√ Tenaga Kerja Adalah : Pengertian, Jenis-Jenis, Permasalahannya

Diposting pada

Pengertian

Tenaga Kerja adalah semua orang yang sudah atau masih bisa melakukan kegiatan bekerja, untuk menghasilkan sebuah produk atau jasa untuk mencukupi kebutuhan hidup.

√ Tenaga Kerja Adalah : Pengertian, Jenis-Jenis, Permasalahannya

Secara global, ada 2 kelompok penduduk dalam satu negara. Yakni tenaga kerja dan bukan tenaga kerja. Tenaga kerja merujuk pada individu yang telah memasuki usia bisa bekerja. Di Indonesia, usia pekerjaa adalah mulai 15 tahun sampai 64 tahun. Walaupun jika ditelisik lebih jauh, maka ada banyak perbedaan pendapat terkait usia tenaga kerja.


Jenis-Jenis

  • Menurut Kemampuannya

  1. Tenaga kerja terdidik

Tenaga kerja terdidik merupakan tenaga kerja yang mempunyai riwayat pendidikan yang tinggi. Pendidikan tertinggi pada tenaga kerja terdidik adalah maksimal lulusan S1 (sarjana). Contoh dari tenaga kerja terdidik ialah guru, dokter, insinyur, polisi, dan dll.

  1. Tenaga kerja terlatih

Tenaga kerja terlatih merupakan tenaga kerja yang mengandalkan keterampilan atau kemampuan khusus yang dia miliki. Tenaga kerja terlatih ini tak mesti orang-orang yang mempunyai riwayat pendidikan yang tinggi tapi bisa menguasai keterampilan tertentu dan mempunyai daya tangkap yang baik. Contoh tenaga kerja terlatih ialah akuntan, teknisi, sopir dan dll.

  1. Tenaga kerja tidak terdidik

Tenaga kerja tidak terdidik merupakan tenaga kerja yang tidak mempunyai riwayat pendidikan yang tinggi dan tidak mempunyai keterampilan atau kemampuan tertentu, contohnya hanya sampai lulusan SMP ataupun SD. Contoh dari tenaga kerja tidak terdidik ialah kuli bangunan, buruh cuci, buruh rongsok, dan dll.

  • Menurut Sifatnya

  1. Tenaga kerja rohani

Tenaga kerja rohani merupakan tenaga kerja yang lebih memanfaatkan dan memakai kemampuan otak atau pikirannya dibandingkan dengan tenaganya. Tenaga kerja rohani tersebut biasanya orang-orang yang bekerja di daerah yang bersih, berpenampilan baik dan juga sopan. Contoh dari tenaga kerja rohani ialah direktur, manajer, kepala devisi, kepala cabang, dan dll.

2. Tenaga kerja jasmani

Tenaga kerja jasmani merupakan tenaga kerja yang lebih mengandalkan tenaganya daripada kemampuan otak atau pikirannya. Biasanya jumlah tenaga kerja jasmani ini sangat banyak daripada tenaga kerja rohani. Contoh dari tenaga kerja jasmani ialah buruh pabrik.

  • Menurut Hubungan dengan Produk
  1. Tenaga kerja langsung

Tenaga kerja langsung merupakan tenaga kerja yang biasanya terjun langsung pada sebuah barang atau produk. Contoh tenaga kerja langsung ialah tenaga kerja yang berada dibagian produksi barang.

  1. Tenaga kerja tidak langsung

Tenaga kerja tidak langsung merupakan tenaga kerja yang ada hubungannya dengan sebuah barang atau produk tapi tidak terjun langsung pada produk itu. Contoh tenaga kerja tidak langsung ialah tenaga kerja yang mendesain sebuah produk yang akan dipasarkan.

  • Menurut Jenis Pekerjaannya

  1. Tenaga kerja lapangan

Tenaga kerja lapangan merupakan tenaga kerja yang langsung terjun dilapangan. Contoh tenaga kerja lapangan ialah marketing lapangan(sales).

  1. Tenaga kerja pabrik

Tenaga kerja pabrik merupakan tenaga kerja yang biasanya bekerja di sebuah pabrik. Contoh tenaga kerja pabrik ialah buruh pabrik yang bekerja dibagian produksi.

  1. Tenaga kerja kantor

Tenaga kerja kantor merupakan tenaga kerja yang bekerja dalam sebuah kantor atau perusahaan. Contoh tenaga kerja kantor ialah tenaga administrasi atau keuangan perusahaan.

  • Menurut Fungsi Pokok dalam Perusahaan

  1. Tenaga kerja bagian produksi

Tenaga kerja bagian produksi merupakan tenaga kerja yang pekerjaannya membuat produk atau barang-barang yang siap dipasarkan. Contoh tenaga kerja bagian produksi ialah buruh pabrik yang bekerja pada bagain produksi barang atau produk.

  1. Tenaga kerja bagian pemasaran

Tenaga kerja bagian pemasaran merupakan tenaga kerja yang bekerja pada bagian marketing atau pemasaran. Jenis tenaga kerja ini biasanya bertanggung jawab dalam memasarkan produk atau barang yang sudah dibuat. Contoh tenaga kerja bagian pemasaran ialah marketing.

  1. Tenaga kerja bagian umum dan administrasi

Tenaga kerja bagian umum dan administrasi merupakan tenaga kerja yang bekerja dalm hal mengurus surat-menyurat dan kepentingan lainnya diluar kepentingan pemasaran serta kepentingan produksi. Contoh tenaga kerja bagian umum dan administrasi ialah sekretaris.


Permasalahan Tentang Tenaga Kerja

  1. Rendahnya Kualitas Tenaga Kerja

Pendidikan pelatihan yang baik akan menghasilkan tenaga kerja yang baik, Indonesia belum mempunyai itu semua, karena itu masih banyak tenaga kerja di Indonesia yang belum bisa menciptakan hasil produksi yang baik.

  1. Jumlah Angkatan kerja yang Tidak Sebanding terhadap Kesempatan Kerja

Meningkatnya angkatan kerja tidak disertai oleh banyaknya lapangan kerja yang tersedia, menyebabkan beban tersendiri untuk sistem perekonomian. Angkatan kerja yang tidak tertampung lalu berakhir menjadi pengangguran.

  1. Persebaran Kerja yang Tidak Merata

Karena kebanyakan warga Indonesia masih berpikiran “Jawa Sentris” maka pembangunan serta pekerjaan terfokus di Jawa. Hal tersebut menyebabkan tidak meratanya pembangunan dan belum maksimalnya pengembangan sumberdaya di daerah lain selain jawa.

  1. Pengangguran

Terjadinya krisis ekonomi dan kurangnya lapangan pekerjaan memang membuat perusahaan tidak mempunyai pilihan selain memutuskan tenaga kerjanya. Ditambah dengan sempitnya lapangan pekerjaan membuat tenaga kerja menganggur serta mengurangi potensi ekonomi.


demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Tenaga Kerja Adalah : Pengertian, Jenis-Jenis, Permasalahannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Read More  √ Sistem Saraf Pada Manusia : Pengertian, Bagian dan Fungsi
Read More  √ Pertumbuhan Ekonomi : Pengertian, Ciri Beserta Faktornya
Read More  √ Konservasi Adalah: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Contoh
Read More  √ Ikatan Logam : Pengertian, Sifat, Contoh