√17 Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Diposting pada

Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Peristiwa proklamasi kemerdekaan indonesia merupakan peristiwa paling bersejarah untuk masyarakat. Karena merupakan awal dari bangsa indonesia memasuki kehidupan yang baru.  Proklamasi kemerdekaan mempunyai arti /makna penting baik untuk pemerintahan ataupun warga Indonesia, berikut beberapa makna proklamasi Indonesia.

√Ciri Hukum Adat : Pengertian, Ciri, Unsur dan Contohnya

  1. Cita-Cita Para Pejuang

Proklamasi kemerdekaan indonesia yaitu cita-cita para pahlawan bangsa dahulu, yang telah berhasil merdeka. Mempunyai makna berupa perjuangan yang panjang dan juga penuh penderitaan yang sudah terbayarkan oleh kemerdekaan pada tanggal 17 agustus 1945.

  1. Lahirnya Negara Indonesia

Setelah terjadinya proklamasi kemerdekaan yang menjadi awal baru bagi suatu negara yakni Negara Indonesia. Dengan ini warga negara indonesia akan memulai babak baru dalam pemerintahan sendiri dan juga melakukan kerja keras mendukung semua proses untuk membangun sistem pemerintahan sesuai dengan rumusan-rumusan dasar Negara yang ada.

  1. Puncak Perjuangan

Selanjutnya makna dari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yaitu menjadi pijakan dari perjuangan untuk mendapatkan kemerdekaan. Sehingga menjadi puncak dari semua perjuangan yang dilakukan masyarakat indonesia dari jeratan penjajah.

  1. Berakhirnya Penderitaan Rakyat

Dari beberapa makna proklamasi, yang paling mudah dimengerti yaitu berakhirnya penderitaan yang dialami rakyat. Sudah terlalu lama bangsa indonesia berada dicengkraman bangsa penjajah yang tidak mempunyai rasa kemanusiaan. seluruh rakyat Indonesia mengalami banyak suka dan juga duka perjuangan.

  1. Awal Baru untuk sebuah Pemerintahan

Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang selanjutnya adalah langkah awal baru dari sebuah pemerintahan, lebih tepatnya dengan berdirinya suatu negara banyak sekali hal yang harus dilakukan seperti memilih pemimpin pemerintahan, bentuk negara dan dasar hukum negara itu sendiri. Sebelum proklamasi, telah dibentuknya 2 lembaga yang mengatasi masalah sistem pemerintahan yakni BPUPKI dan sejarah pembentukan PPKI.

  1. Menaikkan Harkat Martabat Bangsa

Dengan merdekanya suatu negara mampu membuat harkat serta martabat naik, dikarenakan negara tersebut sudah lepas dan juga merdeka dari penjajahan. Sehingga derajatnya bisa sama dengan negara-negara yang sudah merdeka. Maju tidaknya bangsa indonesia sangat dipengaruhi oleh dukungan rakyatnya, sampai saat ini walau sudah merdeka puluhan tahun rakyat indonesia masih semangat untuk tetap menjaga keutuhan bangsa indonesia. Yang dibuktikan dengan banyaknya netizen yang mengikuti perkembangan pembangunan di Indonesia dengan menyampaikan opininya.

  1. Pembaruan Hukum

Negara yang sudah merdeka tentu mempunyai aturan sendiri sama dengan ketika indonesia telah merdeka, indonesia tidak lagi menganut sistem hukum kolonialisme, dengan cara membentuk sistem hukum yang berlandaskan pancasila serta Undang Undang Dasar 1945.

  1. Pernyataan De Facto Negara

Pada tanggal 17 Agustus 1945 terjadinya Proklamasi kemerdekaan yang menjadi bukti bahwa negara indonesia dinyatakan merdeka secara defacto. Dalam memenuhi syarat pengakuan de facto terdapat unsur-unsur yang harus dipenuhi yakni adanya wilayah negara, adanya rakyat yang mendiami negara tersebut dan terdapat pemimpin pada negara tersebut. Hingga Negara indonesia bisa setelah memenuhi unsur-unsur tersebut.

