√Pranata Sosial: Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Jenis

Diposting pada
√Pranata Sosial: Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Jenis

Pengertian

Pranata Sosial adalah sebuah Sistem Tata Kelakuan Dalam Hubungan Yang berpatok pada Aktivitas guna Memenuhi Berbagai Kebutuhan Khusus bagi Masyarakat. Pranata Sosial Berasal Dari Bahasa Asing Social Institutions. Dengan Kata Lain, Pranata Sosial adalah Kumpulan Norma (Sistem Norma) Dalam Hubungannya dengan Pemenuhan Kebutuhan Pokok pada Masyarakat.

Ciri-ciri Pranata Sosial

1. Mempunyai Lambang atau Simbol

Setiap Pranata Sosial biasa mempunyai Lambang-Lambang Atau Simbol-Simbol Yang ada Dalam Tulisan, Gambar Yang mempunyai Makna Serta Menggambarkan Tujuan serta Fungsi Pranata. Contoh Cincin  adalah Pernikahan Sebagai Simbol Dalam Pranata Keluarga, Burung Garuda adalah Simbol Dari Pranata Politik Negara Indonesia.

2. Mempunyai Tata Tertib Dan Tradisi

Pranata Sosial mempunyai Aturan Yang Menjadi Tata Tertib dan  Tradisi ,Baik Yang Tertulis ataupun Tidak Tertulis Yang Akan Menjadi patokan Serta Pedoman bagi Semua Anggota Masyarakat Yang Ada Di Dalamnya. Contohnya Dalam Pranata Keluarga Seorang Anak Wajib Bersikap Hormat pada Orang Tua, tapi Tidak Ada Aturan Tertulis Yang Baku terkait Deskripsi Sikap itu. Sedangkan Dalam Pranata Pendidikan Ada Aturan-Aturan Tertulis Yang Wajib Dipatuhi Semua Warga Sekolah Yang ada Dalam Tata Tertib Sekolah.

3. Mempunyai Satu Atau Beberapa Tujuan

Pranata Sosial memiliki Tujuan Yang Disepakati Bersama Oleh Anggota Masyarakat. Tujuan Pranata Sosial Kadang tak Sejalan Dengan Fungsinya Secara Keseluruhan.

Baca Juga :  √Apa itu Kas Kecil: Pengertian, Ciri, Tujuan, Dokumen, Metode

4. Mempunyai Nilai

Pranata Sosial adala Hasil Pola-Pola Pemikiran Dan Pola-Pola Perilaku Dari Sekelompok Orang Atau Anggota Masyarakat, tentang Apa Yang Baik Dan Apa Yang Seharusnya Dilakukan Dalam Kehidupan Bermasyarakat. Dengan begitu Pranata Sosial berasal dari Adat Istiadat, Tradisi Atau Kebiasaan Serta Unsur-Unsur Kebudayaan Lain Yang Secara Langsung ataupun Tidak Langsung Bergabung Dalam sebuah Fungsi, Sehingga Pranata Sosial itu Mempunyai Makna Atau Nilai Di Dalam Masyarakat itu. Contoh Tradisi serta Kebiasaan Dalam Pranata Keluarga ialah Sikap Menghormati Atau Sikap Sopan Santun pada Orang Yang Lebih Tua.

5. Mempunyai Usia Lebih Lama (Tingkat Kekekalan Tertentu)

Pranata Sosial biasanya mempunyai Umur Lebih Lama Daripada Umur Manusia. Pranata Sosial Pada Umumnya tak Mudah Berganti Atau Berubah. Hal itu Terbukti Dengan Banyaknya Pranata Sosial Yang Diwariskan Dari Generasi Ke Generasi. Pranata Sosial Yang sudah Diterima Akan Melembaga Pada Setiap Diri Anggota Masyarakat Dalam Jangka Waktu Relatif Lama Sehingga bisa Di Tentukan mempunyai Tingkat Kekekalan Tertentu. Contohnya Tradisi Silaturahmi Pada Waktu Hari Raya Lebaran adalah Tradisi Turun Temurun Dari Dulu sampai Sekarang.

Fungsi Pranata Sosial

  • Memberikan Pedoman pada Anggota Masyarakat Dalam Hal Bertingkah Laku serta Bersikap Dalam Menghadapi Masalah Kemasyarakatan.
  • Menjaga Keutuhan Dan persatuan Masyarakat.
  • Memberikan Pegangan pada Masyarakat Untuk Mengadakan Sistem Pengendalian Sosial, maksudnya Sistem Pengawasan Masyarakat pada Tingkah Laku Anggota-Anggotanya.

Tujuan Pranata Sosial

  • Pranata Yang Bertujuan Untuk Memenuhi Kebutuhan Sosial serta Kekerabatan .
  • Pranata Yang Memenuhi Kebutuhan Manusia contonya Mata Pencaharian Hidup Memproduksi, Menimbun Dan Mendistribusi Harta Benda.
  • Pranata Yang Bertujuan Untuk Memenuhi Kebutuhan Pengetahuan serta Pendidikan.
  • Pranata Yang bertujuan Memenuhi Kebutuhan Ilmiah Manusia.
  • Pranata Yang Bertujuan Memenuhi Kebutuhan Manusia guna Menyatakan Keindahan Dan Rekreasi.
  • Pranata Yang Bertujuan Memenuhi Kebutuhan Manusia Dalam hubungannya Dengan Tuhan.
  • Pranata Yang Bertujuan Memenuhi Kebutuhan Manusia Dalam Membangun Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.
Baca Juga :  √ Fungsi Bunga Pada Tumbuhan : Pengertian, Sistem Reproduksi, Struktur

Jenis-jenis Pranata Sosial

1. Pranata Keluarga

Pranata Keluarga merupakan suatu kelompok Yang Disarkan Atas Pertalian sanak saudara yang mempunyai Tanggung jawab Atas Sosialisasi anak Anaknya serta Pemenuhan Kebutuhan Pokok Lainnya . Keluarga tersebut terdiri dari kelompok kelompok Yang mempunyai Pertalian Hubungan Darah , Tali perkawinan , atau adopsi dan hidup Bersama sama Dalam kurun waktu Yang tak terbatas .

2. Pranata Agama

Pranata Agama  meruppakan Seperangkat aturan yang Mengatur Hubungan Manusia Dengan Tuhan , Mengatur Hubungan Antara manusia Dengan Manusia Lainya , serta Mengatur Hubungan Manusia Dengan Lingkungannya .

Dalam Setiap Ajaran Agama pasti  Mengajarkan Kepada Umatnya Untuk Menghormati serta Melaksanakan Ajaran Agama Masing masing Dengan Benar. Tempat ibadah bukan Hanya Sebagai Lingkunngan Untuk Peribatan , Namun untuk Lingkungan pergaulan .

3. Pranata Pendidikan

Pranata Pendidikan merupakan Salah satu Proses yang terjadi sebab hubungan Berbagai faktor Yang menghasilkan penyadaran diri serta lingkungan Sehingga Menampilkan Rasa Percaya diri Dengan lingkungan .

4. Pranata Ekonomi

Pranata Ekonomi merupakan Sarana Yang distandarisi untuk memelihara ketertiban Dalam proses produksi serta distribusi barang dan jasa.

5. Pranata Politik

Pranata Politik merupakan Serangkaian Peraturan Baik Tertulis ataupun tidak Untuk mengatur segala aktivitas poitik Dalam sebuah masyarakat maupun Negara .

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Pranata Sosial: Pengertian, Ciri, Fungsi, Tujuan, Jenis semoga bermanfaat

Baca Juga :