√Statistika : Pengertian, Fungsi, Dan Manfaat Lengkap

Diposting pada

Pengertian Statistika

Statistika

Statistika merupakan ilmu yang mempelajari cara merencanakan, mengumpulkan, menganalis, menginterpretasi serta mempresentasikan data secara utuh.

Statistika dibagi menjadi 2 yaitu :Statistika deskriptif  dan Statistika Inferensial.

1.Statistika deskriptif membahas bagaimana data dapat digambarkan dan dideskripsikan atau disimpulkan, baik secara numerik maupu variable  untuk mendapatkan gambaran sekilas tentang data tersebut, sehingga lebih mudah dibaca dan mempunyai makna.

2.Statistika Inferensial membahas  permodelan data dan melakukan pengambilan keputusan berdasarkan analisis yang dapat , contohnya melakukan pengujian hipotesis, melakukan estimasi pengamatan masa yang akan datang (estimasi atau prediksi), membuat permodelan perhubungan (korelasi, regresi, ANOVA, deret waktu).

Fungsi Statistika

-Statistik menggambarkan data dalam bentuk tertentu contohnya berbentuk numeric/variabel.

-Statistik data bisa di sederhanakan menjadi kompleks yang mana datanya yang dimengerti.

-Statistik adalah teknik untuk membuat perbandingan data.

-Statistik dapat memperluas pengalaman diri sendiri.

-Statistik dapat diukur besarannya dari suatu kondisi.

-Statistik dapat menentukan suatu hubungan sebab akibat

Peranan Statistika

Statistika berperan untuk

-Alat menghitung besar anggota sampel yang diambil dari suatu populasi, sehingga jumlah sampel yang diinginkan akan cepat didapat pertanggungjawabkannya.

-Alat untuk menguji validitas dan reliabilitas instrumen sebelum instrumen tersebut digunakan dalam penelitian

-Sebagai teknik untuk menyiapkan data, sehingga data lebih mudah diakses, contonya melalui tabel, grafik, atau diagram

-Alat untuk menganalisis data seperti menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian.

Manfaat Statistika

-Membantu mengobservasi dalam menggunakan sampel sehingga penelitian dapat bekerja secara efisien dengan hasil sesuai yang diinginkan dengan obyek yang ingin diteliti

-Membantu observasi untuk membaca data yang telah terkumpul sehingga peneliti dapat mengambil keputusan yang tepat

-Membantu meneliti untuk melihat ada tidaknya perbedaan diantara kelompok yang satu dengan kelompok yang lainnya atas obyek observasi yang diteliti

-Membantu penelitan untuk melihat bawha ada atau tidaknya hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya yang saling berkaitan

-Membantu peneliti dalam membuat prediksi untuk waktu yang akan dating di masa depan

– Membantu peneliti dalam melakukan interpretasi atas data yang terkumpul (M.Subana dkk, 2000;14)

-Pemerintah menggunakan statistika untuk menilai hasil dari proyek pembangunan masa lalu dan merencanakannya lagi di masa mendatang

-Pimpinan menggunakannya untuk perekrutan pegawai baru, pembelian alat alat baru, peningkatan skill karyawan, perubahan sistem pegawai,dan lain-lain.

-Para pendidik sering menggunakannya untuk melihat posis siswa di bidang ,prestasi belajar, efektivitas metode pembelajaran, atau media pembelajarannya.

-Para psikolog banyak menggunakan statistika untuk membaca hasil observasi baik melalui tes maupun observasi lapangan.

Manfaat Statistika dalam Kehidupan Sehari-hari

-Bagi ibu-ibu rumah tangga mungkin tanpa sadar mereka telah menerapkan ilmu statiska. Dalam membelanjakan uang untuk kebutuhan bulanan keluarganya yang sering melakukan perhitungan untung rugi, berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk berbelanja, membayar listrik, dll.

Sebagai mahasiswa statistika dipelajari secara formal sebenarnya sudah menggunakannya dalam perhitungan Indeks prestasi yang tercapai.

Dalam dunia bisnis, para pengusaha sering menerapkan statistika untuk memperoleh keuntungan yang dicapai.Seperti kesempatan untuk menanamkan saham.

Sedangkan dalam bidang industri, statistika sering digunakan untuk menentukan suatu keputusan. Contohnya berapa banyak jumlah produk yang harus diproduksi dalam sehari berdasarkan data historis perusahaan, dan apakah perlu melakukan mengembangan produk atau menambah jenis produk, perlu atau tidaknya.

 

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai seputar statistika, semoga dapat menambah wawasan anda semua, baca juga artikel di bawah ini;

Baca Juga :  √ Lingkungan Sehat : Pengertian, Aspek, Manfaat Dan Contohnya
Baca Juga :  √10 Fungsi Organ Manusia Dan Penjelasannya Lengkap
Baca Juga :  √Pendidikan Kewarganegaraan (PPKN) : Pengertian , Kerangka Pikir Dan Tujuan Pebelajaran
Baca Juga :  √Revolusi Bumi : Pengertian, Manfaat, Akibat Dan Proses