√ Permainan Outbond

Diposting pada

Pengertian Outbound

Outbound adalah suatu bentuk dari pembelajaran segala ilmu terapan yang disulasikan dan dilakukan di alam terbuka atau tertutup dengan bentuk permainan yang efektif, yang menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental.


Konsep Outbound

Organisasi merupakan satu wadah untuk mencapai tujuan bersama. Melalui organisasi tujuan bersama akan lebih mudah tercapai. Dewasa ini tidak ada lembaga bersama yang bisa keluar dari proses manajemen organisasi, contoh nyata adalah perusahaan.


Perusahaan baik skala kecil, menengah maupun tinggi termasuk dalam bentuk organisasi, oleh karena itu proses manajemen perusahaan tidak jauh berbeda dengan proses manajemen suatu organisasi, karena pada dasarnya perusahaan itu sendiri merupakan satu organisasi.

Untuk mampu mencapai tujuan organisasi, pihak manajemen harus mampu memberdayakan semua sumber daya yang dimiliki oleh organisasi. Sumber daya organisasi atau perusahaan bisa terdiri dari sumber daya alam, materil, maupun biaya.


Namun dari sekian sumber daya yang dimiliki oleh organisasi, manusia merupakan sumber daya yang paling berharga dan aset yang tak ternilai harganya. Manusia menjadi aset utama organisasi dikarenakan manusia merupakan pemeran utama organisasi. Tanpa adanya manusia, organisasi tidak akan berjalan lancar.


Manusia merupakan perencana, pelaksana, sekaligus penilai kinerja utama organisasi. Sehingga keberadaan manusia dalam organisasi harus mendapatkan poin utama dalam organisasi.

Melihat peran manusia yang sangat penting dalam organisasi, pengelolaan sumber daya manusia yang efektif dan efisien sangat dibutuhkan dalam organisasi. Manajemen sumber daya manusia (MSDM) dewasa ini menjadi sentral dalam satu perusahaan, bahkan perusahaan selalu memiliki divisi tersendiri untuk menangani sumber daya manusia.


Divisi Human Resources Develeopment (HRD) atau bagian kepegawaian merupakan bagian penting dalam organisasi. Proses MSDM sendiri meliputi perencanaan kebutuhan pegawai, perekrutan dan penerimaan pegawai baru, penempatan pegawai, pembinaan pegawai, pemberian upah atau kompensasai,


sampai pada pemberhentian pegawai merupakan serangkaian kegiatan maanjemen sumber daya manusia yang tidak bisa terlepaskan dari satu organisasi atau perusahaan. Seluruh rangkaian MSDM ini bertujuan untuk tercapainya tujuan organisasi secara efektif dan efisien, untuk perusahaan bisa tercapainya produktivitas perusahaan dengan optimal.


Jenis Permainan Outboud


1.Birma Crosser

 
contoh permainan outbon
Tujuanoutbound trainingpermainanini adalah melatih percaya diri untuk menghadapi segala ujian danrintangan dalam kehidupan. Alat bantu dalamout bound training  permainan ini meliputi bambu,karmentel, kong, snappling, webbingdan helm. Adapun prosedur dalam permainan Birma Crosser adalah :


1.Setiap peseta diminta meniti bambu yang telah disediakan dengan ketinggian 2 m dan panjang 15 m


2.Fasilitator memasangkan kelengkapan pengaman sebelum peserta melaksanakan tugas tersebut


3.Fasilitator memberikan arahan dan motivasi agar peserta berhasil melewati bambu dengan sebaik-baiknya.


4.Fasilitator memegang tali pengaman untuk menjaga keselamatan peserta.5.Saat pelaksanaan peserta yang lain menunggu giliran

Pemaknaan dalamprogram outboundpermainan ini adalah :
1.Mampukah semua peserta melaksanakan tugasnya dengan baik ?2.Adakah peserta yang merasa takut akan ketinggian ?3.Apa kunci keberhasilan mereka ?4.Apa yang menjadi penyebab kegagalan ?


2.Hell Barier

contoh permainan outbon
Tujuanoutbound training permainanini adalah melatih mengerjakan sesuatu sesuai dengan tahapan nyauntuk mencapai puncak yangdiharapkan. Alat bantu dalam program outbound permainan inimeliputi jaring, karmentel, kong,snappling, webbing, kaos tangan danhelm. Adapun prosedur dalam permainan ini adalah :

Baca Juga :  √ Sejarah Kerajaan Larantuka : Asal Usul dan Ritual

1.Setiap peserta diminta memanjat jaring tali setinggi 6 meter.


2.Fasilitator memasangkan kelengkapan pengaman


sebelum pesertamelaksanakan tugas tersebut3.Fasilitator memberikan arahan dan motivasi agar peserta berhasil melewati bambu dengan sebaik-baiknya.


4.Fasilitator memegang tali pengaman untuk menjaga keselamatan peserta.5.Saat pelaksanaan peserta yang lain menunggu giliran.Pemaknaan dalam permainan ini adalah :

1.Mampukah semua peserta melaksanakan tugasnya dengan baik ?2.Adakah peserta yang merasa takut akan ketinggian ?3.Apa kunci keberhasilan mereka ?

4.Apa yang menjadi penyebab kegagalan ?5.Apa yang dirasakan peserta sewaktu mencapai puncak ?6.Apa makna dari kegiatan ini ?

3.Carterpillar Race

contoh permainan outbon
Caterpillar race atau balap ulat bulu dapatdimainkan di lapangan Peserta dipecah jadi 3or 4 team, terdiri dari 7-10 orang,
Instruksi

Peserta kita minta untuk membentuk formasi berbaris ke belakang dengantangan dibahu, atau di pinggang atau berpelukan.


Tugas mereka adalah berjalan dengan teamnya dengan rute yg kita buatkan sebelumnya, bisa berupa lintasan dengan tali atau tanda-tanda patokan.


Tiap team harus bergerak secepatnya ke garis finish yg kita tentukan

Bagi Team yang barisannya rusak harus mulai lagi dari garis start.
Target
Team yang menjadi pemenang adalah yang pertama sampai di garis finishdengan utuh.
Larangan

Larangan utama yaitu bahwa barisan tidak boleh putus.

Tidak boleh merusak formasi teamnya, misalnya tangan terlepas, terjatuhatau tertinggal sebagian.
Variasi:

Lintasan dapat dibuat lurus atau berkelok-kelok.

Pergerakan bisa juga dibuat maju atau mundur,Bisa juga formasi lainnya, tergantung kondisi lapangan dan juga tingkat usia peserta


4.Folding Carpet

contoh permainan outbon
Games ini dimainkan dengan alat bantusebuah karpet atau terpal plastik yangukurannya 1 meter persegi untuk 8-10 orang. Ukuran karpet dapat disesuaikan dengan jumlah peserta yang akan ikut bermain maupun tingkat kesulitan yang ingindiberikan, lebih banyak peserta makadibutuhkan karpet yang lebih luas.


Instruksi
Pertama, seluruh peserta diminta naik ke atas karpet dan
Setelah aba-aba dimulai mereka harus dapat membalik karpet tersebut
Kelompok harus bekerja sama dalam menemukan cara dan kemudianmembalik karpet tersebut.


Target
Kelompok yang paling cepat membalik karpet dianggap sebagai pemenang.
Larangan dan Hukuman
Orang-orang yang berada di atas karpet tersebut tidak boleh turun ataupunmenyentuh tanah.
Jika melakukan pelanggaran tersebut maka kelompok dianggap gagalmelakukan tugasnya.


Hukuman atas pelanggaran tersebut dapat diberikan berupa pengurangannilai atau potongan waktu.
Variasi
Games dapat dimainkan di dalam maupun diluar ruangan.

5.Hulahoop

contoh permainan outbon
Games ini dapat dalam kelompok, dengan jumlahanggota kelompok 6-10 orang. Hulahoop yangdigunakan bisa yang terbuat dari rotan atau dari tali/ webbing yg dibuat melingkar dengan diameter 1-1,5 meter.
Petunjuk


Caranya hulahoop diletakkan di pundak salah satu anggota kelompok 
Kemudian dengan didahului aba-aba, hulahoop tersebut harus berpindahdari satu anggota kelompok ke anggota yang lain sampai ke anggotakeloompok yang terakhir,


Anggota kelompok boleh menggerakkan seluruh badan untuk membuathulaoop tersebut bergerak,
Posisi peserta dapat dibuat melingkar atau berjajar atau berbaris ke belakang.
Larangan:
Webbing / hulahoop tidak boleh dipegang atau digenggam oleh tangananggota kelompok.
Variasi
Sebagai variasi, perpindahan hulahoop dapat dibuat satu arah atau bisa juga bolak-balik.
Jika menggunakan tali/webbing, dapat juga divariasikan denganmenggunakan 2 hulahoop yang harus berpindah berlawanan arah.Untuk lebih meriah, permainan ini dapat dimainkan dalam format kompetisidengan membentuk 2 atau 3 kelompok jika jumlah pesertanya mencukupi, danmereka yang paling cepat yang menang.

6.LOG LINE

contoh permainan outbon
Permainan ini dimainkan di luar ruangmenggunakan sebuah balok kayu yang dibuatsedemikian rupa agar tidak bergerak. Panjang balok tersebut 1,5 hingga 2 meter, dansebaiknya yang agak besar agar agak tinggidari permukaan tanah ketika dinaiki oleh
 peserta.


