√13 Fungsi Ginjal dan Penjelasannya (LENGKAP)

Diposting pada

Pengertian ginjal

Ginjal merupakan bagian dari salah satu fungsis system ekresi manusia. Manusia mempunyai sepasang ginjal. Panjang ginjal sekitar 10 cm dengan ukuran berat sekitar 200 gram. Sebagai alat ekresi, ginlah mengeluarkan sissa penyaringan darah yang berpa urine. Berikut ini ialah beberapa fungsi ginjal manusia

Fungsi ginjal

  1. Menyaring darah

Konsumsi makanan yang telah kita makan setiap hari sebagai penghasil energy setelah memlaltu tahap proses pencernaan pastilah akan menghasilkan banyak zat sisa dan limbah juga racun atau toksi. Zat-zat tersebutlah yang akan dikeluarkan oleh ginjal karena apabila tidak dikeluarkan maka akan sangan berbahaya bagi tubuh.

Nofron ialah salah satu bagian dari ginjal yang menjalankan fungsi ini. Jika seseorang tidak mempunyai ginjal, maka orang tersebut akan mati karena ubuhnya teracuni oleh kotoran yang dihasilkan oleh tubuh itu sendiri.

  1. Membentuk urine

Urine ialah hasil ekskresi dari penyaringan ginjal. Urine mengandung zat-zat yang sudah tidak diperlukan bagi tubuh / yang kadarnya melebihi batas normal. Kandunga utama urine ini ialah air, urea dan juga ammonia. Dan terdapat juga proses pembuatan urine yaitu filtrasi, reobsorbsi, dan juga augmentasi.

  1. Menjaga keseimbangan air dalam tubuh

Ginjal setiap hari mengeluarkan sekitar dua liter air dari dalam tubuh manusia. Sebagian air di keluarkan agar tidak terjadi kelebihan air didalam darah. Apabila kelebihan, maka darah akan mengencer dan juga sangat berbahaya bagi tubuh.

Tubuh akan menjaga keseimbangan air dengan mempertahankan tekanan osmotic okstraseluler. Jika tekanan tersebut berlebihan maka akan dikeluarkan dari tubuh salah satu nya ialah memlalui ginjal.

  1. Mempertahankan keseimbangann kadar asam dan juga basa

Ginjal berfungsi guna mempertahankan keseimbangan kadar asam dan basa dari cairan tubuh yaitu dengan cara mengeluarkan kelebihan asam atau bas melalui urine

  1. Mengetur kadar kalium dalam darah

Kalium atau potasiom merupakan mineral yang berfungsi untuk mempuat semua sel, jaringa, dan juga organ dalam tubuh tetap berfungsi dengan baik.kalium sangatlah penting bagi tubuh, namun apabila kadarnya terlalu berlebihan maka akan terjadi hiperkelemia yang bisa menyebabkan otot jantung berhenti berdetak.

  1. Mengekresikan zat-zat yang merugikan bagi tubuh

Ginjal akan mengekresikan zat-zat yang merugikan bagi tubuh seperti urea, asam urat, creatin, aminiak, bakteri, garam anorganik dan obat-obatan. Apabila zat tersebut tidak dikeluarkan maka akan menjadi racun yang bisa membahayakan kesetan di dalam tubuh kita.

  1. Memproses ulang zat

Ginjal akan mengembalikan kembali zat yang masih berguna bagi tubuh kita kembali menuju darah. Zat tersebu berupa glukosa garam, glukosa, air dan juga sam amino. Proses pengembalian zat yang masih berguna kedalam darah disebut reabsorbsi.

  1. Mengeatur volume cairan dalam darah

Ginjal ini bisa mengontrol jumlah cairan darah yang dipertahankan agar tetap seimbang didalam tubuh kita. Tanpa adanya control dari ginjal makan tubuh kita akan menjadi kering karena kekurangan cairan darah atau sebaliknya.

  1. Mengatur keseimbangan kandungan kimia dalam darah

Salah satu contohnya ialah mengatur kadar garam dalam darah kita

  1. Mengendalikan kadar gula dalam darah

Ginjal sangatlah penting bagi kehiudpan karena mengatur kelebihan akau kekurangan gula dalam darah dengan menggunakan kormon insulin dan adrenalin. Ini penting untuk menghindarai diabetes. Insulin berfungsi sebagai hormone penurun kadar gula dalam darah apabila kadar gula di dalam darah tidak mencupupi lagi.

  1. Penghasil zat dan juga hormone

Ginajal adalah penghasil zat atau hormon tertentu seperti eritropoetin, kalsitriol dan juga renin.hormon yang di hasilkan oleh ginjal ialah jormon eritroprotein / yang disingkat juga dengan EPO berfungsi guna merangsang peningkatan laju pembentukan sel darah merah oleh sumsum tulang.

  1. Menjaga tekanan osmosis

Ginjal juga dapat menjaga tekanan osmosis dengan cara mengatur keseimbangan garam didalam tubuh kita.

  1. Menjaga ph darah

Ginjal juga dapat berfungsi sebgai penjaga kadar ph darah agar tidak terlalu asam. Ginjal dapat mempertahankan plasma darah pada kisaran 7,4 melalui pertukaran ion hydronium dan hidroksil, maka akibatnya, urin yang dihasilkan bisa bersifat asam pada ph 5 atau alkalis pada ph 8.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai fungsi dari ginjal. semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semuanya.

baca juga ;

Baca Juga :  √Pengertian Aksioma, Definisi, Postulat, Proposisi dan Lainnya
Baca Juga :  √Adaptasi : Pengertian, Macam dan Contohnya
Baca Juga :  √Musim : Pengertian , Pembagain Musim Di Dunia dan Indonesia
Baca Juga :  √Energi Nuklir : Pengertian , Sumber Daya Dan Manfaatnya