√Bentuk Bela Negara: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya

Diposting pada

Pengertian

Bela Negara merupakan sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya pada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila serta Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya.

√Bentuk Bela Negara: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya

Pada Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan syarat-syarat mengenai pembelaan diatur dengan undang-undang. Kesadaran bela negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada negara serta kesediaan berkorban membela negara.

Tujuan

– Mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan Negara indoensia.

– Melestarikan budaya Menjalankan nilai-nilai yang ada di pancasila dan UUD 1945.

– Melakukan yang terbaik untuk bangsa dan Negara Indonesia.

– Menjaga identitas dan integritas bangsa dan Negara Indonesia.

Fungsi

– Mempertahankan Negara dari berbagai ancaman baik militer ataupun non militer.

– Menjaga keutuhan wilayah Negara indoensia.

– Sebagai kewajiban tiap tiap warga Negara serta sebagai panggilan sejarah.

Manfaat

-Membentuk sikap disiplin waktu,aktivitas,serta pengaturan kegiatan lain.

-Membentuk jiwa kebersamaan serta solidaritas antara sesama rekan seperjuangan.

-Membentuk mental serta fisik yang tangguh.

-Menanamkan rasa kecintaan pada Bangsa dan Patriotisme sesuai pada kemampuan diri masing masing.

-Melatih jiwa leadership dalam memimpin diri sendiri ataupun kelompok.

-Membentuk Iman dan Taqwa pada Agama yang dipercaya.

-Berbakti pada orang tua, agama,bangsa dan Negara.

-Melatih kecepatan, ketangkasan, ketepatan individu dalam melakukan kegiatan.

-Menghilangkan sikap negatif contohnya malas, apatis, boros, egois, tidak disiplin, .

-Membentuk perilaku jujur, tegas, adil, tepat, serta kepedulian kepada sesama.

Bentuk Bela Negara

 

  1. Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan

Pelajaran PPKn  merupakan salah satu usaha Negara dalam membina warganya supaya lebih mencintai, menghargai, dan tentu saja merupakan usaha supaya warganya dapat menunjukkan sikap pembelaan Negara. Pelajaran PPKn ini berisi tentang dasar-dasar Negara Indonesia, seperti fungsi pancasila dan juga peraturan perundang-undangan.

  1. Wajib Militer

Wajib militer adalah salah satu hal yang dipaksakan untuk meningkatkan rasa kepedulian dan kecintaan pada Negara. Wajib militer mengharuskan masyarakat dan warga Negara mengikuti pelatihan militer, sehingga dengan pelatihan militer ini, masyarakat dapat turut melakukan pembelaan pada Negara dengan membawa senjata.

Saat ini, wajib militer memang sudah tidak digalakkan lagi, tetapi demikian wacana tentang bela Negara masih terus bergulir. Hal ini pada dasarnya akan membantu tiap masyarakat supaya menjadi lebih memiliki kepedulian terhadap negaranya, dan mau melakukan pembelaan terhadap Negara karena kecintaannya.

  1. Pengabdian Sebagai Anggota TNI

Salah satu cara paling mudah untuk melaksanakan upaya-upaya dalam pembelaan Negara ialah bergabung ke dalam anggota TNI atau tentara Nasional Indonesia. Bergabung dengan anggota TNI, artinya secara sukrela ataupun tidak anda akan dituntut untuk mencintai Indonesia, dan mau berjuang dan berkorban hingga titik darah penghabisan untuk membela Negara ini. Hal tersebut merupakan salah satu cara melakukan pembelaan pada Negara yang paling banyak dilakukan oleh orang-orang, dimana mereka mendaftarkan diri sebagai anggota TNI, baik anggota TNI AD, AL, maupun AU.

  1. Pengabdian Profesi

Pengabdian profesi adalah bentuk atau upaya dalam mengabdikan diri terhadap pembelaan Negara lewat profesi-profesi tertentu. profesi-profesi yang berhubungan erat dengan pembelaan Negara kebanyakan merupakan profesi yang bukan merupakan profesi sebagai tentara, tetapi tetap membela Negara dalam garis depan. Berikut ini adalah beberapa contoh pengabdian profesi sebagai upaya dalam melaksanakan Bela Negara :

– Satuan Kepolisian Republik Indonesia.

– Tim SAR.

– Pemadam Kebakaran.

– Satuan Pengamanan dan linmas.

  1. Pengabdian Masyarakat

Berikutnya, individu yang berperan dalam pembelaan Negara juga dapat diikut sertakan. Tak perlu harus selalu mengangkat senjata dan juga masuk ke dalam satuan militer, kepolisian dan satuan keamanan. Tetapu dari sisi Individu itu sendiri pun mempunyai sebuah pengabdian tersendiri pada masyarakat. Banyak pekerjaan masyarakat, yang tidak berhubungan dengan kegiatan keamanan dan mengangkat senjata, tetapi masih berkaitan dengan pengabdian kepada masyarakat.

Contohnya saja pekerjaan sebagai seorang dokter atau perawat, yang akan selalu siap membantu pada saat harus melakukan pengobatan kepada siapa saja. Hal ini juga merupakan salah satu bagian dari upaya-upaya dalam rangka melaksanakan Bela Negara.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Bentuk Bela Negara: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √Apa itu Lembaga: Pengertian, Fungsi dan Jenisnya
Baca Juga :  √Ancaman Non Militer : Pengertian dan Contohnya
Baca Juga :  √Pengertian Kabinet Pemerintah Dan Parlementer: Pengertian, Ciri, Kelebihan Dan Kelemahan
Baca Juga :  √Contoh Integritas: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Manfaat, dan Ciri