√ Struktur Jaringan Daun : Pengertian Beserta Fungsinya

Pengertian

Daun adalah bagian organ yang utama pada tumbuhan yang memiliki peran untuk menghasilkan karbohidrat dengan melewati suatu proses yang dinamakan fotosintesis.

√ Struktur Jaringa Daun : Pengertian Beserta Fungsinya

Fungsi dari daun sebagai bagian dari tumbuhan ialah untuk digunakan sebagai tempat melakukan proses fotosintesis atau pun produksi dari bahan-bahan makanan. Selain itu daun juga mempunyai fungsi lain seperti dipakai sebagai alat ekskresi pada sebuah peristiwa evaporasi dan juga gutasi dimanfaatkan sebagai tempat untuk dilakukannya proses pertukaran gas yakni O2 dan CO2 karena terdapatnya stomata dan juga gutatoda.

1.Epidermis

Epidermis pada daun terletak pada bagian permukaan yang ada di atas daun. Pada bagian lapisan ini tidak tersedia suatu ruang antar sel-sel. Di antara bagian dari sel epidermis terdapat bagian sel penjaga yang memiliki fungsi dalam membantu pembentukan stomata.

Stomata

Fungsi dari stomata sendiri merupakan sebagai tempat untuk digunakan dalam proses pertukaran gas dan proses pertukaran air. Stomata yang terdapat pada bagian permukaan daun terletak secara menyebar dan juga memiliki jumlah yang tentunya lebih banyak dibandingkan dengan bagian permukaan yang terdapat di atas daun.

Apabila pada tumbuhan terestrial, stomata sendiri biasanya banyak ditemukan pada area bagian permukaan yang ada di bawah daun. Sedangkan apabila pada tumbuhan yang hidup di air, stomata dapat lebih banyak ditemukan pada bagian permukaan yang ada di atas daun.

Kutikula

Kutikula merupakan bagian yang mengalami pembentukan dari suatu proses penebalan pada bagian dinding sel luar dari epidermis bagian atas. Kutikula memiliki fungsi yakni digunakan dalam upaya mencegah proses penguapan, sehingga dapat digunakan untuk mengurangi kadar hilangnya air yang bisa terjadi melalu epidermis bagian atas.

 Trikomata

Trikomata seringkali disebut dengan sel rambut halus. Trikomatan mengalami proses pembentukan pada bagian epidermis atas / pun bawah bagian daun dan memiliki fungsi dalam upaya mencegah terjadinya suatu proses penguapan yang seringkali melampaui batas atau dengan kadar yang sangat berlebihan sehingga akan mengurangi air yang terkandung dalam tumbuhan.

Bulliform dan velamen

Kedua bagian ini juga mempunyai peran yang tidak kalah penting pada tumbuhan khususnya epidermis pada daun. Blliform dan juga velamen ialah bagian dari sel yang digunakan dalam upaya melakukan proses penyimpanan air yang mempunyai ukuran relatif lebih besar dibandingkan dengan ukuran sel epidermis yang lainnya.

  1. Mesofil (Jaringan Dasar)

mesofilDefinisi dari mesofil pada daun merupakan suatu jaringan dasar yang terbentuk dari bagian parenkim palisade dan juga bagian jaringan spons. Pada tumbuhan yang tergolong dikotil, di bagian bawah dari epidermis terdapat bagian sel-sel parenkim.

Sel-sel parenkim akan mengalami pembentukan menjadi jaringan parenkim palisade dan jaringan spons. Definisi dari jaringan parenkim palisade ialah jaringan parenkim yang ada pada daun yang memiliki kloroplas dengan jumlah yang relatif banyak sehingga pada bagian jaringan tersebut akan mengalami suatu proses fotosintesis. Sel yang ada pada bagian jaringan parenkim tersusun sangat rapat.

  1. Berkas Vaskuler

Penyusun berkas vaskuler pada daun yaitu folem dan juga xilem yang letaknya pada bagian tulang daun, bagian tulang-tulang cabang, dan bagian urat-urat daun yang tampak menonjol di bagian permukaan yang ada di bagian bawah daun. Bagian xilem berguna dalam membantu mengalirkan air dan mineral.


demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Struktur Jaringa Daun : Pengertian Beserta Fungsinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Read More  √ Fungsi Jaringan Dasar : Pengertian Beserta Macamnya
Read More  √ Fungsi Jaringan Tulang : Pengertian, Letak Beserta Strukturnya
Read More  √ Pengertian Jaringan Sklerenkim : Fungsi Beserta Cirinya
Read More  √ Fungsi Jaringan Saraf : Pengertian, Struktur dan Jenisnya
/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend