√ Lingkungan Sehat : Pengertian, Aspek, Manfaat Dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian lingkungan sehat

linkungan-sehat

Lingkungan sehat adalah lingkungan yang terhindar dari suatu kondisi gangguan kesehatan seperti ; Tempat yang lembab, Asap polusi kendaraan, limbah pabrik dsb .

Aspek yang Dibutuhkan jika ingin Lingkungan Kita Sehat

  1. Ketersediaan air yang bersih

Air Bersih Sangat diperlukan manusia dalam berbagai macam kegiatan maupun kebutuhan sehari-sehari karena sangat penting,salah satunya adalah untuk Minum, Memasak, Mencuci, MCK, dll. Jika kita kehilangan sumber air bersih maka akan mengganggu kesehatan tubuh dan terjangkitnya penyakit.

  1. Makanan dan minuman yang menyehatkan

Makan dan minum adalah kebutuhan manusia sehari hari,jika mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak menyehatkan hal tersebut dapat menganggu kesehatan kita sehingga kita terserang penyakit. Agar Makanan dan Minuman kita menyehatkan tidak perlu yang mahal cukup; bebas dari kuman, bebas dari bahan kimia berbahaya,dan steril.

  1. Pengelolaan air buangan

Setiap Hari kita Pasti selalu Memakai Air pada setiap kegiatan contohnya ialah mencuci baju dan piring,dalam hal tersebut kita harus pastikan aliran air bekas rumah tangga kita tidak tercampur sampah limbah rumah tangga yg tidak bisa urai, jika pengelolaan saluran air kita tidak bersih hal tersebut dapat menyebabkan banjir jika sampah menyumbat,tersebar nya air kotor ke jangakuan air bersih dikarenakan banyaknya sampah di saluran air.

Dalam hal ini kita harus menjaga baik baik lingkungan kita menjadi lingkungan yang sehat termasuk dalam pengelolaan air buangan kita atau limbah rumah tangga,agar kita hidup sehat

  1. Pembuangan sampah padat

Sampah padat terdiri dari dua jenis sampah yaitu sampah organik dan non organik..

Sampah organik adalah sampai yang dapat di urai atau di daur ulang.

Sampah non organik adalah sampah yang tidak bisa atau tidak mudah di urai.

Dalam hal ini jagalah sampah non organic jangan sampai terbuang ke lingkungan air bersih karena sampah ini tidak bisa urai akan menyebabkan permanen Padas Sumber Air bersih kita.

Buanglah Sampah Pada tempatnya Agar lingkungan kita menjadi sehat

  1. Mengendalikan vektor atau serangga pengganggu

Vektor adalah istilah untuk serangga yang menimbulkan penyakit seperti Nyamuk Yang berasal dari air kotor yang menggenang,Lalat Dari sampah Yang Busuk,Ulat dari daging busuk.

  1. Hindarkan pencemaran tanah oleh ekskreta manusia

Pasti manusia akan makan dan minum, maka ada sisa olahan dalam tubuh yang harus dibuang yang disebut ekskreta.Ekskreta ini biasanya berupa feses dan urine. Ekskreta manusia harus diatur semudah mungkin pembuangannya tidak menimbulkan pencemaran baik pencemaran di dalam tanah, air maupun udara.

  1. Ketersediaan fasilitas MCK yang layak

Kebutuhan mandi, cuci dan buang air adalah suatu kewajiban bagi manusia. Dalam suatu lingkungan sehat, persiapan fasilitas yang layak untuk ketiga hal tersebut adalah hal yang tidak bisa dibiarkan Sekalipun tidak setiap rumah memiliki fasilitas Mandi, Cuci, dan Kakus atau MCK, adanya MCK umum bagi warga sudah cukup, bagusnya lagi jika masing – masing warga memiliki fasilitas MCK di rumahnya, tentu saja lebih sehat.

Fasilitas MCK yang layak terdiri dari bangunan yang layak dan tertutup, ada air besrsih yang selalu berganti baik itu berupa kran atau berupa bak, serta pembuangan yang teratur.

    7.Menghindari pencemaran udara

Lingkungan sehat dan bersih selalu ditandakan dengan udara bersih yang ada. Jika udara penuh dengan polusi, itu menandakan bahwa lingkungannya tidak sehat. Kondisi udara sangat sering menimbulkan berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan pernafasan seperti influenza, bronkitis, ispa, paru – paru dan lain-lain.

Hindarkan juga lingkungan dari asap rokok karena ini sudah terkenal sebagai penyebab berbagai macam penyakit. Terlebih jika asap rokok terhirup oleh anak-anak dan balita yang bahkan tidak ikut merokok.

Hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga udara bersih ialah menjaga supaya lingkungan kita tetap hijau oleh pepohonan dan tanaman. Biarkan mereka tumbuh subur dan tinggi. Jangan cuma ada pembangunan seluruh pepohonan dibabat hingga habis tanpa ada reboisasi.

  1. Hindarkan lingkungan dari kebisingan

Bagaimanapun asri dan sejuknya lingkungan, kalau juga sering terdengar suara berisik bahkan membuat dengung telinga membuat lingkungan tidak lagi dikatakan lingkungan sehat. Warga menjadi tidak nyaman dan tidak bisa fokus menjalani aktifitas sehari – hari.

Manfaat Dari Lingkungan Bersih

  • -Mencegah terjadinya banjir
  • -Mencegah terjadinya tanah longsor
  • -Udara menjadi sejuk
  • -Sehat wal afiat
  • -Lingkungan bersih makin sering Kerja bakti
  • -Bebas dari penyakit

Contoh Dari Lingkungan yang sehat:

  • -Udara bersih dan sejuk.
  • -Tanah subur gembur.
  • -Sumber air yang bersih semakin mudah di akses.
  • -Air sungai yang mengalir bersih dan steril.
  • – Sampah terbuang sesuai tempatnya.
  • – Banyak tumbum tumbuhan hijau yang tumbuh dengan subur asri.

 

demikian lah tadi artikel dari duniapendidikan.co.id seputar lingkungan sehat, semoga dapat menambah wawasan anda semua.

baca juga ;

Baca Juga :  √10 Fungsi Organ Manusia Dan Penjelasannya Lengkap

Baca Juga :  √Farmakologi : Pengertian, Cabang Farmakologi Dan Sejarah Farmakologi Secara Lengkap

Baca Juga :  √Pendidikan Kewarganegaraan (PPKN) : Pengertian , Kerangka Pikir Dan Tujuan Pebelajaran

Baca Juga :  √Zat Adiktif : Pengertian, Dampak Dan Macam Contohnya