√Zat Adiktif : Pengertian, Dampak Dan Macam Contohnya

Diposting pada

Pasti Sering kali kita mendengar kata zat adiktif, dikalau kita melihat berita ditelevisi tentang  narkoba dan minum-minuman keras pasti kita pernah mendengar kata zat adiktif, karena narkoba dan minum-minuman keras mengandung zat adiktif.,marilah simak ulasan yang ada dibawah berikut ini.

Zat Adiktif
Zat Adiktif

Pengertian Zat Adiktif

Daftar Isi Artikel Ini

Zat adiktif merupakan  zat tambahan yang biasanya ada pada sebuah makanan, minuman, maupun obat–obatan. Pemakaian zat adiktif berskala panjang  akan mengakibatkan adiksi atau kecanduan.

Macam-Macam Zat Adiktif

  1. Inhalasin

Inhalasin dapat ditemukan  pada larutan yang sangat mudah menguap ketika di hirup seperti cat semprot,lem. Dapat juga  ditemukan pada  gas nitrous oksida dan zat anestesi  contohnya: eter dan kloroform. Pemakaian dalam jangka panjang dapat menyebabkan pusing yang tidak tertolong dan  mengakibatkan sampai pingsan,bahkan bahayanya meninggal dunia.

  1. Nikotin

Nikotin ini terkandung dalam tembakau yang kemudian dibuat menjadi rokok. Rokok sangat berbahaya dikarena dapat menyebabkan penyakit kangker, serangan jantun, impoten, bronkitis, emfisema, infeksi tenggorokan, dan noda nikotin pada gigi dan lainnya.

  1. Kafein

Zenis zat kafein satu ini terkandung dalam teh atau kopi dalam kadar yang rendah. Kafein  sangat berkhasiat untuk memperbaiki susunan pada syaraf pusat sehingga memunculkan efek menghilangkan rasa lapar, letih, dan mengantuk. Mengonsumsi dalam jangka panjang  dapat menyebabkan kecanduan, gangguan ginjal dan jantung  berhenti berkerja serta menyebabkan kematian. Contohnya : Kopi

  1. Narkoba

Narkoba(Narkotika, Psikotropika dan  Obat obatan Adiktif berbahaya lainnya )Adalah  Zat yang  apabila dikonsumsi pada  tubuh manusia, baik dengan cara disemprot,diminum, dihirup, ataupun disuntik, dapat  menyebabakan; mengubah pikiran atau berhalusinasi, suasana hati atau perasaan menjadi kacau, dan perilaku seseorang secara mendadak. Narkoba bisa menimbulkan ketergantungan (adiksi) fisik dan psikologis. Contohnya : Ganja

Dampak Zat Adiktif

  1. Dampak Penyalahgunaan Minuman Alkohol

Alkohol yang terdapat pada  minuman keras harus dihindari, karena bisa menganggu kinerja jantung dan otot syaraf ,sehingga melemahkan metabolisme tubuh yang mengakibatkan mudah terserang penyakit.

  1. Efek/Dampak Penyalahgunaan Ganja

Zat yang ada didalam ganja sangat amat berbahaya karena dapat mengakibatkan daya tahan (imuno) tubuh berkurang dan melemah sangat cepat sehingga mudah terjangkit berbagai macam penyakit dan infeksi serta memperlambat aliran darah coroner,dan dapat menyebabkan kematian.

  1. Efek/Dampak Penyalahgunaan Halusinogen

Halusinogen yang terdapat pada tubuh manusia dapat mengakibatkan pendarahan pada otak yang dapat menyebabkan kematian.

 

demikian lah tadi artikel dari duniapendidikan.co.id semoga dapat menambah wawasan anda.

baca juga artike dibawah ini;

Read More  √Refrigerasi : Pengertian, Prinsip, Kompunen Dan Syarat Secara Lengkap
Read More  √Revolusi Bumi : Pengertian, Manfaat, Akibat Dan Proses
Read More  √Gempa Bumi : Pengertian Gempa Bumi Teknonik Dan Vulkanik
Read More  √Silvikultur : Pengertian, Fungsi, Sistem dan Fase Secara Lengkap