√ Sejarah VOC : Pengertian, Sejarah, Tujuan dan Kemunduran

Diposting pada

1.Pengertian VOC

VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie) merupakan kongsi dagang yang berasal dari Negara Belanda yang memonopoli aktivitas perdagangan serta intervensi aktivitas politik di wilayah nusantara dan juga Asia. VOC ini didirikan pada tahun 1602.

√ Sejarah VOC : Pengertian, Sejarah, Tujuan dan Kemunduran

Dengan segala kelicikannya, VOC dapat mempengaruhi keputusan-keuputusan politik dimana ia pun berada. Untuk memperkuat posisinya di dunia timur dinusntara, VOC telah membuat persekutuan dagang bersama. Sehingga pada saat itu eksistensi mereka di bumi nusantara begitu kokoh dan sulit dijatuhkan. Mereka seperti membentuk pemerintahan negara di dalam suatu negara.


2.sejarah voc

Latar belakang Pendirian sejarah VOC belanda ini diawali oleh perjalanan pelayaran Vasco da Gama pada tahun 1497-1498 dari Eropa yang berhasil sampai India melewati Tanjung Harapan di ujung Selatan afrika. Inovasi perjalanan melalui sebuah jalur laut ini akan ditujukan untuk dapat mneghindari persaingan dengan pedagang Timur Tengah dalam perjalanan ke Kawasan Asia yang ini sering biasanya akan ditempuh Melalui jalur darat dan juga memiliki resiko yang sangat berbahaya.

Pada awal mulanya perjalanan bangsa Eropa dan belanda ke kawasan Asia Timur termasuk ke wilayah nusantara untuk melakukan suatu perdagangan, tetapi pada kurun waktu yang berjalan tujuan berdagang telah bergeser serta ditambah dengan pekerjaan politik dan usaha kolonisasi. pada satt itu Belanda memang mempunyai tujuan untuk bisa melakukan kolonisasi dengan latar belakang perdagangan sehingaa ini merupakan titik awal adanya kolonialisasi di Indonesia yang terjadi.

Pada abad 16 usaha perdagangan rempah-rempah telah didominasi oleh Portugis dan juga Lisbon akan dijadikan sebagai pelabuhan utama perdagangan. Sebelum terjadinya revolusi di Belanda distributor rempah-rempah di kawasan Eropa yang berada di kota Antwrep, namun setelah tahun 1591 Portugis ini melakukan kerjasama dengan firma-firma dari negara jerman, Italia, dan juga spanyol dan akan menggunakan Pelabuhan Hamburg sebagai tempat distribusi barang dagang dari kawasan Asia. Hal ini akan mengakibatkan jalur perdagangan berpindah tidak melalui Belanda,akan tetapi sistem perdagangan yang dilakukan Portugis ini tidak akan efisien dan sering terjadi ketidakseimbangan antara Permintaan dan Penawaran. Pada saat terjadi ketidak seimbangan harga barang dagang ini sangat meninggi.


3.Tujuan Berdirinya VOC

a. Monopoli

Sangat jelas bahwa berdirinya VOC mempunyai suatu tujuan untuk melakukan monopoli perdagangan. Hal ini samgat jelas dari tujuan utama belanda melakukan pelayaran menemukan jalur perdagangan langsung ke indonesia dan juga menempatkan perdagangan sebagai latar belakang utama. Pada nyatanya VOC yang telah berdiri dengan berbagai hak istimewa ini berujung melakukan monopoli pedagangan dalam produk rempah – rempah yang telah dihasilkan di wilayah indoensia.

b. Mengurangi Persiangan

VOC yang berbentuk persekutuan dagang merupakan sebuah gabungan dari pedagang beberapa negara eropa sehingga dengan adanya gabungan ini akan dominasi perdagangan bersatu dalam VOC sehingga tidak ada pesaing lain lebih eksis.

c. Membantu pendanaan

VOC dapat melakukan monopoli terhadap penjualan hasil rempah – rempah yang saat itu merupakan komoditas yang mempunyai nilai ekonomi tinggi dapat menerbitkan pembantuan pendanaan pada Belanda dari hasil kerjanya.

d. Menguasai Kerajaan Indonesia

Tujuan yang selanjutnya yakni menguasai kerajaan di Indonesia hal ini akan menjadi tujuan yang sangat strategik ini dikarenakan penguasaan kerajaan berarti bisa mendapatkan perizinan untuk dapat melakukan kegiatan perdagangan hasil tanaman di wilayah kerajaan tersebut.

e. Menguasai Pelabuhan Penting

VOC mempunyai tujuan untuk dapat menguasai pelabuhan hal ini yang dimaksudkan untuk bisa mempercepat proses distribusi hasil rempah – rempah dan juga akan memperlancar kegiatan perdagangan.


4.Kemunduran VOC

-Banyak pegawainya VOC yang korupsi
-VOC terjebak banyak hutang
-Pengeluaran VOC yang semakin besar lalu akibatnya melukakan perang
-Adanya persaingan yang ketat dari pedagang Eropa
-Penggunaan tentara sewaan yang banyak membebani kas VOC
-dan yang lainnya

VOC ini kemudian diambil alih oleh Belanda (repubik Bataaf maupun Bataafche Republiek). Pada awal pemerintahannya, Belanda ini menghadapi permasalahan yang sangat kacau balau akibat dari sistem VOC yang kurang baik. Selain itu terdapat adanya perang yang berkepanjangan di Eropa, Belanda juga akan ketergantungan terhadap pemasukan berupa impor perak dari VOC yang pada saat itu akan terhambat oleh blokade yang dilakukan pada Inggris di Eropa.


Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Sejarah VOC : Pengertian, Sejarah, Tujuan dan Kemunduran, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya

baca juga :

Read More  √ Prinsip Demokrasi : Pengertian ,Ciri ,Prinsip ,Macam ,dan Contohnya
Read More  √ Perbedaan Fakta dan Opini : Pengertian ,Perbedaan, Cara Membedakannya, dan Contoh
Read More  √ Manajemen Persediaan : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Contohnya
Read More  √ Manajemen Agribisnis : Pengertian, Ruang Lingkup, Aspek, Fungsi dan Contohnya