Peserta yang akan bermain terdiri dari 6-10 orang, tergantung besar dan panjang balok.

Instruksi dan petunjuk permainan
Setelah semua naik di atas balok, kita mulai memberi instruksi dimanamereka harus berdiri berurutan sesuai instruksi yang kita minta. Misalkansaja, berdasarkan tanggal lahir,
Para Peserta harus mengatur barisan di atas balok tanpa boleh turun ketanah, dari angka yg paling kecil ke angka yg paling besar.


Fasilitator menentukan mana yg menjadi bagian depan. Jika berhasil,lanjutkan dengan instruksi berikutnya, hingga 3 instruksi dapat merekaselesaikan dengan baik.
Larangan
Jika terjatuh pada salah satu tugas, maka dianggap gugur dan dilanjutkandengan tugas kedua dan seterusnya.


Variasi
Bisa saja instruksinya urutan tinggi badan, nomor rumah dll.Permainan ini dimainkan di luar ruang

Outboud Untuk Anak

Permainan ini dilakukan oleh beberapa tim yang masing-masing terdiri atas 2 anak. Kedua anak disetiap tim harus meletakkan balon di dada mereka sambil menari mengikuti irama musik.


Kelompok pemenang adalah yang bisa mempertahankan balon tidak jatuh selama musik dimainkan. Permainan ini melatih anak memahami instruksi yang disampaikan, mengajarkan konsentrasi serta kerjasama dengan teman untuk menyeimbangkan gerakan. Joget balon dapat dimainkan oleh anak-anak usia TK hingga kelas 3 SD.

Pipa Lines

Contoh Game Outbound

Cara bermain dalam permainan ini adalah memindahkan bola dari start ke sebuah tempat yang telah disediakan dengan menggunakan pipa yang sudah dibelah.


Untuk sampai ke tempat penampungan bola, setiap peserta harus menggerakkan bola sambil mencegahnya agar tidak jatuh. Manfaat permainan ini adalah mengajarkan ketepatan dalam tindakan, konsentrasi, komunikasi dengan teman, serta mendisiplinkan diri agar bersikap jujur.


Games bola pipa yang masih tergolong mudah ini bisa diikuti oleh anak-anak usia TK hingga SD. Semakin besar usia anak juga akan menentukan tingkat kesulitan permainannya.

Kapal Pecah

Contoh Game Outbound

Bahan yang digunakan dalam permainan ini sederhana yakni beberapa lembar koran bekas atau terpal. Bahan dibagikan kepada kelompok yang sudah dibentuk dengan jumlah anggota sama. Biasanya permainan kapal pecah diikuti oleh 5-10 orang di setiap kelompoknya.


Selanjutnya trainer memberikan penjelasan bahwa koran bekas atau terpal yang sudah dibagikan diibaratkan sebagai kapal dimana setiap anggota kelompok harus berdiri diatasnya. Lalu trainer memberikan instruksi kapal tersebut pecah sehingga anggota kelompok harus melipat alas yang mereka injak menjadi dua dan seluruh anggota harus kembali naik diatasnya. Begitu seterusnya hingga koran bekas atau terpal dilipat menjadi bagian paling kecil yang tetap bisa memuat semua anggota kelompok.


Permainan yang bisa dimainkan oleh anak-anak usia SD ini berguna untuk melatih keseimbangan dan kebersamaan, rela berkorban, serta mengajarkan rasa solidaritas dan kepercayaan dengan teman.

Materi Outbound Traning

Dalam penyusunan materi outbound perlu diperhatikan tentang aspek bagaimana materi yang akan disampaikan nantinya mampu menambah kecakapan dan kemampuan masing-masing individu dan kelompok. Sehingga sifat-sifat baik dari peserta akan lebih terasah dengan demikian mampu lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya.


Dirunut dari sejarahnya, outbound yang dilaksanakan di alam terbuka dapat membuat peserta melupakan kepenatan dan ketegangan dari aktivitas dan rutinitas keseharianya, sehingga setelah melaksanakan outbound training peserta dapat lebih segar kembali dalam aktivitasnya.


Pelatihan outbound pun dapat meningkatkan rasa kebersamaan dalam lingkup teamoutbound training maupun masyarakat. Dan juga mampu menggali potensi peserta agar dapat mengembangkan kemampuan pribadinya melalui tantangan-tantangan mental dan fisik saat outbound, sehingga selalu lebih siap untuk menghadapi tantangan pekerjaan atau karir.


