√Apa itu Devisa: Pengertian, Jenis, Fungsi, Tujuan, Sumber

Diposting pada
√Apa itu Devisa: Pengertian, Jenis, Fungsi, Tujuan, Sumber

Pengertian

Devisa merupakan sejumlah valuta asing yang berguna guna membiayai transaksi perdagangan antarnegara atau internasional. Dalam perdagangan internasional terjadi kegiatan ekspor dan impor barang maupun jasa. Jika impor barang dari luar negeri, maka mesti membayar negara asal barang impor itu. Mata uang rupiah (Rp) tidak bisa dipakai sebagai alat pembayaran dalam perdagangan internasional. Maka kita mesti memakai devisa untuk dipakai sebagai alat pembayaran dalam perdagangan internasional.

Devisa terdiri atas valuta asing, yakni mata uang yang diterima oleh semua negara di dunia antara lain : US Dollar ($), Euro, Switzerland-Franc, DM (Deutshe Mark)- Germany, Dollar-Canada, Poundsterling (Inggris), Yen Jepang, Prancis-Franc, emas, serta surat berharga yang berlaku untuk pembayaran internasional.

Hal inilah membuat devisa berada di pengawasan otoritas moneter yakni Bank Sentral. Devisa mempunyai fungsi yang sama dengan uang, tapi devisa berada dalam transaksi antarnegara atau internasional sebagai sebuah alat pembayaran antarnegara, cadangan moneter, pertukaran barang dan jasa, menimbun kekayaan, serta mengukur kekayaan.

Pemerintah ataupun swasta wajib untuk memiliki cadangan devisa untuk perdagangan internasional antarnegara dalam menjaga stabilitas moneter serta ekonomi makro suatu negara. Cadangan devisa ialah salah satu indikator moneter kuat atau lemahnya ekonomi negara itu. Pengertian cadangan devisa ialah sejumlah valas yang dicadangkan oleh Bank Sentral untuk kebutuhan pembiayaan dan kewajiban luar negeri, Contohnya : pembiayaan impor dan pembiayaan lainnya pada pihak asing.

Baca Juga :  √Mikroskop: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Bagiannya

Jenis-jenis Visa

1. Macam-Macam Devisa Berdasarkan Sumbernya

  • Devisa Kredit

Devisa Kredit adalah sebuah devisa yang berasal dari kredit atau pinjaman luar negeri.

  • Devisa Umum

Devisa Umum ialah devisa yang berasal dari sumber lain (selain kredit) misalnya seperti ekspor, penyelenggaraan jasa serta penerimaan bunga modal.

2. Macam-Macam Devisa Berdasarkan Bentuknya

  • Devisa Kartal

Devisa Kartal adalah sebuah devisa yang berwujud uang kertas dan uang logam.

  • Devisa Giral

Devisa Giral adalah sebuah devisa yang berwujud surat-surat berharga, misalnya : wesel, cek, IMO (Internasional Money Order), cek perjalanan (travellers cheque), dsb. Jika berkeinginan, devisa giral bisa diganti atau diubah ke devisa kartal.

Fungsi Devisa

  • Dipakai untuk alat pembayaran barang dan jasa impor dari luar negeri.
  • Devisa menjadi sumber pendapatan sebuah negara untuk membiayai pembangunan.
  • Alat untuk membiayai pembiayaan hubungan luar negeri, contohnya biaya misi kesenian, biaya korp diplomatik, pemberian bantuan luar negeri, serta biaya perjalanan dinas.
  • Sebagai alat pembayaran cicilan hutang luar negeri serta bunganya.

Tujuan Devisa

  • Untuk Membayar berbagai jenis barang konsumsi yang masih diimpor, contohnya handphone dsb.
  • Untuk Membiayai pengiriman untuk tim olahraga dan kesenian di bidang internasional.
  • Membiayai korps diplomatik yang sedang ada di luar negeri.
  • Untuk Membayar berbagai jenis barang modal yang masih di impor, contohnya mesin dsb.
  • Untuk Membayar jasa ke luar negeri contohnya jasa pelayaran.
  • Untuk Membangun fasilitas-fasilitas umum dalam negeri.
  • Membiayai para pemuda serta mahasiswa untuk belajar di luar negeri.
  • Untuk Memberikan sumbangan ke negara lain yang sedang terkena musibah.

Sumber Sumber Devisa

1. Kegiatan ekspor

Kegiatan Ekspor menjadi salah satu andalan sebuah negara untuk mendapatkan devisa. Semakin banyak ekspor jasa atau barang maka semakin besar juga pemasukan devisa yang masuk ke negara tersebut.

Baca Juga :  √ Asal Usul Kota Depok : Sejarah, Presiden, Depok Tua

2. Perdagangan jasa

Negara yang mengandalkan perdagangan jasa ialah negara yang tidak banyak sumber daya alam. Contohnya negara Singapura yang mengandalkan sektor jasa perdagangan sebagai sumber utama devisa, hal tersebut karena Singapura tidak banyak punya sumber daya alam.

3. Kegiatan pariwisata

Banyak sekali negara yang mengandalkan sektor pariwisata. Salah satu pendapatan devisa ialah dengan jasa pariwisata yang bisa diperoleh dari adanya kunjungan turis baik itu mancanegara ataupun domestik. Semakin banyak turis yang datang untuk berkunjung ke sebuah negara, maka semakin banyak devisa yang akan mengalir ke negara itu.

4. Pinjaman luar negeri.

Pendapatan devisa lainnya yakni dengan pinjaman luar negeri. Pinjaman luar negeri menjadi salah satu sumber devisa suatu negara, terlebih negara yang sedang berkembang. Negara-negara yang pada umumnya bergantung dari bantuan luar negeri selain sebagai sumber-sumber dsb.

5. Hibah atau hadiah dari luar negeri

Hibah atau hadiah merupakan sumber devisa yang sifatnya tidak memikat. Hibah bisa bersumber dari dalam negeri ataupun luar negeri.

6. Adanya warga negara yang bekerja di luar negeri

Salah satu sumber devisa ialah adanya dana yang bersumber dari warga negara yang bekerja di luar negeri, misalnya TKI atau TKW. Pekerja itu bisa untuk memberikan peranan yang besar untuk mendapatkan devisa dengan cara uang yang ditransfer dari asal negara dia bekerja.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Apa itu Devisa: Pengertian, Jenis, Fungsi, Tujuan, Sumber semoga bermanfaat

Baca Juga :