√10 Fungsi Organ Manusia Dan Penjelasannya Lengkap

Diposting pada

kita telaah memiliki organ tubuh yang sempurna baik dari dalam maupun luar merupakan anugerah dari tuhan yang tak ternilai harganya, organ tersebut telah memiliki bentuk dan fungsinya masing masing. kita saangat membutuhkan seklai organ-organ tersebut dalam setiap proses yang terjadi di dalam tubuh kita. termasuk juga proses pecernaan. proses pencernaan manusia merupakan proses yang dibilang cukup rumit dan panjang sehinga banyak sekali melibatkan organ-organ penting didalam tubuh kita.

organ pencernaan manusia

lidah, gigi, kerongkongan, lambung, usus besar dan anus merupakan bagian dari organ pencernaan, organ-organ tersebut telah memiliki fungsinya masing-mansinf yang memudahkan proses pencernaan didalam tubuh kita.

berikut ini beberapa penjelasan mengenai organ pencernaan yang ada di dalam tubuh manusia beserta fungsi dan ciri-ciri nya.

1.gigi

ada tiga jenis gigi yang dimiliki manusia diantaranya ialah gigi seri, gigi taring dan gigi geraham. dari ketiganya memiliki ciri dan fungsi yang berbeda beda, berikut ini penjelasannya gigi seeri: jenis gigi seri ini berfungsi untu menggigit dan memmotong makanan, dikarenakan gigi seri ini memiliki bentung pahat.

gigi taring: jenis gigi ini berfungsi untuk menusuk atau menggoak makan yang akan masukkedalam mulut, ini dikarenakan gigi taring memiliki bentuk yang lancip dan runcing.

gigi geraham : jenis gigi ini berfungsi untuk mengunyah makanan, yang sebelumnya sudah di potong oleh gigi seri dan taring agar lebih mudah di kunyah, di karenakan gigi geraham ini bemiliki bentuk yang rata dan berigi.

2.lidah

makanan yang akan masuk kedalam mulut pasti akan melewati organ lidah, lidah berperan sebagai pengatur letak makanan yang akan masuk ke dalam kerongkongan dan membantu roses menelan sekaligus pengecap rasa dari makanan

3.kelenjar ludah

kelenjar ludah merupakan salah satu pencernaan yang berada di daerah rongga mulut selain lidah dan gigi. di dalam rongga mutul sendiri terdapat 3 kelenjar ludah yang berfungsi untuk menghasilkan ludah lebih kurang 2,5 liter setiap hari, yaitu kelenjar subligualis, protis, dan subimandibularis. ludah manusia mengandung macus, enzim amilase, air, dan ptialin yang berfungsi mengugan amilum menjadi maltosa, dan juga zat anti bakeri. fungsi dari lidah itu sendiri untuk yaitu untuk menjadi pelumas dari rongga mulut dan juga yang akan mencerna karbohidrat manjadi disakarida

4.kerongkongan

kerongkongan juga menjadi  penghubung antara rongga mulut dan lambung. kerongkongan ini sendiri berfungsi untuk menyalurkan makanan ke lambung. dua bagian yang dimiliki kerongkongan yaitu bagian faring dan esophagus.

5.lambung

lambung merupakan salah satu dari alat pencernaan manusia setelah kerongkongan, menurut dari salah satu sumber lambung dapat menampung 1 hingga 2 liter makanan, dinding lambung tersusun dari otot polas yang fungsinya sebagari penggerus makanan, otot-otot inilah yang memecah makanan hingga tercampur bersama dengan getah lambung

6.usus halus

usus halus merupakan salah satu organ dari pencernaan, usus halus itu sendiri memiliki kira-kira panjang 7 sampai 9 meter. ada tiga bagian dari usus halus atau disebut juga usus duabelas jariyang memiliki panjang sekitar 2 meter, serta usus penyerapan atau ileum memiliki panjang kurang lebih 3,5 meter. usus 12 jari terdapat sebuah lubang yang dapat menghubungkan dengan saluran getah pankreas dan seluruh empedu

7.usus 12 jari

merupakan usus halus yang terletak setelah lambung, panjang antara 25-38 cm. usus duabelas jari perupakan bagian yang terpendek dari usus halus, dimana dari bulbo duodenale dan berakhir di ligmntum treitz

8.usus besar

usus besar terbai menjadi beberapa bagian diantaranya yaitu usus besar naik, usus besar melintang, dan usus besar turun. disinilah sisa-sia makanan akan mengalami pembusukan.

bakteri escheichia cola ini yang membanu proses pembusukan dalam usus besar. sisa makanan tesebut yang berupa air dan juga garam mineral akan disera kembali oles susu besar.

9.sekum

sekum merupakan bagian pertama dari usus besar, yang akan menghubungkan ileum atau bagian akkhir dari usus kecil dengan usus asenden. letak sekum berada di kanan bawah perut, asal kata nama sekum ialah caecus.

10.anus

pintu terakhir dari proses panjang pencernaan ialah anus, fngsi dari anus ialah pembuangan fases. fases terbentuk yang didorong dengan gerak yang disebut peristaltik agar bergerak ke poros usur atau tectum

 

demikian tadi artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai organ tubuh, semoga dapat menambah wawasan anda.

baca juga artikel dibawah ini;

Baca Juga :  √Farmakologi : Pengertian, Cabang Farmakologi Dan Sejarah Farmakologi Secara Lengkap
Baca Juga :  √Pendidikan Kewarganegaraan (PPKN) : Pengertian , Kerangka Pikir Dan Tujuan Pebelajaran
Baca Juga :  √Kekuasaan Negara : Macam, Konsep Dan Pembagiannya Lengkap
Baca Juga :  √Gempa Bumi : Pengertian Gempa Bumi Teknonik Dan Vulkanik