Untuk memdapatkan hasil yang maksimal sesuai tujuan outbound, berikut kami share beberapa materi wajib yang selayaknya ada dalam setiap kegiatan outbound.


1. Ice Breaking

Saat pertamakali acara dimulai, bisa dipastikan hampir seluruh peserta dalam keadaan tegang. Oleh karena itu perlu sebuah tahapan untuk memecahkan suasana yang kaku, sesi ini dilakukan dengan saling sapa dan berkenalan satu dengan yang lain sehingga peserta bisa lebih akrab.

Baca Juga :  √Problem Solving : Pengertian, Ciri, Tujuan Dan Langkah Mengatasinya

2. Komunikasi

Pada materi ini peserta dikondisikan dalam sesi permainan yang menarik dan tidak membosankan. Sehingga komunikasi antar anggota team bisa terbentuk dan tercipta rasa saling percaya terhadap rekannya.

3. Team Buliding

Materi outbound ini mengkondisikan peserta dalam permainan team. Sehingga akan tercipta saling mendukung dan kerjasam. Pentingnya komunikasi dan membangun suatu tim yang kompak adalah tujuan dari materi ini.

4. Penyelesaian Masalah

Peserta training outbound mampu mengenali masalah yang ada serta cara penyelesaiannya, peserta disuguhi materi tentang memilih informasi yang relevan dan membuat analisis serta keputusan untuk menemukan sebab timbulnya persoalan secara lebih terarah.

5. Game Kompetisi

Pada materi ini peserta diharap mengatur strategi dan mengoptimalkan segala kemampuan baik individu maupun kemampuan kelompok.


Manfaat Outbound

Kegiatan outbound di alam terbuka bermanfaat untuk meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat. Kegiatan outbound membentuk pola pikir yang kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi. Kegiatan ini akan menambah pengalaman hidup seseorang menuju sebuah pendewasaan diri.


Tujuan Outbound

Apakah anda tahu? Bahwa outbound merupakan kegiatan di luar ruangan yang menggunakan metode experiential Learning (belajar dari pengalaman) bermedia permainan. Dengan berbagai permainan yang akan dimainkan semua peserta akan belajar memahami karakter antar individu dalam kondisi apapun.

Outbound merupakan metode pengembangan diri yang menarik dan menyenangkan. Mengapa demikian?

Bagi setiap instansi yang melakukan kegiatan outbound pastinya memiliki tujuan masing-masing. Pada umumnya tujuan outbound sebagai terapi bagi peserta yang tidak punya kemampuan banyak bicara, minder, dan kurang percaya diri. Outbound sendiri selalu mengedepankan permainan-permainan yang mampu menumbuhkan motivasi pada diri pesertanya. Biasanya pola permainan yang diadakan melibatkan kerja sama antar team ataupun masing-masing individu itu sendiri guna melatih pikiran dan aktivitas fisik yang memiliki nilai positif.

Sejarah Outbound

Menilik dari sejarahnya, outbound sebenarnya adalah kegiatan pelatihan di alam terbuka yang memerlukan ketahanan sekaligus tantangan fisik yang besar. Di dalamnya, peserta menjalani petualangan (adventure) tidak hanya sekedar permainan (games) yang berat dan penuh resiko. Dalam outbound, peserta benar-benar dididik untuk menjadi manusia yang tangguh di dalam menjalani kesulitan hidup.


Karena itulah, kegiatan outbound pada awal-awal perkembangannya banyak dipakai oleh lembaga angkatan bersenjata untuk kepentingan mempersiapkan para prajurit yang tangguh dalam menghadapi kesulitan hidup, baik dalam situasi aman maupun dalam situai perang.


Namun, para perkembangan berikutnya, istilah outbound mengalami perluasan makna (sebut saja begitu), menjadi tidak hanya untuk menunjukan pelatihan di alam terbuka dengan petualangan yang berat, menantang, dan beresiko tinggi, tetapi juga untuk menunjukan suatu aktivitas permainan yang ringan dan beresiko kecil (soft game) yang diadakan di luar ruangan atau alam terbuka (outdoor)


Berangkat dari sini, banyak praktisi outbound yang mengklasifikasi atau membagi kegiatan outbound ke dalam dua kategori, yaitu “real outbound” dan “fun outbound”. Real outbound menunjukan pada kegiatan outbound yang memerlukan ketahanan dan tantangan fisik yang besar.


Para peserta menjalani petualangan yang mendebarkandan kegiatan penuh tantangan, seperti jungle survival, mendaki gunung, arung jeram, panjat dinding atau tebing, atau kegiatan di arena tali. Real outbound inilah yang di anggap sebagai kegiatan outbound “yang sesungguhnya”.


demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Permainan Outbond : Pengertian, Macam, materi outbound