√Sistem Pendidikan dan Problematika Pendidikan di Indonesia (LENGKAP)

Diposting pada

Indonesia adalah negara yang mutu pendidikannya masih rendah jika dibandingkan dengan negara-negara lain bahkan sesama Negara tetangga pun kualita SDM bangsa Indonesia masuk dalam peringkat yang paling rendah. Hal ini dikarenakan pendidikan di Indonesia belum bisa berfungsi secara maksimal. Oleh karena itu, pendidikan di Indonesia harus segera diperbaiki supaya bisa menciptakan generasi yang memiliki keunggulan dalam berbagai macam bidang supaya bangsa Indonesia bisa bersaing dengan bangsa lain supaya tidak semakin tertinggal dikarenakan arus global yang berjalan cepat.

Untuk memperbaiki pendidikan di Indonesia diperlukannya sistem pendidikan yang responsif. Perbaikan itu dilaksanakan mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan tinggi. Oleh karena itu, bangsa Indonesia harus menerapkan sistem pendidikan dan pola kebijakan yang sesuai dengan keadaan Indonesia saat ini.

Sistem Pendidikan yang di Anut di Indonesia

  1. Sistem Pendidikan Indonesia yang berorientasi pada nilai.

Sistem pendidikan ini sudah diterapkan sejak sekolah dasar. Disini siswa diberi pengajaran kejujuran, tenggang rasa, kedisiplinan, dsb. Nilai tersebut disampaikan melalui pelajaran Pkn, bahkan nilai ini juga disampaikan pada tingkat pendidikan menengah dan pendidikan tinggi.

  1. Indonesia menganut sistem pendidikan terbuka.

Menurut sistem pendidikan ini, siswa di tuntut untuk bisa bersaing dengan teman, berfikir kreatif dan inovatif

  1. Sistem pendidikan beragam.

Di Indonesia mempunyai beragam suku, bahasa, daerah, budaya, dll. Serta pendidikan Indonesia ada 3 macam yakni pendidikan formal, non-formal dan informal.

  1. Sistem pendidikan yang efisien dalam pengelolaan waktu.

Pada Kegiatan Belajar Mengajar(KBM) waktu di atur supaya Siswa tidak merasa terbebani dengan materi pelajaran yang disampaikan karena waktunya terlalu singkat atau sebaliknya.

  1. Sistem pendidikan yang disesuaikan dengan perubahan zaman.

Dalam sistem ini, bangsa Indonesia harus menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan pendidikan saat ini. Oleh karena itu, kurikulum di Indonesia sering dirubah dari waktu ke waktu, hingga saat ini Indonesia menggunakan kurikulum K13.

Problem di Bidang Pendidikan

  1. Pemerataan Pendidikan

Pada Saat ini bangsa Indonesia masih mengalami masalah pemerataan dibidang pendidikan. Hal ini dikarenakan pendidikan di Indonesia hanya bisa dirasakan oleh kaum menengah ke atas. Supaya pendidikan di Indonesia tidak semakin terpuruk, maka pemerintah harus membuat kebijakan yang tepat. Contohnya, adanya kebijakan wajib belajar 9 tahun. Kebijakan ini dilaksanakan mulai dari bangku SD hingga SMP. Pemerintah membuat kebijakan dengan meratakan tenaga pendidik di setiap wilayah.

  1. Biaya pendidikan

Keadaan ekonomi Indonesia yang semakin buruk berdampak pada sistem pendidikan di Indonesia. Banyak sekali anak yang tidak dapat sekolah  karena biaya pendidikan yang mahal. Maka dari itu,supaya bangsa Indonesia tidak semakin tertinggal, Pemerintah mulai mengeluarkan kebijakan dana BOS, yang diberikan kepada peserta didik di tingkat SD dan SMP. Hal tersebut bertujuan untuk membebaskan biaya SPP atau membuat kebijakan free-school bagi pendidikan dasar. Dengan dikeluarkan kebijakan tersebut, di harapkan semua pendidikan bisa dirasakan di semua kalangan masyarakat Indonesia.

  1. Kualitas Pendidikan

Permasalahan yang paling mendasar ialah  masalah mutu pendidikan. Karena sekarang ini pendidikan kita masih jauh tertinggal kalau di bandingkan dengan negara-negara lain. Hal tersebut di buktikan dengan banyaknya tenaga pendidik yang mengajar tetapi tidak sesuai dengan bidangnya. Selain itu, tingkat kejujuran dan kedisiplinan siswa masih rendah. Contohnya: masih adanya kecurangan-kecurangan yang dilakukan saat mengikuti Ujian Nasional siswa malah lebih memilih mendapat jawaban secara instan, misalnya membeli jawaban soal UN. Oleh karena itu, mutu pendidikan harus diperbaiki sebaik munkin, maka pemerintah membuat kebijakan yang mengenai peningkatan mutu pendidik. Yang dilakukan dengan cara mengevaluasi ulang tenaga pendidik supaya sesuai dengan syarat untuk menjadi pendidik. Selain itu, pemerintah harus meningkatkan sarana dan prasarana, contonya memperbaiki fasilitas gedung, memperbanyak buku, dll.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Sistem Pendidikan dan Problematika Pendidikan di Indonesia (LENGKAP), semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua.

baca juga ;

Baca Juga :  √Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Manfaat Dan Fungsinya
Baca Juga :  √Pendidikan Kewarganegaraan (PPKN) : Pengertian , Kerangka Pikir Dan Tujuan Pebelajaran
Baca Juga :  √Perbedaan Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Akademi dan Politeknik
Baca Juga :  √Pengertian Sistem Peredaran Darah Tertutup dan Terbuka