  1. Penerapan Kedaulatan

Makna berikutnya aadalah penerapan kedaulatan, sesudah dinyatakannya kmerdekaan suatu negara harus menerapkan fungsi kedaulatan. Negara Indonesia mempunyai dua sistem kedaulatan yaitu: pertama, Kedaulatan ke dalam ialah negara indonesia melakukan kedaulatan di dalam wilayah negara indonesia karena indonesia adalah negara yang memiliki banyak pulau dari sabang sampai merauke. Kedua, kedaulatan keluar ialah melakukan kerja sama serta berperan aktif di politik luar negeri dan indonesia mempunyai prinsip bebas aktif tidak memblok atau menghalangi suatu negara.

  1. Makna Sejarah

Proklamasi Kemerdekaan mempunyai makna sejarah artinya proklamasi kemerdekaan merupakan awal baru bagi indonesia memulai membangun negara dengan mandiri tanpa jajahan negara lain.

  1. Makna spiritual

Keberhasilan  mencapai kemerdekaan mempunyai makna bahwa kemerdekaan yang telah dicapai tidak hanya karena perjuangan tetapi juga karena anugerah tuhan yang telah melancarkan semua urusan sampai indonesia bisa merdeka, semua keberhasilan ataupun kegagalan harus selalu di sikapi rasa syukur.

  1. Kesempatan Untuk Maju

Dengan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ini merupakan kesempatan bagi bangsa indonesia untuk semakin maju. Sesuai dengan adanya kedaulatan negara.

  1. Usaha Pertahanan Negara

Usaha pertahanan negara sudah tidak asing untuk rakyat indonesia yang telah merdeka, karena rakyat indonesia tidak mau dijajah oleh bangsa lain lagi. Sehingga makna untuk kembali membangkitkan semangat rakyat agar berperan aktif dalam usaha pertahanan negara.

  1. Awal Kerjasama Internasional

Proklamasi Indonesia sudah diakui secara de facto, namun negara Indonesia tetap harus mendapat pengakuan dari negara lain tentang negara indonesia yang sudah merdeka.  Sehingga haltersebut menjadi awal kerjasama secara internasional. Seperti contohnya Indonesia menjadi salah satu anggota PBB, ASEAN, dan  organisasi internasional lainnya yang diikuti sampai sekarang.

  1. Penerapan Dasar Hukum Pancasila

Makna paling utama dan juga masih relevan hingga saat ini ialah makna proklamasi indonesia menjadi awal penerapan dasar hukum pancasila, disebabkan oleh para founding father merumuskan pancasila dari hasil cerminan sikap-sikap masyarakat. Dibuktikan dengan suatu semboyan tertulis di bawah cengkraman burung garuda pancasila yakni ” bhinneka tunggal ika” yang mempunyai arti berbeda-beda namun tetap satu.

  1. Makna Proklamasi Ditinjau dari Aspek Sosiologis

Makna proklamasi bisa dilihat dari aspek sosiologis yang memiliki arti bebas merdeka tidak hanya fisik, namun juga rasa serta hati nurani. Aspek sosiologis yang masih belum merdeka, seperti adanya rasa rendah diri apabila berjumpa dengan bangsa lain, berpikir Bangsa Indonesia belum memiliki apa-apa dibandingkan bangsa lain, serta merasa bangga dengan produk luar negeri.

  1. Makna Pembangunan Ekonomi

Makna selanjutnya dari proklamasi kemerdekaan ialah pembangunan ekonomi. Negara indonesia mengatur semua sumberdaya alam yang dikelola untuk kesejahteraan rakyat bahkan pengemis ataupun pemulung yang ada di negara Indonesia adalah tanggung jawab negara, dan sudah tercantum di Undang-Undang Dasar 1945. Setelah kemerdekaan saat itu terdapat sistem ekonomi bernama sistem koperasi yang dicetuskan oleh mohammad hatta dimana sistemnya sama dengan karakteristik masyarakat Indonesia.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √17 Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Baca Juga :  √Tujuan Norma: Pengertian, Fungsi dan Manfaatnya
Baca Juga :  √Tujuan NKRI : Pengertian, Fungsi dan Tujuannya
Baca Juga :  √Tujuan Kebijakan Pemerintah: Pengertian, Sifat dan Macamnya
Baca Juga :  √ Rotasi Bumi Adalah : Pengertian, Akibat, Proses dan Manfaatnya