√Teks Eksposisi : Pengertian , Jenis , Ciri , Struktur dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian

Teks iksposisi merupakan paragraph atau kerangka yang terkandung sejumlah informasi dan engetahuan yang di sajikan secara singkat, akuran dan padat. Paraggraf eksposisi ini bersifat ilmiah atau bisa dikatakan non fiksi, contohnya ialah teks eksposisi bisa di lihat dalam berita-berita atau Koran, akan tetapi contoh eksposisi bisa di lihat dibawah ini.

Jenis-jenis teks eksposisi

  • Eksposisi definisi
  • Eksposisi proses
  • Eksposisi klasifikasi
  • Eksposisi ilustrasi
  • Eksposisi perbandingan
  • Eksposisi laporan

Ciri-ciri teks eksposisi

Ialah menjelaskan informasi-informasi pengetahuan gaya informasi yang menganjak penyampaian secaraluaga dan menggunakan bahasa yang baku.

  • Tidak memihak, ini artinya idak memaksakan kemauan penulis terhadap pembaca
  • Fakta dipakai sebagai alat kontribusi dan juga alat kontritasi
  • Struktur teks eksposisi
  • Tesis (pembukaann)
  • Penegasan ulang

Tujuan teks eksposisi

Tujuan eksposisi ialah untuk memaparkan atau menjelaskan informasi tertentu sehinga pengetahuan para pembaca nya bertambah.

Contoh teks eksposisi

Mengga dan agroklimat

Manga ialah tanaman buah dengan tingkat ketergantungan yang tinggi pada agroklimat. Ada tanaman buah yang tidak begitu tergantung pada faktor agrolimat, contohnya ialah nangka dan juga alpukat.

Dan ada juga yang tingkat ketergantungannya pada agroklimat sangat tinggi, contohnya ialah apel. Hamper aka da ranaman yang bisa seratur persen bebas dari faktor agrolimat, ter kecuali tanaman itu di budidayakan dalam green house yang tersolir dari udara luar dan juga lengkap dengan pengaturan suhu dan kelembapan. Manga memang tanaman buah tropis, akan tetapi dia justru tidak menyukai kelembapan dancurah hujan yang tinggi. Iltulah sebabnya buah itu kebuhian dibudidayakan di kawasan gurun seperti mesir, palestina, meksiko attau di kawasan subrtopis seperti australis dan juga ttaiwan. Intinya semakin keringa dan panas suatu kawasan, tanaman manga semakin menyukainya. Di Indonesia pun manga hanya dapat tumbuh baik di dataran rendah dengan curah hujan sedikit seperti indramayu, pasuruan, dan juga probolinggo.

Meskipun menyukai kawasan kering dengan udara panas, manga tetap memerlukan banyak air . unsur utama dari untuk membentuk bauh memang lah air, udara dan juga unsur hara. Dari tiga unsur tersebut, air diperlukan tanaman manga dengan jumlah paling banyak. Oelk karena itu, meskipun udara di pasuruan dan probolinggo cukup panas dan kkering, air tanahnya cukup dangkal sehingga cocok utnuk tanaman manga. Di luar jawa, kawasan yang agroklimatnya seperti itu di antaranya ialah daerah lembah palu.

Di dataran rendah yang kering, tanaman manga juga bisa menerima sinar matahari selama 12 jam lamanya sepanjang tahun. Sinar matahari berperan guna membaentuk buah. Semakin intensif sinar matahari, maka semakin manis buah yang di hasilkan. Itulah mengapa kawsan gurun bisa mengasilkan buah manga yang cukup manis, dengan sinar matahari penuh selama 12 jam, tanaman manga bisa leluasa membantuk karbohidrat dan juga gula.

demikianlaha artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Teks Eksposisi : Pengertian , Jenis , Ciri , Struktur dan Contohnya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semuanyaj.

baca juga ;

Baca Juga :  √Proses Pencernaan Makanan : Mulut, Gigi, Lidah, Lambung dan Lainnya
Baca Juga :  √Sistem Pendidikan dan Problematika Pendidikan di Indonesia (LENGKAP)
Baca Juga :  √Perbedaan Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi dan Politeknik
Baca Juga :  √Pengertian Sistem Peredaran Darah Tertutup dan Terbuka