Kelebihan Kopi Robusta

Diposting pada

Penngertian Kopi Robusta

Kopi Robusta merupakan keturunan beberapa spesies kopi, terutama Coffea canephora. Tumbuh baik di ketinggian 400-700 m dpl, temperatur 21-24° C dengan bulan kering 3-4 bulan secara berturut-turut dan 3-4 kali hujan kiriman. Kualitas buah lebih rendah dari Arabika dan Liberika.

Kelebihan-Kopi-Robusta


Kelebihan Kopi Robusta

Kelebihan kopi robusta adalah dapat menyembuhkan penyakit diabetes yang akan diamputasi, cukup ditaburi pada bagian yang luka. Selain itu dapat dinikamati bagi orang yang mempunyai penyakit diabetes, hanya dengan meminumnya secara rutin tetapi tidak berkelebihan, bisa dinikmati oleh orang yang mempunyai penyakit darah rendah.

Bagi wanita kopi robusta bisa meningkatkan kecerdasan dan bagi pria bisa menigkatkan gairah seksualitasnya. Robusta adalah kopi yang paling kuat, dari aroma, rasa, hingga efek sulit tidur dan debar jantung yang berlebihan Kopi robusta ini memiliki wangi yang keras dibandingkan dengan kopi arabika. Kopi arabika di datangkan dari perkebunan kopi yang ada di daerah Aceh, Medan, Jawa dan Toraja. Sedangkan Robusta di datangkan dari Bengkulu dan Lampung.


Manfaat Kopi Herbal

Kopi herbal adalah kopi yang berasal dari kumpulan ramuan rempah-rempah dan tanaman herbal yang berkhasiat untuk tubuh. Karena racikannya khusus diramu oleh ahli herbal yang sudah berpengalaman, maka kopi herbal tetap terasa lezat dan penuh aroma saat diminum.

Kopi herbal memiliki manfaat antara lain:

  • memberi rasa hangat pada tubuh si peminumnya
  • menghilangkan sakit akibat masuk angin
  • melancarkan peredaran darah
  • mengatasi pegal linu.
  • membersihkan saluran pernapasan
  • menambah stamina tubuh
Baca Juga :  Hakikat Ideologi

Perbedaan Antara Biji Kopi Arabika dan Robusta


  • Biji Robusta

Biji Kopi Robusta yang merupakan bahan untuk membuat kopi rasa buahtumbuh lebih baik dan lebih mudah untuk panen dari biji kopi Arabika, hal ini dikarenakan Tanaman kopi ini kurang sensitif terhadap iklim sehingga mereka akan selalu menjadi jaminan panen. Tanaman ini akan menghasilkan lebih banyak buah daripada Arabika.

Akan tetapi minuman yang dihasilkan oleh biji ini rasanya pahit dan asam. Tetapi Biji Robusta memiliki Cafeine yang tinggi.


  • Biji Kopi Arabika

Biji Kopi Terbaik ini tumbuh di dataran tinggi dan sangat halus dalam proses panen. Karena perawatan yang terus-menerus dalam fase pertumbuhan, biji ini menawarkan rasa jauh lebih lezat dan luar biasa.  Anda sering melihat biji kopi Arabika diberi label sebagai kopi berkualitas, tetapi memiliki kadar cafeine yang lebih rendah dari Kopi Robusta. Biji kopi Arabika adalah yang paling langka dan bernilai dalam berbagai kopi dan dapat ditemukan di daging panggang khusus yang lebih canggih.


Kandungan Kopi Herbal

Bahan-bahan yang terkandung di dalam ramuan kopi herbal antara lain, adalah:


  • Jahe atau Zingiber officinale

Rempah-rempah yang berbentuk umbi ini banyak digunakan di dalam resep masakan tradisional indonesia. Termasuk di dalam aneka minuman tradisional Indonesia seperti wedang jahe, bandrek, sekoteng, dan sebagainya.

Hampir seluruh dunia mengenal jahe dan khasiatnya yang mampu menghangatkan tubuh, dan meningkatkan nafsu makan dengan cara merangsang kelenjar pencernan, mencegah rasa mual dan keinginan untuk muntah saat pencernaan terganggu karena mabuk kendaraan atau pada wanita yang sedang ngidam, serta sejumlah manfaat lainnya.


  • Jintan Hitam /Habatussauda/ Nigela sativa

Jintan hitam memiliki kandungan gizi yang berkhasiat untuk membangkitkan stamina, menjaga dan membangun sistem imun tubuh serta membantu memulihkan tubuh sehabis sakit dan menjaga stamina.

Baca Juga :  Kerajaan Islam Demak

Kandungan monosakarida yang banyak terdapat di dalam jintan hitam ini, berguna sebagai sumber tenaga untuk tubuh anda. Bahkan Rasulullah saw pernah bersabda dalam sebuah hadits tentang khasiat jintan atau habbatussauda ini. Dengan menyatakan bahwa habbatussauda adalah obat dari segala macam penyakit kecuali kematian.


  • Kapulaga/ Amomum cardamomum

Kapulaga sering digunakan dalam dunia farmasi sebagai bahan dasar obat. Khasiatnya antara lain adalah untuk mengatasi rematik, kejang pada perut, kembung, sakit perut, bau mulut tak sedap, radang pada lambung, influenza, dan lain-lain. Bahkan kapulaga juga berkhasiat untuk mengatasi masalah keropos tulang.


  • Ginseng atau panax

Selama berabad-abad, ginseng dikenal sebagai bahan obat di dalam dunia medis Tiongkok dan Korea.

Khasiatnya banyak sekali, diantaranya adalah untuk menambah stamina, mengurangi rasa lelah, membantu sistim pencernaan, berkhasiat mencegah diabetes dan juga meningkatkan sistim imun tubuh lewat kandungan polisakarida yang ada di dalam umbinya.


  • Taurine

Taurine adalah sejenis asam organik yang berguna sebagai tambahan nutrisi otak. Gunanya adalah untuk metabolisme tubuh, dan sebagainya.

Semua bahan pelengkap kopi herbal ini, dapat kita temukan dengan mudah di tanah air kita. Indonesia yang kaya akan sumber daya bahan baku kopi rempah. Sebagai bukti bahwa peluang pasar kopi herbal masih terbuka lebar hingga kini


Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Kelebihan Kopi Robusta : Pengertian, Manfaat, Perbedaan, Kandungannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.