√Sel : Pengertian, Sejarah dan Ukurannya

Diposting pada

Pengerian sel

Sel adalah unit terkecil makhluk hidup, berarti di dalam sel terdapat bagian-bagian yang berperan dalam melakukan ativias hidup sel. Cobalah pahamilah kalimat tersebut, uni berarti bagian terkecil dari suatu yang dapat berdiri sendiri. Seperti halnya keluarga ialah unit social yang paling kecil dalam kelompok hidup di masyarakat. Keluarga-keluarga akan membentuk desa. Begitu juga sel. Juataan sel yang berukuran kecil yang menyusun tubuh makhluk hidup.

sejarah

Pengetauan tentang sel telah dimulai sejak abad ke-17 di mana pada waktu itu Robert hokke (1635-1703) dari inggris seorang pedagang kaca berhasil membuat sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengamati benda-benda yang sangat kecil. Alat itu kemudiandikenal dengan nama mikroskop.

Dengan mikroskop itu Robert hooke dapat melihat bagian dari irisan kulit kayu yang mati dan sangat kecil. Hasil pengamatan itu berupa petak segi empat yang di tengahnya kosong. Benda tersubut di sebut sel yang berarti petak atau ruang kecil (harliyono, 1999:21).

Pada tahun 1838-1939, dua orang ahli fisiologi jerman, schwann dan Matthias jokob schleiden, masing-masing bekerja secara sendiri-sendiri, mengajukan suatu teori sel yang beru dan revolusioner. Mereka menganggap bahwa makhluk hidup, dari yang plaing sederhana sampai yang paling kompleks, hamper sepenuhnya tersusun dari sel dan bahwa sel-sel ini memainkan peranan penting dalam semua kegiatan hidup.

Kemuadian, diketahua tidak hanya tubuh hewan dan juga tumbuh-tumbuhan yang lebih tinggi yang terdiri dari banyak sel, akant etapi juga bahwa tiap-tiap makhluk hidup berasal dari perkembangan satusel tunggal.

Ukuran dan bentuk sel

Sel memiliki ukuran dan bentuk yang bervariasi. Umumnya ukuran sel adalah mikroskopis. Telur ayam atau telur burung adalah sebuah sel id mana yan disebut sel adalah vitellusnya. Jika diperhatikan in adalah ekuran sel yang sangat besar, itulah sebabnya, ukuran rata-rata dari sel sangat sukar ditentukan. Sesuai dengan fungsi nya maka bentuk sel itu menunjukkan variasi yang bermacam-macam. Pada umumnyabentuk sel pada tumbuhan ialah sebagai empat memanjang atau segi enam, misalnya sel-sel epidermis, sel-sel parenkim. Di samping itu pada bagian kayu sel-selnnya berbentuk serabut dan bulat.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Sel : Pengertian, Sejarah dan Ukurannya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua.

baca juga;

Baca Juga :  √Pengertian Membrane Plasma dan Organel
Baca Juga :  √ Sistem Pencernaan Manusia : Gambar, Bagian dan Fungsinya (Lengkap)
Baca Juga :  √Teks Eksposisi : Pengertian , Jenis , Ciri , Struktur dan Contohnya
Baca Juga :  √Proses Pencernaan Makanan : Mulut, Gigi, Lidah, Lambung dan Lainnya