√Dampak Korupsi Bagi Negara Beserta Sejarahnya

Diposting pada

sejarah kosupsi di indonesia

catatan panjang tentang kosupsi di indonesia telah dimulai sebleum indonesia merdeka. Pada masa kerajaan, korupsi sudah banyak terjadi, biasanya karena motif perebutan kekuasaan. Bahkan sejarah menyebutkan bahwa runtuhnya kerajaan besar di indonesia seperti sriwijaya dan junga singasari di latarbelakangi oleh korupsi pada masa itu. Pasa masa itu, masyarakat belum mengenal korupsi. Korupsi di dominasi oelh kalangan raja dan juga sultan dari kerajaan tertentu dan lingkupnya belum menyebar ke luar kerajaan.

√Dampak Korupsi Bagi Negara Beserta Sejarahnya

Dampak korupsi

Korupsi adalah tindakan yang tidak bisa dibenarkan dilihat dari aspek manapun. Banyak kepentingan publik yang terbengkalai, dan juga kerugian negara yang sangat besar akibat dari korupsi itu sendiri. Selain itu juga, korupsi juga memberikan daptak negarif bagi berbagai bidang, diantaranya:

  1. Bidan demokrasi

Dampak korupsi bagai negara yang utama ialah bidang demokrasi. Bagai anda yang pernah menjadi dewam pemilihan tetap saat pesta demokrasi berlangsung pasti pernah mengetahui yang disebut “serangan fajar”. Sejumlah calon tentu memberikan imbalan uang bagi siapa saja yang memilih nya saat pemilu, sehingga ia terpilih menduduki jabatan tertentu. Pemberian imbalan uang tersebut sifatnya ialah sogokan.

  1. Bidang ekonomi

Maju tidaknya satu negara bisa diukur dengan tingkat ekonomi negara tersebut. Dan penelitian juga telah membuktikan, makin maju suatu negara biasanya dikuti dengan makin rendahnya tingkat korupsi negara ersebut. Korupsi memang dapat terjadi di negara-negara berkembang. Maka tidak heran, apabila negara-negara berkembang mempunyai perekonomian yang tidak baik dan relatif tidak stabil. Bahkan pada beberapa kasus, sering ditemukan perusahaan yang mempunyai koneksi dengan pejabat mampu bertahan dan dilindungi dari segala macam persaingan. Akibatnya, perusahaan yang tidak efisien bertahan dan justru merugikan perekonomian negara.

  1. Bidang keselamatan dan kesehatan manusia

Anda mungkin masih mengingat robohnya jembatan kutai kertanegara. Masih ada kasus lain mengenai kerusakan fasilitas publik yang juga menimbulkan korban jiwa. Selailn itu juga, ada pekerja-pekerja fasilitas publik yang mengalami kecelakaan kerja. Ironisnya, kejadian tersebut diakibatkan oleh korupsi. Bukah rahasia lagi jika dana untuk membangun infrastruktur publik ialah dana yang sangat besar apabila di lihat dalam catatan. Nyatanya saat dana tersebut melewati para pejabat pemerintahan, dana tersebut mengalami pangkas sana-sini sehingga dalam pengerjaan infrastruktur tersebut menjadi minim keselamatan.

  1. Bidang kesejahteraan

Dampak korupsi dalam bidang ekonomi lainnya ialah tidak adanya kesejahteraan umum. Anda pasti sering meprhatikan tanyangan televisi pembuatan peratuan baru oleh pemerintah. Dan tidak jarang juga saat dicermati peraturan tersebut ternyata justru lebih memihak kepada perusahaan besar yang mempu meberikan keuntungan untuk para pejabat. Akibatnya, perusahaan kecil dan juga industri menengah tidak mampu bertahan dan membuat kesejahteraan masyarakat umum terganggu.

  1. Pengikisan budaya

Dampak ini dapat terjadi pada pelaku korupsi juga pada masyarakat umum. Bagi pelaku korupsi ia akan di kuasai oleh tasa tak pernah cukup. Ia akan terus menerus melakukan upaya untuk menguntungkan diri sendiri sehingga lampat laun ia akan menuhankan materi. Bagi masyarakat umum, tingginya tingkat korupsi, lemahnya tingkat penegakan hukum, akan memembuat masyarakat meninggalkan budaya kejujuran dengan sendirinya. Pengaruh dari luar akan membentuk kepribadian yang tamak, hanya peduli pada materi dan juga tidak takut pada hukum.

  1. Terjadi krisis kepercayaan

Dampak korupsi bagi negara yang paling pentng ialah tidak adanya kepercayaan terhadap lembaga pemerintah. Sebagai pengamat, masyarakat indonesia saat ini telah semakin cerdas untuk menilai sebuah kasus. Berdasarkan pengamatan, saat ini masyarakat indoensia tidak pernah merasa puas dengan tindakan hukum kepada para koruptor. Banyak koruptor yang menyelewengkan materi dalam jumlah yang tidak sedikit, akan tetapi hanya memperoleh hukuman tidak seberapa. Akibatnya, rakyat tidak lagi percara pada proses hukum yang berlaku.

demikialanlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Dampak Korupsi Bagi Negara Beserta Sejarahnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √Daerah Otonom : Pengertian, Tujuan dan Asas
Baca Juga :  √Contoh Wilayah Ekstrateritorial Beserta Pengertiannya
Baca Juga :  √Asas Hukum Tata Negara: Pengertian,Tujuan,Fungsi,Dan Asas-asas.
Baca Juga :  √Bentuk Bela Negara: Pengertian, Tujuan, Fungsi dan Manfaatnya