidang Politik : Luar dan Dalam Negeri

Ancaman politik dalam negeri

Yang pertama kita akan membahan mengenai politik yang bisa berasal dari dalam negerti, karena ancaman itu asalnya tidak hanya dari luar saja, akan tetapi ancaman politik juga dapat datang dari dalam negri. Berikut ini ialah beberapa contoh ancaman politik yang berasal dari dalam negeri yang dapa anda pahami.

  1. Korupsi

Korupsi adalah salah satu ancaman yang yang berasal dari dalam negeri sendiri. Seperti yang kita ketahui apabila di indonesia sendiri masih banyak para pejabat yang memang menyalahgunakan kekuasaan mereka hanya demi mencari keuntugan semata untuk pribadi dengan cara korupsi. Korupsi yang mereka lakukan ini sangatlah merugikan bangsa dan negara, yang pertama karena itu ialah uang rakyat yang seharusnya digunakan untuk membangun infrastruktur negara akan tetapi karena uang itu mereka ambil tentu saja pembangunan yang ada di indonesia menjadi terhambat. Karena dana yang seharusnya dipakai untuk membangun telah diambil oleh pejabat yang seharusnya mengurus. Hal seperti korupsi ini dapat menghambat kemajuan bangsa dan bisa merugikan negara dalam jumlah yang besar.

  1. Konflik sara yang dikaitkan dengan politik

Seperti yang kita ketahui apabila di indonesia mempunyai berbagai maca suku, ras dan agama. Indonesia adalah salah satu negara yang bhineka tunggal ika sehingga banyak sekali budaya yang berbeda. Akan tetapi yang ironis di indonesia sampai saat ini banyak sekali konflik yang tercipta akibat perbedaan agama dan juga suku yang didalangi oleh bidang politik.

  1. Penurunan paksa pemerintahan

Maslaah atau ancaman politik yang berasal dari dalam negeri yang selanjutnya ialah penurunan paksa pemerintahan. Di indonesia sendiri pernah aka kasus besar-besaran di mana warga berusaha menurunkan presiden soeharto pada masa itu kondisi indonesia menjadi tidak kondusif dalam berbagai bidang misalnya ialah bidang ekonomi. Belajar dari pengalaman beberapa tahun silam, dapat dibilang kejadian penurunan paksa satu pemerintahan itu ialah salah satu ancaman politik yang dapat terjadi di dalam negeri.

  1. Isu-isu politik

Ancaman politik yang keempat dan dapat berpotensi menggoyahkan masyarakat ialah isu-isu politik. Isu-isu politik ini beragam sekali jenisnya, ada yang mencuat saat pemilu terjadi sehingga memecah beberapa kubu politik, isu-isu politik mengenai pejabat dan juga pemerintahan tertentu, dan masih banyak lagi. Isu politik yang muncul itu biasanya akan mencuat juga disertai dengan beberapa aksi seperti demo yang dilakukan oleh masyarakat. Hal-hal seperti isu politik yang mungkin tidaklah jelas sipang siurnya ini mungkin akan memecah persauaan dan juga kesatuan bangsa indonesia.

Ancaman politik dari luar negeri

Berikut ini ialah informasi mengenai ancaman politik dari luar negeri yang dapat kita pahami:

  1. Terorisme

Salah satu ancaman yang sangat berbahaya dan juga bisa mengganggu bangsa ialah terorisme, sebenarnya terorisme ini juga banyak yang berasal dari dalam neeri sendiri. Akan tetapi baru-baru ini yang menjadi populer dan juga mengkhawatirkan negara-negara di dunia ialah kelompok terorisme dari luar negeri yaitu ISIS.

  1. Negara lalin yang ikut campur masalah internall indonesia

Ancaman politik itu tak lain tak bukan ialah jika negara lain ikut campur dengan maslaah internal yang dialami indonesia sendiri. Misalnya seperti urusan hak asasi manusia yang ada di indonesia, pemilihan umum, dan juga maslaah hukum yang seharusnya menjadi permasalahan indonesia dan harusnya diselesaikan sendiri oleh pemerintahan indonesia yang berwenang.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Ancaman Bidang Politik : Luar dan Dalam Negeri, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga:

Read More  √ Cara Mengatasi Kesenjangan Sosial : Pengertian, Ciri, Faktor, Penyebabnya
Read More  √ 10 Budaya Indonesia yang Diakui Unesco
Read More  √ Pengertian Integrasi Nasional : Pengertian, Faktor, Syarat, Dan Klasifikasi
Read More  √ Apa Yang Dimaksud Dengan Tanaman : Pengertian, Klasifikasi, Manfaat, Contoh beserta Penjelasannya