√Promosi: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Manfaat

Diposting pada
√Promosi: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Manfaat

Pengertian

Promosi adalah sebuah usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk membuat kesadaran, memberitahuan, membujuk serta mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian produk yang di tawarkan perusahaan.

Pengertian lain dari promosi ialah cara memberi tahu ataupun menawarkan produk atau jasa yang bertujuan untuk menarik calon konsumen supaya membeli atau mengkonsumsinya.

Fungsi Promosi

1. Fungsi Pengenalan

Fungsi pengenalan, tujuan dari promosi yakni supaya produk yang hendak dijual dapat diketahui oleh masyarakat. Biasanya produk dipromosikan  isinya informasi-informasi dasar Misalnya informasi merek, harga produk, keunggulan produk yang dipromosikan dibanding  produk lainnya.

2. Fungsi Penawaran

Seorang konsumen bukan hanya diajak untuk mengetahui informasi dari produk atau jasa yang ditawarkan, namun menawarkan pada konsumen agar mengambil sebuah keputusan untuk tergerak membeli. Contohnya untuk pembeli 100 pertama akan memperoleh potongan harga atau diskon sebesar 25% serta gratis souvenir dompet atau aksesoris.

3. Fungsi Penjagaan Konsumen

Pada fungsi ini lebih fokus pada kuantitas transaksi serta bukan kuantitas jumlah konsumen. Yang lebih penting dilakukan yakni menyediakan pelayanan supaya konsumen tetap setiap pada produk. Contohnya adalah promosi hanya member (member only) di bisnis-bisnis tertentu misalnya MLM dsb.

4. Fungsi Perbaikan

Di fungsi perbaikan promosi yakni untuk melakukan perbaikan kesalahan yang sudah dilakukan baik oleh pemilik produk atau tim di perusahaan. Biasa disebut juga dengan sebagai permintaan maaf dari produsen pada konsumen. Contohnya adalah saat ada yang menjual buku “Cara Ternak Lele” yang dilengkapi dengan CD tutorialnya, namun pada kenyataanya penulis itu lupa untuk memasukkan CD didalam buku, sebagai permintaan maaf, maka penulis akan memberikan CD tutorial itu ditambah dengan souvenir pada pembeli.

Baca Juga :  √ 13 Jenis Surat Niaga dan Penjelasannya

Tujuan Promosi

  • Mengirimkan informasi sebuah produk kepada target pasar potensial.
  • Untuk mendapatkan peningkatan penjualan serta laba.
  • Untuk mendapatkan pelanggan baru serta menjaga loyalitas konsumen.
  • Untuk menstabilkan penjualan saat pasar lesu.
  • Menjadi pembeda serta mengunggulkan produk sendiri dari pesaing.
  • Membuat citra produk di mata konsumen sesuai dengan apa yang diinginkan.
  • Merubah tingkah laku serta anggapan konsumen pada produk.

Jenis-Jenis Promosi

1. Advertensi (Periklanan)

  • Advertensi Cetak Contohnya adalah koran, majalah, dsb.
  • Advertensi Rlektronika Contohnya adalah website, blog, radio, televisi, dsb.
  • Pengiriman Langsung adalah barang cetakan yang dikirim langsung dengan menggunakan jasa pos kepada target.
  • Advertensi khusus adalah seluruh jenis barang dalam bentuk hadiah.

2. Personal Selling

Personal selling adalah penyajian barang dengan cara lisan dan bertatap muka dengan satu atau lebih calon pembeli yang bertujuan agar barang yang ditawarkan bisa terjual. Hal tersebut tujuannya pada produk yang sifat pembelinya sekali-kali atau memiliki nilai per unit yang tinggi atau yang di desain dengan kebutuhan khusus. Dengan memberikan peragaan agar bisa menjadikan konsumen percaya lalu melakukan pembelian.

3. Sales Promotion

Sales promotion adalah salah satu jenis promosi yang dilakukan untuk merangsang barang perusahaan dibeli. Yang termasuk alat-alat yang digunakan dalam sales promotion diantaranya adalah:

  • Sampel atau contoh

Dalam melaksanakan promosi tidak boleh ragu untuk memberi contoh pada pembeli.

  • Kupon atau voucher

Sertifikat hak potongan kepada pemegangnya sehingga lebih hemat dalam membeli sebuah produk.

  • Premi

Barang yang penawarannya dengan harga yang sangat rendah.

  • Pakat Harga

Produk harga yang meliputi harga lebih rendah dibanding harga biasanya jika konsumen membeli produk dengan volume yang telah ditentukan.

  • Garansi

Tawaran atau terjadi kerusakan pada produk yang dibeli berdasarkan produknya maka uang akan dikembalikan pada pembeli.

  • Promosi Dagang
Baca Juga :  √Apa itu Lempeng Bumi: Pengertian Beserta Teori Pembentukan

Penawaran yang disediakan dalam bentuk potongan harga dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

  • Undian

Cara promosi dengan menarik konsumen supaya mengumpulkan label yang berisi nama produk agar lalu diundi dan memperoleh hadiah.

  • Kontes

Bentuk promosi dengan menarik konsumen untuk ikut dalam sebuah perlombaan.

4. Publicity

Publicity adalah usaha pendekatan pada masyarakat agar lebih dikenal oleh masyarakat contohnya jumpa pers, publikasi produk, bimbingan pada masyarakat dsb.

Manfaat Promosi

  • Supaya mengetahui produk yang menjadi keinginan dan kebutuhan konsumen.
  • Supaya mengetahui tingkat kebutuhan konsumen terhadap produk.
  • Tau cara mengenalkan dan menyampaikan produk sehinga sampai kepada konsumen.
  • Mengetahui harga yang sesuai dengan keadaan pasar.
  • Mengetahui strategi promos yang tepat pada calon konsumen.
  • Tau kondisi persaingan pasar dan bagaimana mengatasi hal itu.
  • Untuk membuat image produk.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Promosi: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis, Manfaat semoga bermanfaat

Baca Juga :