√Rotasi Bumi: Pengertian, Akibat, Proses dan Manfaatnya

Diposting pada

Pengertian

Rotasi Bumi adalah pergerakan bumi yang berputar pada porosnya dari arah barat ke timur.

Perputaran bumi pada porosnya terjadi tiap hari. Bumi memiliki satelit yaitu Bulan,bumi juga melakukan perputaran pada bulan. Lama proses peredaran bumi mengelilingi porosnya ini disebut dengan kala rotasi, yaitu selama 23 jam 56 menit 4 detik. Kala rotasi dikenal juga dengan satu hari.

√Rotasi Bumi: Pengertian, Akibat, Proses dan Manfaatnya

Peredaran bumi mengelilingi sumbunya tidak akan terasa oleh kita karena adanya gravitasi. Jadi, gravitasi bumi dapat menarik semua benda yang ada ke arah pusat gravitasi. Walaupun bumi itu berputar, kita tidak akan merasakan pergerakan dari rotasi bumi pada posisi kita ada di bawah bumi.

Akibat Rotasi Bumi

  1. Adanya Siang dan Malam

Rotasi bumi mengakibatkan adanya siang dan malam. Hal ini terjadi karena ada 2 bagian bumi yang lain menghadap matahari dan yang lain membelakangi matahari. Bagian yang menghadap matahari mengakibatkan adanya waktu siang; bagian yang membelakangi matahari mengakibatkan adanya waktu malam.

  1. Gerak Semu Harian Matahari

Matahari menjadi pusatnya tata surya yang dikelilingi oleh planet yang sesuai pada orbitnya, termasuk bumi. Peristiwa ni adalah gerak semu harian matahari. Pergerakan semu harian matahari diakibatkan oleh rotasi bumi yang membuat matahari seakan-akan mengelilingi bumi. Matahari adalah bintang yang menghasilkan cahaya sendiri.

  1. Perbedaan Waktu

Rotasi bumi juga di pengaruhi oleh perbedaan waktu di bagian-bagian bumi. Ada 24 daerah waktu yang ada di bumi. Pusat waktu terseut berada di kota Greenwich, Inggris yang terletak pada bujur 0⁰ derajat. Setiap daerah yang selisih sebanyak bujur 15⁰,  maka perbedaan waktu mengalami selisih satu jam. Bagian bumi di sebelah timur Greenwich mengalami waktu yang lebih cepat dari pada pusatnya Greenwich, sedangkan bagian bumi di sebelah barat Greenwich mengalami waktu yang lebih lama.

  1. Perbedaan Percepatan Gravitasi Bumi

Rotasi bumi menghasilkan gerakan yang arahnya menjauhi pusatnya . Akibatnya, bumi menjadi terlihat tidak bulat sempurna. Ada bentuk tidaklazim di kedua kutubnya dan mengembang pada khatulistiwa, sehingga diameter kutub bumi lebih kecil daripada diameter garis khatulistiwa. Hal ini mengakibatkan percepatan gravitasi di daerah kutub lebih besar dibandingkan khatulistiwa.

  1. Pembelokan Arah Arus Laut

Angin mengakibatkan terjadinya perubahan pada arus laut. Pada belahan bumi selatan, arah arus laut berbelok searah berputarnya jarum jam. Pada belahan bumi bagian utara, arah arus laut berbelok berlawanan dengan arah berputarnya jarum jam. Gerak pembelokan pada arah angin dan pembelokan arus laut yakni disebut efek Coriolis.

Proses Rotasi Bumi

Proses rotasi bumi secara umum artinya perputaran bumi pada porosnya. Rotasi bumi ini ada arahnya dan tidak sembarang berputar, bumi berputar menuju ke arah timur atau melawan arah jarum jam. Arah rotasi ini mengakibatkan banyaknya dampak pada rotasi bumi yang dapat kita rasakan dari bumi. Salah satu diantaranya adalah kita bisa merasakan malam dan siang, meskipun panjang malam dan siang pada satu tempat dengan tempat yang lain berbeda- beda. Perputaran atau rotasi bumi ini akan semakin melambat karena di pengaruh dari gaya gravitasi bulan . Pelambatan gerak gravitasi bulan dapat kita lihat dari lambat satu hari sebanyak 1,7 milidetik dibandingkan seabad yang lalu.

Manfaat Rotasi Bumi

1.Mengetahui adanya perbedaan musim

contohnya di indonesia hanya memiliki 2 musim ,beda dengan bumi bagian dekat kutub

2. perbedaan siang dan malam

contohnya di indonesia memiliki 3 waktu yang berbeda,menyebabkan tiap waktu mengalami siang dan malam duluan.

3.adanya pola cuaca

adanya rotasi bumi kita bisa memperkirakan adanya perubahan cuaca pada suatu wilayah.

4.mempengaruhi keadaan alam suatu wilayah

akibat rotasi bumi keadaan alam suatu wilayah menjadi berbeda,contohnya bumi dibagian garis khatulistiwa mengalami iklim tropis menyebabkan panasnya keadaan alam disana,sedangkan wilayah yg tidak terkena garis khatulistiwa dapat merasakan iklim dingin yang menyebabkan dinginnya keadaan alam disana.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Rotasi Bumi: Pengertian, Akibat, Proses dan Manfaatnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Read More  √Contoh Aktivitas Sosial: Pengertian, Unsur, Manfaat, dan Contoh
Read More  √Pengertian Materi Pembelajaran : Pengertian, Jenis, Prinsip dan Aspeknya
Read More  √Pengertian Literasi Informasi : Tujuan, Struktur dan Jenisnya
Read More  √Media Pembelajaran Online : Pengertian, Jenis, Ciri, Keuntungan dan Kerugian