Pengertian Surat Edaran
Surat Edaran merupakan surat tertulis yang berisi pemberitahuan resmi yang ditujukan pada pihak-pihak tertentu di dalam sebuah instansi, lembaga, atau organisasi.
Jadi, definisi surat edaran bisa pula diartikan sebagai surat pemberitahuan tertulis yang ditujukan pada banyak pihak dimana isi dan bentuknya sama.
Biasanya surat edaran ini ditujukan pada pihak-pihak yang berada dalam ruang lingkup kerja di instansi atau lembaga tertentu. Isi surat edaran tersebut ialah pemberitahuan tebtabg hal-hal yang berkaitan dengan lingkup kerja, contohnya pemberitahuan kebijakan baru, perubahan peraturan, dll.
Istilah “Surat Edaran” terdiri dari 2 kata yang mempunyai arti berbeda, yakni:
- Surat
Surat adalah sarana komunikasi guna menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan pada kertas oleh satu pihak pada pihak lainnya, baik perorangan ataupun organisasi.
- Edaran
Edaran adalah sesuatu yang dikirim pada banyak pihak dimana isi dan bentuknya sama.
Ciri-ciri Surat Edaran
- Surat edaran bersifat surat resmi serta dibuat dengan bahasa yang baku.
- Surat edaran biasanya bersifat umum serta bukan rahasia.
- Surat edaran dibuat dengan isi dan bentuk yang sama untuk orang banyak.
- Surat edaran dibuat untuk memberikan pemberitahuan pada pihak-pihak yang ada di dalam ruang lingkup tertentu.
Jenis-jenis Surat Edaran
-
Surat Edaran Terbatas
Surat Edaran Terbatas adalah surat yang biasanya dibuat oleh suatu instansi atau organisasi dan ditujukan pada anggotanya saja (internal). Contohnya, surat edaran perubahan kebijakan sebuah koperasi kepada para anggota koperasi itu.
-
Surat Edaran Tak Terbatas
Surat Edaran Tak Terbatas adalah surat yang dibuat oleh sebuah instansi dan ditujukan kepada masyarakat umum. Contohnya, surat edaran perubahan kebijakan sebuah instansi kepada masyarakat luas.
Fungsi Surat Edaran
- Sebagai sarana guna menyampaikan informasi atau pemberitahuan pada banyak pihak, dimana isi pemberitahuan biasanya bersifat umum atau bukan rahasia.
- Sebagai petunjuk dan penjelasan mengenai peraturan atau kebijakan atau tata cara pelaksanaan (bagi instansi), dan sebagai pengumuman atau pemberitahuan (untuk perusahaan swasta).
Bagian Surat Edaran
-
Kepala Surat
Di bagian kepala surat ada kop surat yang terdiri dari logo, nama dan alamat organisasi atau instansi. Kop surat ini adalah salah satu syarat surat resmi yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi atau instansi.
Mencantumkan kata “Surat Edaran” dalam surat dibuat dengan huruf kapital serta ditambahkan garis bawah. Surat edaran mesti dilengkapi dengan nomor surat, sifat surat (contohnya penting), perihal, dan alamat keterangan dsb.
2. Isi Surat
Pada bagian isi surat adalah bagian paling penting dari surat edaran itu. Pada bagian ini diisi dengan informasi atau pemberitahuan yang mau disampaikan kepada pihak lain. Bagian tersebut ditulis dengan urutan Pendahuluan, Isi Pokok Surat, serta Penutup.
3. Kaki Surat
Kaki Surat merupakan bagian akhir dari surat edaran. Pada bagian ini diberisi informasi pembuat serta pengirim surat, Contohnya:
- Nama lengkap.
- NIK atau NIP.
- Tanda tangan.
- Stempel.
- Tembusan (jika ada).
Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang Apa itu Surat Edaran : Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsi Beserta Bagiannya, semoga bermanfaaat