√14 Cara Mendidik Anak Dengan Baik dan Benar

Diposting pada

Tips sukses mendidik anak yng baik mepunyai banyak metode. Seberapa besar tingkat kesuksesan dar metode yang terapkan tentuk tergantung dari seberapa efektif masinng-masing orang tua dalam memberikan kontribusi kepada anakny. Agar tidak membingungkan dalam memberikan arahan untuk anak. Berikut ini ialah beberapa cara mendidikan aank yang baik dan benar.

√14 Cara Mendidik Anak Dengan Baik dan Benar

  1. Bersikap lembut dan juga tunjukan kasih sayang yang tulus.

Sebagai orang tua, mestinya selalu bersikap lembut kepada anak ialah hal yang mutlak yang wajib dilakukan. Karena hanya dengan tutur kata yang lembut, seorang anak akan mendengarkan perkataan dari orangtunay. Selain dituntut guna bersikap lembut kepaa anak, orang tua juga harus dapat memberikan kasih sayang yang tulus dan utuh kepada anak . salah satu contoh ialah dengan mengatakan kepada anak bahwa anda sangat menyayanginya.

  1. Jadilah pendengar yang baik dan berikan dukungan.

Mungkin anak anda pernah merasakan di olok oleh teman sebayanya. Pasti sebaian orang tua yang baik, cobalah utnuk melakukan pendekatan agas si anak mau bercerita. Di saat seperti itu anda di tuntut agar menjadi pendengar yang baik dan mampu mendengarkan semua keluh kesah si kecil.

Berikanlah dukungan yang positif dan bekalilah ia dengan skill untuk menghindari bersosialisasi dengan baik. Sebagi contohnya anda bisa mengajarkan anak anda untuk menghindari sebuah ejekan dari temannya.

  1. Bangun kreatifitas

Dengan bermain bersama mengajarkan anak bukan berarti kita harus selalu membaut perturan baru yang tidak menyenangkan baginya, akan tetapi anda juga bisa dengan cara bermain bersama. Biarkan ia mempelajari sesuatu dari anda dengan cara yang jauh lebih menyenangkan seperti bermain, menadi dan bermain musik bersama.

  1. Hindari menggunakan kara JANGAN.

Inilah salah satu kesalhan yang kerap dilakukan oleh orang tua. Disaat anak tengan bereksperimen yang mungkin sedikit akan membahayakan. Orang tua umumnya bekata jangan kepada anaknya. Sesungguhnya kata ini jika terlalu sering diucapkan oleh orang tua kepada anaknya justru dapat berakibat buruk yang menyebabkan sang anak tidak berkembang kreatifitasnya.

  1. Jadilah panutan dan idola untuk anak anda.

Jadilah panutan dan idola untuk anak anda pada umumnya setiap anak mempunyai idola superhero di dunia imajinasinya. Akan tetapi dunia yang sesungguhnya, ia juga pasti inging memilikinya. Anda juga sebagai orang tua sebisa mungkin mencoba untuk menjadi apa yang diinginkan sang anak dan juga selalu bisa diandalkan.

  1. Berikan rasa nyaman

Tumbuhkan rasa nyaman saat anak sedang bersama dengan anda. Ajaklah mereka untuk berdiskuksi kecil di sela-sela kebersamaan nada. Agar anak merasa nyaman, sebaiknya jangan menjadi yang merasa paling tahu segalanya shingga membuat anda paling tahu segalanya sehingga membuat anda terkesan mendominasi pembicaraannya.

  1. Tumbuhkan sikap menghormati

Ajarkan anak untuk selalu menghormai siapa pun orangnya, baik orang yang lebih tua maupun teman sebayanya. Hal ini sangat penting untuk ditumbuhkan semenjak usia dini karena di kemudian hari saat ia dewasa ia dapat berlaku hormat kepada semua orang.

  1. Ajarkan ia rasa tanggung jawab

Ingatkan dan ajarkan anak untuk selalu memiliki rasa tanggung jawab terhadap dirinya. Misalnya ialah jika telah tiba waktu solat maka ia harus bergegas berangkat ke masjid. Jika ia bertanya mengapa harus demikian. Berikanlah alasan yang bisa dipahami olehnya.

  1. Ajarkan untuk meminta maaf

Meminta maaf ialah tindakan yang mulia dan kesatria. Ajarkanlah anak anda untuk mau meminta maaf utnuk kesalahan yang mungkin ia lalkukan terhadap teman sebayanya agar ia menyadari bahwa perbuatan yang ia lakukan ialah tindakan kurang terpuji.

  1. Jangan di takut-takuti

Orang tua biasanya cenderung mengambil jalan pintas yang mudah. Selain berbohong orang tua juga kerap menakuti anaknya afar mau menurut dengan segera. Ini adalah perilaku orang tua yang keliru karena selain bisa menjadi semacam trauma, hal ini juga mengakibatkan anak menjadi tidak mandiri dan sehingga bisa mengurung kreatifnya.

  1. Jangan dibohongi

Sama halnya dengan di takut-takuti , anak yang kerap dibohongi saat masih usia belita akan mejadi terbiasa dengan kebohongan yang ditanamkan oleh orang tuanya. Saat nanti ia sudah besar ia tentu akan menganggap berbohong merupakan hal yang wajar untuk dilakukan.

  1. Jangan berkata keras

Banyak orang bilang anak itu tidak ada bedanya seperti kertas putih yang kosong. Baik tidaknya anak juga tergantung dari yang diajarkann oleh orang tua kepada anaknya. Oleh karena itucobalah utnuk sebisa mungkin menghindari perkataan yang keras, mengancam atau bahkan perkataan yang keras, mengancam bahkan meneriaki sang anak.

  1. Ajarkan keterbukaan

Disaat anda mempunyai waktu luang bersama dengan sang buah hati. Anda perlu berbindang dan cobalah utnuk mencari tahu mengenai kesehariannya. Apa saja yang ia lakukan apa yang membuat ia senang dan apa yang membuat sedih atau bahkan membauatnya bersemangat.

  1. Berikan dukungan

Tentunya seorang anak selain membutuhkan kasih sayang dan juga perhatian yang tulus, anak juga membutuhkan dukungan utama dari orang tua, karena dukunga orang tua, anak menjadi lebih percaya diri dan bersemangat dalam melakukan hal apa saja.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √14 Cara Mendidik Anak Dengan Baik dan Benar, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Baca Juga :  √Apa Yang Dimaksud Dengan Edmodo : Pengertian, Fungsi dan Kegunaannya
Baca Juga :  √Apa Yang Dimaksud Resume : Perbedaan dan Cara Membuatnya
Baca Juga :  √Unsur Komunikasi : Pengertian dan Fungsinya Lengkap
Baca Juga :  √Rumusan Masalah : Pengertian , Jenis, Fungsi , Ciri , Contoh dan Rumusan