Candi Yang Ada Di Jawa Timur

Diposting pada

Perbedaan Candi Jawa Tengah dan Jawa Timur

Candi-candi di Indonesia dibedakan antara Candi Jawa Tengah dan Candi Jawa Timur. -Adapun perbedaan-perbedaan terpenting arsitektur candi-candi Jawa Tengah dan Jawa Timur, yaitu sebagai berikut.


Arsitektur candi Jawa Tengah

  • Bentuk bangunannya tambun
  • Atapnya berundak-undak
  • Puncaknya berbentuk stupa
  • Gawang pintu dan relung berhiaskan¬†kalamakara¬†
  • Reliefnya timbul agak tinggi dan lukisannya naturalis
  • Letak candi di tengah halaman
  • Bahan candi umumnya terbuat dari batu andesit

Arsitektur Candi Jawa Timur

  • Bentuk bangunannya ramping
  • Atapnya merupakan perpaduan tingkatan
  • Puncaknya berbentuk kubus
  • Pintudan relung hanya ambang atasnya saja yang diberi kepala kara
  • Reliefnya timbul sedikit saja dan lukisannya simbolis menyerupai wayang
  • Letak candi di bagian belakang halaman
  • Bahan candi umumnya terbuat bata.

  1. Candi Badut

Candi-Yang-Ada-Di-Jawa-Timur

Candi ini berjarak kurang lebih 5km dari kota Malang. Candi yang memiliki nama lain candi Liswa ini ditemukan tahun 1923 oleh para arkeolog Belanda. Candi ini adalah candi tertua di wilayah Jawa Timur. Candi ini memiliki relief yang mirip dengan candi di Jawa Tengah.


  1. Candi Bajangratu

Candi-Yang-Ada-Di-Jawa-Timur

Candi ini terletak di kota Mojokerto. Masih banyak data yang belum diketahui mengenai candi ini seperti tahun pembangunan, raja yang memerintah, fungsi candi ingin dibangun, dan beberapa informasi perting lainnya. Keunikan candi ini adalah bentuknya yang menjulang tinggi dan sangat ramping. Seluruh bangunan candi dibuat dari batu bata merah. Oleh sebab itu dari kejauhan warna merah yang mencolok menjadi daya tarik tersendiri bagi candi ini.

Baca Juga :  Pengertian Jamur

  1. Candi Brahu

Candi-Yang-Ada-Di-Jawa-Timur

Candi Brahu juga terletak di daerah Mojokerto, Jawa Timur. Candi ini tidak seramping candi Bajangratu. Ketika ditemukan, di candi ini juga terdapat beraneka peralatan upacara agama Budha. Jadi dapat disimpulkan candi Brahu adalah candi agama Budha.


  1. Candi Jago

Candi-Yang-Ada-Di-Jawa-Timur

Candi berjarak lebih kurang 22km di sebelah timur kota Malang. Candi ini cukup luas, yaitu 322 meter persegi. Sayang atap candi sudah hilang, jadi tidak bisa diketahui berapa tinggi candi yang sesungguhnya. Candi Jagho memiliki relief yang rapi dan teratur. Relief pada candi tersebar dari kaki candi sampai ke tempat teraratas yang terdapat di candi ini. Relief pada candi ini menggambarkan cerita tentang pelepasan kepergian seseorang yang telah wafat.


  1. Candi Kidal

Candi-Yang-Ada-Di-Jawa-Timur

Candi Kidal terletak di Desa Rejokidal, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, tepatnya sekitar 20 km ke arah timur dari kota Malang. Candi ini dapat dikatakan merupakan candi pemujaan yang paling tua di Jawa Timur, karena pemerintahan Airlangga (11-12 M) dari Kerajaan Kahuripan dan raja-raja Kerajaan Kediri (12-13 M) hanya meninggalkan Candi Belahan dan Jalatunda yang merupakan petirtaan atau pemandian.


  1. Candi Panataran

Candi-Yang-Ada-Di-Jawa-Timur

Candi Panataran terletak di lereng barat daya Gunung Kelud, sekitar 12 km ke arah utara dari Kota Blitar, tepatnya di Desa Panataran, Kecamatan Ngleggok, Kotamadya Blitar. Candi ini merupakan sekumpulan bangunan kuno yang  berjajar dari barat-laut ke timur kemudian berlanjut ke tenggara, menempati lahan seluas 12.946 m2.


  1. Candi Singasari

Candi-Yang-Ada-Di-Jawa-Timur

Candi Singasari terletak di Desa Candi Renggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, kurang lebih 9 Km dari kota Malang ke arah Surabaya. Candi ini juga dikenal dengan nama Candi Cungkup atau Candi Menara, nama yang menunjukkan bahwa Candi Singasari adalah candi yang tertinggi pada masanya, setidaknya dibandingkan dengan candi lain di sekelilingnya. Akan tetapi, saat ini di kawasan Singasari hanya candi Singasari yang masih tersisa, sedangkan candi lainnya telah lenyap tak berbekas.

Baca Juga :  Pengertian Kebijakan Moneter

  1. Candi Surawana

Candi-Yang-Ada-Di-Jawa-Timur

Candi Surawana terletak di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, sekitar 25 km arah timur laut dari Kota Kediri. Candi yang nama sesungguhnya adalah Wishnubhawanapura ini diperkirakan dibangun pada abad 14 untuk memuliakan Bhre Wengker, seorang raja dari Kerajaan Wengker yang berada di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit. Raja Wengker ini mangkat pada tahun 1388 M. Dalam Negarakertagama diceritakan bahwa pada tahun 1361 Raja Hayam Wuruk dari Majapahit pernah berkunjung bahkan menginap di Candi Surawana.


  1. Candi Wiringi Minlawang

Candi-Yang-Ada-Di-Jawa-Timur

Candi Wringinlawang terletak di Dukuh Wringinlawang, Desa Jati Pasar, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, tepatnya 11 km dari Mojokerto ke arah Jombang. Konon dahulu di dekat candi terdapat pohon beringin yang besar sehingga candi ini dinamakan Candi Wringinlawang (dalam bahasa Jawa, wringin berarti beringin, lawang berarti pintu).


  1. Candi Tikus

Candi-Yang-Ada-Di-Jawa-Timur

Candi Tikus terletak di di dukuh Dinuk, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, sekitar 13 km di sebelah tenggara kota Mojokerto. Dari jalan raya Mojokerto-Jombang, di perempatan Trowulan, membelok ke timur, melewati Kolam Segaran dan Candi Bajangratu yang terletak di sebelah kiri jalan. Candi Tikus juga terletak di sisi kiri jalan, sekitar 600 m dari Candi Bajangratu.


Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Candi Yang Ada Di Jawa Timur : Peradaban, Arsitektur, Bandut, Bajangratu, Brahu, Jago, Kidal, Panataran, Singasari, Surawana, sesemoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.