√ Tugas Dan Fungsi Komnas Ham : Pengertian Beserta Tujuan

Diposting pada

1. Pengertian Komnas Ham

Pengertian Komnas HAM ialah lembaga mandiri yang kedudukannya setingkat dengan lembaga negara lainnya. Komnas HAM juga lembaga yang didirikan untuk melindungi hak-hak asasi dari pelanggaran HAM yang dilakukan. Pelanggaran HAM ialah perbuatan seseorang maupun kelompok orang, baik disengaja ataupun yang tidak disengaja atau juga kelalaian yang secara melawan hukum mengurangi, membatasi, menghalangi maupun mencabut hak asasi manusia seseorang ataupun kelompok orang yang dijamin oleh undang-undang.

√ Tugas Dan Fungsi Komnas Ham : Pengertian Beserta Tujuan

2. Tujuan Komnas HAM

terdapat 2 tuuan komnas ham sebagai berikut yakni :
1).Mengembangkan kondisi yang harus kondusif bagi pelaksanaan hak asasi manusia dengan pancaila, Undang-Undang Dasar 1945 serta piagam PBB dan Deklarasi Universal HAM.
2).Meningkatkan perlindungan serta penegakan hak asasi manusia yang guna mengembakembangkan pribadi manusia Indonesia seutuhnya atau kemampuannya untuk berpartisipasi dalam berbagai bidang kehidupan.
Tujuan Komnas HAM ini dibentuk oleh pemerintah yang semata mata untuk melindungi warganya dan mendapatkan hak sebagai manusia seutuhnya.

3.Tugas serta Wewenang Komnas HAM

Untuk melakukan fungsinya, Komnas HAM juga memiliki tugas serta wewenang sebagai berikut yakni :

a) Fungsi Pengkajian serta Penelitian

Untuk melaksanakan fungsi ini Komnas HAM juga mempunyai tugas serta wewenang. Tugas dan wewenang Komnas HAM ialah sebagai berikut.
– Melakukan pengkajian serta penelitian berbagai instrumen internasional, hak asasi manusia juga memiliki tujuan memberikan saran kemungkinan aksesi ataupun ratifikasi
– Melakukan pengkajian serta penelitian berbagai peraturan perundang-undangan yang memberikan rekomendasi mengenai pembentukan dan perubahan serta pencabutan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan hak asasi manusia.
– Penerbitan hasil pengkajian serta penelitian.
– Studi kepustakaan dan studi lapangan serta studi banding di negara lain mengenai hak asasi manusia.
– membahas berbagai masalah yang berkaitan dengan perlindungan dan penegakan serta pemajuan hak asasi manusia.
– Kerja sama pengkajian serta penelitian dengan organisasi, lembaga maupun pihak lainnya, baik tingkat nasional, regional atau internasional dalam bidang hak asasi manusia.

b) Fungsi Penyuluhan

untuk melakukan fungsi penyuluhan, Komnas HAM bertugas serta berwenang untuk:
– melakukan penyebar luas wawasan mengenai hak asasi manusia kepada masyarakat di Indonesia.
– Melakukan upaya peningkatan kesadaran masyarakat tentang hak asasi manusia yang melalui lembaga pendidikan formal ataupun nonformal serta berbagai kalangan lainnya.
– Melaksanakan kerja sama dengan organisasi, lembaga ataupun pihak lainnya baik di tingkat nasional dan regional maupun internasional dalam bidang hak asasi manusia.

c) Fungsi Pemantauan

Untuk melakukan fungsi pemantauan, Komnas HAM mempunyai tugas serta wewenang sebagai berikut yakni :
– Melaksanakan pengamatan terhadap pelaksanaan hak asasi manusia serta penyusunan laporan hasil pengamatan tersebut.
– Melakukan penyelidikan serta pemeriksaan terhadap peristiwa yang timbul di dalam masyarakat yang berdasarkan sifat ataupun lingkupnya yang patut diduga terdapat pelanggaran hak asasi manusia.
– Melakukan pemanggilan saksi untuk diminta serta didengar kesaksiannya, atau kepada saksi pengadu diminta menyerahkan bukti yang diperlukan.
– Melakukan peninjauan di tempat kejadian serta tempat lainnya yang dianggap perlu ataupun tempat mencurigakan.
– Melaksakan pemanggilan terhadap pihak yang terkait untuk memberikan keterangan secara tertulis maupun menyerahkan dokumen yang diperlukan sesuai aslinya dengan persetujuan Ketua Pengadilan.
– Melaksanakan pemeriksaan setempat terhadap rumah, pekarangan, bangunan serta tempat lainnya yang diduduki maupun dimiliki pihaktertentu dengan persetujuan Ketua Pengadilan.
– Memberikan pendapat berdasarkan persetujuan Ketua Pengadilan terhadap perkara tertentu yang di dalam proses peradilan, dan dimana dalam perkara tersebut terdapat pelanggaran hak asasi manusia didalam masalah publik serta acara pemeriksaan oleh pengadilan yang kemudian mendapat Komnas HAM tersebut wajib di beritahukan oleh hakim kepada para pihak.

d) Fungsi Mediasi

Tugas serta wewenang Komnas HAM dalam melaksanakan fungsi mediasi ialah sebagai berikut.
– Melakukan perdamaian kepada kedua belah pihak.
– Melaksanakan penyelesaian terhadap perkara melalui cara konsultasi, negosiasi, mediasi, konsiliasi, serta penilaian ahli.
– Melakukan pemberian saran terhadap para pihak untuk menyelesaikan sengketa yang melalui pengadilan.
– Melaksanakan penyampaian rekomendasi atas suatu kasus pelanggaran hak asasi manusia kepada pemerintah yang akan ditindaklanjuti penyelesaiannya.
– Melaksanakan penyampaian rekomendasi atas suatu kasus pelanggaran hak asasi manusia kepada DPR RI yang akan ditindaklanjuti.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Tugas Dan Fungsi Komnas Ham : Pengertian Beserta Tujuan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Read More  √ Sengketa Internasional : Pengertian, Macam, Penyebab Dan Penyelesaian
Read More  √ Legenda Cerita Rakyat Ande-ande Lumut
Read More  √ Akulturasi Keubudayaan Hindu Budha : Pengertian dan Contohnya
Read More  √ Sebutkan Kota Utama Di Jepang Dan Fungsi Atau Perannya