√ Bioma Hutan Hujan Tropis : Pengertian, Jenis dan Ciri

Diposting pada

Pengertian bioma

Apabila di artikan pada iklim dan juga wilayah geofrafis mempunyai makna suatu yang memiliki karakakteristik geografis pada iklim serupa. Sama dengan komunitas tumbuhan, hewan, komunitas organisnme yang tinggal di tanah, termasyuk juga virus, bakteri, serta semua ekosistem yang berada di dalamnya. Dalam bioma tak membahas masalah perbedaan genetik, takson, atau pun peristiwa historical. Tetapi akan di tentukan pada struktur tumbuhan yang ada, misalnya antara pepohonan satu dan yang lainnya, semak semak dan reruputan. kemudian jenis dedaunan, seberapa jauh jaraknya antar tumbuhan dan juga iklim yang berada di sana.

√ Bioma Hutan Hujan Tropis : Pengertian, Jenis dan Ciri

Dengan adanya interaksi antara satu unsur terhadap unsur yang lain juga terjadi pada satu bioma. Misal antara iklim, air, organisme dan juga tanah yang hidup pada satu lingkungan sama. Maka akan menjadi suatu komunitas klimak, yang dimana ada berbagai macam populasi yang hidup di dalamnya. Dan dengan adanya komunitas klimak berguna sebagai penanda dari suatu wilayah, kalau di sana ada vegetasi yang mendominasi. Karena telah terjadi interaksi, maka komunitas yang ada di sana akan menjadi stabil.


Jenis-jenis Bioma

Bioma pada alam raya ada banyak macamnya. berdasarkan wilayah dan komunitasnya. Menurut karakteristiknya terdpat 7 jenis bioma, yaitu :

  • Bioma stepa atau juga bioma padang rumput
  • Bioma tundra atau juga bioma yang berada di kutub
  • Bioma taiga atau juga bioma yang tersusun dari satu spesies
  • Bioma gurun atau juga bioma yang berada di gurun atau juga pada padang pasir
  • Bioma hutan hujan tropis atau juga bioma hutan basah/lembab
  • Bioma hutan gugur atau juga bioma yang berada pada iklim sedang
  • Bioma sabana atau juga bioma padang rumput yang di selingi dengan kelompok semka dan juga pohon

Sedangkan maksud dari bioma hutan hujan tropis merupakan bentuk dari bioma berupa hutan, yang keadaanya selalu basah atau lembab. Biasanya di temui pada daerah yang di lewati garis lintang khatulistiwa, yaitu terletak pada lintang 0⁰ sampai 10⁰ melintang dari utara sampai selatan. Biasanya pada daerah ini mempunyai curah hujan tinggi. di sebut bioma hutan hujan tropis, karena memang lokasi bioma hutan berada pada iklim tropis yang mempunyai curah hujan cukup tinggi serta selalu mendapatkan penyinaran matahari sepanjang tahun.


Ciri-ciri bioma hutan hujan tropis

Anda akan mendapati bioma hutan hujan tropis pada daerah benua Australia, Afrika, Asia, Amerika Selatan dan Tengah, Kepulauan Pasifik dan juga Mexico. Berikut ciri ciri bioma hutan hujan tropis :

  1. Curah hujan

Yang membedakan dari bioma hutan hujan tropik dan beberapa bioma yang lain ialah tingkat curah hujan. Karena pada bioma hutan hujan tropik mempunyai curah hujan tinggi.  Menurut data total curah hujan lebih 2000 mm per tahunnya. sehingga di namakan bioma lembab dan juga basah. Sepanjang tahun, hutan hidup pada daerah ini selalu memperoleh hujan. Biasanya tanaman dan juga hewan yang berada di bioma ini mempunyai keanekaragaman luar biasa banyak. Sebab pada iklim inilah pohon dan juga hewan yang paling mudah untuk beradaptasi.

  1. Banyak pohon-pohon tinggi

Banyak pepohonan tumbuh subur dan juga makmur pada hutan ini. Bisa di buktikan dengan banyaknya pepohon tinggi. mereka dapat tumbuh dengan sangat baik. apabila di ukur, tinggi dari pepohon ini mencapai 20 meter hingga 40 meter. walaupun sinar matahari selalu tampak, namunbila anda di bawah pohon tersebut akan sulit melihat panasnya matahari. Karena sinarnya terhalang akan dahan dahan.

  1. Sinar matahari tak dapat mencapai tanah

Bukan berarti kalau bioma hutan hujan tropis tak memperoleh sinar matahari. Malah mereka selalu memperoleh penyinaran matahari dari  sepanjang tahun. Namun tak sampai menembus ke bawah dasar hutan. Sehingga di bawah pepohonan tampak waktunya menjadi selalu sama. Karena sinar matahari terhalang pepohonan, seperti dahan, ranting, dan dedaunan.

  1. Pohon mempunyai daun yang sangat lebat

Karena pohon terkena sinar matahari sepanjang tahun, sehingga pertumbuhan pepohonan menjadi cukup baik. Pepohonan dapat berfotosintesis sempurna. Menjadikan nutrisinya terpenuhi. Bagaimana bisa tahu?

Bisa di lihat tingginya pohon menjulang tingga hingga ke angkasa. Dan juga dedaunan yang lebat, membuat menghalangi sinar matahari masuk. Warna dedaunannya juga berwarna hijau segar yang itulah salah satu dari keunikan hutan hujan tropis.

  1. Punya iklim mikro pada lingkungannya

Selain itu, pepohonan yang berada di hutan hujan tropis mempunyai iklim mikro. Hal ini dapat di temukan di sekitar permukanan tanahnya. Selain itu pepohanan pada juga ada pula, yaitu berada pada bawah dari kanopi daun. Membuat dedaunan pada pepohonan mempunyai bentuk seperti tudung. dapat memayungi benda di bawahnya.


demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Bioma Hutan Hujan Tropis : Pengertian, Jenis dan Ciri, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Tenaga Kerja Adalah : Pengertian, Jenis-Jenis, Permasalahannya
Baca Juga :  √ Sistem Saraf Pada Manusia : Pengertian, Bagian dan Fungsi
Baca Juga :  √ Pertumbuhan Ekonomi : Pengertian, Ciri Beserta Faktornya
Baca Juga :  √ Konservasi Adalah: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Contoh