√Sejarah : Proses Masuk dan Menyebarnya Agama Hindu Budha di Indonesia

Diposting pada

proses masuk dan menyebarnya agama hindu budha di Indonesia

√Sejarah : Proses Masuk dan Menyebarnya Agama Hindu Budha di Indonesia

Pengeruah hindu buhda dating ke Indonesia hamper seba rangan. Secara garis besat kita bisa melihat pengaruh tersebut dari berdirinya beberapa kerajaan besar yang pernah berdiri di Indonesia, dari mulai kutai yang menuasai sebagaian Kalimantan hingga majapahit yang mempu menguasai hamper seluruh wilayah Indonesia dan luar neger. Kerajaan-kerajaan tersebut telah begitu lama menancapkan tering-taring kekeuasaannya di Indonesia sampai beberapa-abad sehingga keberadaan dan pengaruh agama terseubt kuat dalam kehidupan Indonesia. Pengaruh agama hindu-buhda masih terlihat hingga hari ini dalam kehidupan sebagian umat islam di Indonesia dari mulai bahasa, peribadatan, pakaian, kesenian.

Awalnya, agama Buddha lebih dulu berkembang diindonesia. Di Indonesia aliran hinayanalah yang berkembang, sedangkan aliran Mahayana lebih berkembang di cina, Taiwan, korea dan juga di jepang. Perkembangan Buddha awal di Indonesia dibuktikan oleh temuan patng Buddha dari abada ke-2  M di sikendeng, Sulawesi selatan. Contohnya lainnya ialah kerajaan sriwijaya yang telah ada pada abad ke-6 M di sumatera.

Teori masuknya hindu Buddha ke indonesia

Setidaknya ada empat pendapat yang masing-masing pendapat sesungguhnya saling menguatkan, adapun pendapat tentang masuk nya hindu Buddha ke Indonesia ialah sebagai berikut;

  1. Teori brahmana

Mengatakan bahwa yang membawa agama hindu ke Indonesia ialah orang-orang hindu berkasta brahmana. Para brahmana yang dating ke Indonesia merupakan temuan undangan dari raja-raja penganut agama tradisonal di Indonesia. Ketika tiba di Indonesia, para brahmana ini akhirnya ikut serya menyebarkan agama hindu di Indonesia. Ilmuan yang mengusung teori ini ialah van leur.

  1. Teori waisya

Mengatakan bahwa yang sudah berhasil mendatangkan hindu ke Indonesia ialah kasta waisya, terutama para pedagang. Para pedagang banyak yang mempunyai relasi yang kuat dengan para raja yang terdapat di kerajaan nusantara agar bisnis mereka di Indonesia lancer, mereka sebagai pedagang asing tentunya arus membuat para menguasa pribumi senang, sengan cara dihadiahi barang-barang dagangan. Dengan demikian, para pedagang asing ini mendapat perlidungan dari raja setempat. Di tengah-tengah kegiatan perdagangan itulah , para pedagang tersebut menyebarkan budaya dan juga agama hindu ke tengah-tengan masyarakat dindonesia. Ilmuan yang mencetuskan teori ini ialah N.J Krom.

  1. Teori ksatria.

Mengatakan bahwa proses kedatangan agama hindu ke Indonesia dilangsungkan oleh para ksatria, yakni golongan bangsawan dan prajurit perang. Menurut teori ini, kedatangan para ksatria ke Indonesia disebabkan oleh persoalan politik yang terus berlalngsung di india sehingga mengakibatkan beberapa pihak yang kalah dalam peperangan ersebut terdesak, dan juga para ksatria yang kalah dan akhirnya mencari tempat lain sebagai pelarian,salah satunya ialah ke wilayah Indonesia. Ilmuan yang mengusung teori ini ialah C.C. Berh dan Mkerji.

  1. Teori arus balik

Mengatakan bahwa telah berperan dalan menyebarkan hindu di Indonesia adalah orang Indonesia sendiri. Mereka ialah ornag yang pernah berkunjugn ke india untuk mempelajari agama hindu dan budha. Di pengenbaraan mereka mendirikan sebuahh organisasi yang sering disebut sanggha. Setelah kembali di Indonesia, akhirnya mereka menyebarkan kembali ajaran yang telah merka dapatkan di india. Pendapat ini dikemukakan oleh F.D.K.Bosch

Kedatangan brahmana dari india meupun local dipergunakan pula oleh sebagian golongan pedagan pribumi atau kepala suku yang ingin kedudukan dan tingkat sosialnya meningkat. Melalui persetujuan kaum brahmana, mereka dinobatkan menjadi penguasa secara politis.

Setelah sebuah kerajaan didiran, system feodal pun berlaku. Feodalisme ialah system social atau politik yang memberikan kekuasaan yang besar kepada golongan bangsawan. Dengan demikian, raja ialah yang meentukan kea rah mana pada masa kerajaan-kerajaan akan bergulir. Praktik reodalisme ini cukup berkembang pada mas kerajaan hindu-budha, terutama di daerah jawa.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Sejarah : Proses Masuk dan Menyebarnya Agama Hindu Budha di Indonesia. semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √Penelitian Sosial : Pengertian , Karakteristik , Hubungan , Jenis , Fungsi dan Manfaatnya
Baca Juga :  √Komposisi Penduduk : Pengertian, Macam , Tingkat Pendidikan dan Cara Menentukannnya
Baca Juga :  √Flora : Pengertian , Tahap Penyebaran, Faktor dan Persebarannya
Baca Juga :  √Jenis Komunikasi Menurut Para Ahli