√Undang Undang Anti Korupsi: Pengertian, Macam dan Asas

Diposting pada

Kali ini DuniaPendidikan.co.id Akan membahasa tentang Undang-Undang Anti Korupsi: Pengertian Macam-macam Dan asas-asasnya.

√Undang Undang Anti Korupsi: Pengertian, Macam dan Asas

Pasti kalian tahu atau pernah dengar kata Korupsi, Korupsi sendiri berasal dari bahasa belanda yaitu corruption yang artinya tindakan pejabat publik, baik politisi ataupun pegawai negeri, serta pihak lain yang terlibat dalam tindakan itu yang secara tidak wajar serta tidak legal menyalahgunakan kepercayaan publik yang dikuasakan pada mereka untuk mendapatkan keuntungan sepihak, nah kali ini dunia pendidikan membahasa anti kuropsi simak hal berikut ini.

Pengertian

Antikorupsi merupakan sikap dan perilaku untuk tidak mendukung adanya upaya untuk merugikan keuangan negara serta perekonomian negara. Dengan kata lain, antikorupsi adalah sikap menentang terhadap adanya tindakan korupsi. Tentunya kamu tahu bahwa tindakan korupsi adalah salah satu tindak pidana yang sangat menyengsarakan rakyat karena menyalahgunakan atau menyelewengkan uang milik negara . Tindakan seperti ini sangat merugikan sistem perekonomian serta pembangunan nasional.

Selain itu, memengaruhi juga pada sendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, terutama pada meningkatkan sumber daya manusia yang bermoral dan ber tanggung jawab. Oleh karena itu, tindak pidana korupsi bukanlah tindak pidana biasa. Untuk menanggulangi upaya tindak pidana korupsi, dalam pelaksanaannya perlu ditangani secara serius dan benar-benar ditegakkan tanpa rasa ampun

Macam-macam Undang-undang Anti Korupsi

 Berikut DuniaPendidikan.co.id akan menjelaskan macam-macam Undang-undang Anti Korupsi:

  1. Undang Undang Nomor 28 Tahun 1999 tanggal 19 Mei 1999, Mengenai Penyelenggaraan Negara Yang Bersih Dan Bebas Dari Korupsi, Kolusi, Dan Nepotisme.

2.Undang-Undang No. 8 Tahun 1981 Mengenai Kitab Undang Undang Hukum Acara Pidana.

  1. Undang-Undang No. 31 Tahun 1999 Mengenai Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
  2. Peraturan Pemerintah No 71 Tahun 2000 Mengenai Tata Cara Pelaksanaan Peran Serta Masyarakat dan Pemberian Penghargaan Dalam Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
  3. Undang-Undang No. 20 Tahun 2001 Mengalami Perubahan atas UU Nomor 31 tahun 1999 Mengenai Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
  4. Undang-Undang No. 30 Tahun 2002 Mengenai Komisi Pemberantasan Kepada Tindak Pidana Korupsi.
  5. Undang-Undang No. 8 Tahun 2010 Mengenai Tindak Pidana Pencucian Uang.
  6. Peraturan Pemerintah No. 63 Tahun 2005 Mengenai Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia terhadap KPK.
  7. Undang-Undang No. 46 Tahun 2009 Mengenai Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.
  8. Peraturan Pemerintah No. 103 Tahun 2012 Mengalami Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No. 63 Tahun 2005 Mengenai Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia terhadap KPK.
  9. Undang-Undang No. 6 Tahun 2011 mengenai Keimigrasian.

Asas-asas

Berikut ini DuniaPendidikan.co.id akan Menjelaskan Asas asas Anti Korupsi simak hal berikut ini:

  1. Kepastian Hukum

Kepastian hukum adalah asas yang ada dalam sebuah negara hukum yang mengutamakan landasan peraturan perundang-undangan, kepatutan, dan keadilan dalam setiap kebijakan menjalankan tugas serta wewenang Komisi Pemberantasan Korupsi.

  1. Keterbukaan

Keterbukaan adalah asas yang membuka diri pada hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar, jujur, dan tak diskriminatif mengenai kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menjalankan tugas dan wewenangnya.

  1. Akuntabilitas

Akuntabilitas adalah asas yang menentukan bahwa setiap kegiatan Komisi Pemberantasan Korupsi harus bisa dipertanggungjawabkan kepada masyarakat sebagai pemegang kedaulatan tertinggi negara.

  1. Kepentingan Umum

Kepentingan umum adalah asas yang mendahulukan kesejahteraan umum dengan cara yang aspiratif, akomodatif, dan selektif Masyarakat memiliki kewajiban untuk memonitor kegiatan pemerintah.

  1. Proporsionalitas

Proporsionalitas adalah asas yang mengutamakan terhadap keseimbangan antara tugas, wewenang, tanggung jawab, serta kewajiban Komisi Pemberantasan Korupsi.

Demikianlah Artikel tentang Anti Korupsi dari DuniaPendidikan.co.id semoga Ilmu ini dapat di amalkan dan digunakan dengan bijak.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Undang Undang Anti Korupsi: Pengertian, Macam dan Asas, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Read More  √Pengertian Ideologi Sosialisme: Sejarah, Ciri, Kelebihan dan Kekurangannya
Read More  √Pengertian Gubernur: Pengertian, Tugas, Wewenang, dan Kewajibannya
Read More  √Makna Integrasi Nasional: Pengertian, Faktor, Syarat, dan Klasifikasinya
Read More  √Konferensi Asia Afrika dan Peran Indonesia: Latar Belakang, Sejarah, Pelaksanaan, Tujuan, Pokok Pembahasan, Hasil dan Pengaruhnya