√ Peran Pers Dalam Masyarakat: Pengertian Dan Perannya

Diposting pada

Pengertian Pers

Pers merupakan lembaga sosial dan juga wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memiliki, memperoleh, menyimpan, mengolah, serta menyampaikan informasi baik bentuk tulisan, gambar, suara, data,  suara&gambar,  grafik maupun dalam bentuk lainnya yang menggunakan media elektronik, media cetak dan jenis saluran lainnya.

√ Peran Pers Dalam Masyarakat: Pengertian Dan Perannya

Pengertian Pers Menurut Para Ahli

  1. Menurut R.Eep Saefulloh Fatah pers ialah pilar keempat untuk demokrasi yang mempunyai peranan penting dalam membangun kepercayaan (trust), kredibilitas, dan juga legitimasi pemerintah.
  2. Frederich S. Siebert mengartikan Pers sebagai semua media komunikasi massa yang memenuhi persyaratan publisistik ataupun tidak serta media komunikasi massa yang memenuhi persyaratan publisistik tertentu.
  3. Pengertian pers menurut Oemar Seno Adji yaitu pers dalam arti sempit ialah penyiaran gagasan, pikiran ataupun berita secara Sedangkan dalam arti luas yaitu memancarkan pikiran atau gagasan serta perasaan seseorang baik memakai kata kata tertulis ataupun lisan serta menggunakan semua media komunikasi.

Peran Pers

Fungsi pers berdasarkan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999, ialah :

  1. Media Komunikasi

Pers berfungsi sebagai Media yang menghubungkan dan menjembatani antara beberapa elemen masyarakat, pemerintah dengan masyarakat, serta antara masyarakat itu sendiri.

  1. Media Pendidikan

Pers bisa memberikan pendidikan terhadap masyarakat dalam segala bidang. seperti pendidikan dalam politik, yaitu dengan memberikan informasi tentang berbagai hal terkait politik dan juga pemilihan kepala daerah.

  1. Media Hiburan

Pers tidak hanya berisikan tentang politik maupaun pendidikan atau berita ekonomi. Tetapi Pers juga sebagai media hiburan. Seperti diselenggarakannya acara kesenian, acara sinetron, dan lain sebagainya di televise, cetak ataupun media tulisan lainnya.

  1. Lembaga Ekonomi

Pers bisa berfungsi juga sebagai lembaga ekonomi. Kegiatan usaha penerbitan serta percetakan pers menghasilkan laba dan juga perputaran uang. Banyak karyawan yang terlibat didalamnya dan di gaji sesuai aturan yang berlaku.

Peranan Pers dalam Masyarakat Demokrasi

Peranan pers di masyarakat sesungguhlah sangat besar.  Begitu pun Peranan pers dalam masyarakat demokrasi merupakan tanda terlaksana atau tidaknya demokrasi tersebut.. Semakin besar peranan pers maka semakin maju negara demokrasi yang bersangkutan. Berikut peranan pers dalam masyarakat demokrasi:

  1. Memenuhi Hak Masyarakat Untuk Mengetahui Informasi

Masyarakat sangat membutuhkan yang namanya informasi. Khususnya kejadian dimanca negara yang secara langsung atau tidak langsung berhubungan dengan Indonesia.

  1. Menegakkan Nilai Dasar Demokrasi

Nilai dasar demokrasi ialah nilai yang menghargai hak asasi manusia. Semua manusia dilahirkan dengan hak yang sama. Dengan semua informasi yang telah dikumpulkan pers, berarti sama dengan menjunjung kebebasan berpendapat/aspirasi secara lisan/ tulisan.

  1. Mendorong terwujudnya Superamsi Hukum

Negara Indonesia  merupakan negara hukum. Segala sesuatu harus sesuai ketentuan undang-undang yang berlaku.  Semua hak untuk warga negara dijamin. Pers juga berusaha membantu mensosialisasikan peraturan perundang-undangan yang ada.

  1. Mendorong Terwujudnya Hak Asasi Manusia

Pers di Indonesia mendorong terjaminnya pelaksanaan hak asasi manusia.  Pers berperan serta mensosialisasikan HAM, melaksanakannya, serta mengawasi jalannya HAM tersebut.

  1. Menghormati Kebhinekaan

Indonesia merupakan negara yang memiliki keberagaman tertinggi didunia. Disini Pers berperan mendorong masyarakat untuk menghormati kebhinekaan,  dengan cara tidak memberitakan hal yang belum tentu kebenarannya serta bisa memicu / mengadu domba antar kedua pihak yang berbeda.

  1. Mengembangkan Pendapat

Pers juga berperan dalam mengembangkan pendapat umum. Menyampaikan segala sesuatu yang menjadi pendapat umum berdasarkan informasi yang tepat, akurat, dan juga benar.

  1. melakukan Pengawasan

Pers berperan melaksankan pengawasan terhadap seluruh komponen masyarakat serta pemerintahan.  Pers tidak memihak kemana pun, kecuali kebenaran.

  1. Memperjuangkan Keadilan dan Kebenaran

Pers demokrasi seharusnya tidak memiliki peran memihak terhadap kelompok tertentu.  Yang disampaikan pers ialah kebenaran serta keadilan.

Peranan Pers dalam masyarakat demokrasi Indonesia menurut Gurevitch dan J.G blumler adalah :

  1. Pers Berperan Sebagai Saluran Informasi Perkembangan Kehidupan Sosial Dan Politik

Pers seharusnya berperan aktif memberikan informasi perkembangan kehidupan sosial politik pada masyarakat Indonesia.  Tidak hanya yang terjadi di daerah tertentu saja atau yang dilakukan oleh tokoh tertentu.  Namun informasi menyeluruh sesuai fakta , akurat, dan bisa dipertanggungjawabkan.

  1. Memberikan Gambaran Isu-Isu Penting

Pers berperan menyampaikan gambaran tentang isu-isu penting yang terjadi di dalam ataupun luar negeri. Seperti  kenaikan harga BBM dalam negeri, pertemuan menteri yang membahas perekonomian Bangsa Indonesia, bencana alam yang terjadi, dan lain sebagainya.

  1. Wahana Debat Politik

Pers juga bisa menjadi wahana debat politik. Karena pers merupakan media menyampaikan pikiran, perasaan, serta pendapat secara tulisan ataupun lisan. Debat dalam ruang lingkup pers harus masih dalam kerangka demokrasi pancasila, ada batasan untuk tidak menyinggung isu SARA ,menghina salah satu SARA sehingga menimbulkan perpecahan.

  1. Membantu Pemerintah

Pers dalam hal ini bisa menjadi corong perintah dalam menyampaikan semua program dan juga rencana kerja yang baik.  Informasi yang disampaikan sangat penting mulai dari pemerintah daerah ataupun pusat. Sehingga masyarakat bisa mengetahui kegiatan pembagunan yang sudah berjalan. Selain itu, pers membantu pemerintah dalam memperhitungkan cara menggunakan kekuasaan, seperti apa yang dibutuhkan oleh rakyat dan bagaimana program tersebut.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Peran Pers Dalam Masyarakat: Pengertian Dan Perannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Peran KAA : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Peran Dan Hasilnya
Baca Juga :  14 Penyimpangan Pada Orde Baru
Baca Juga :  √ Pengertian Walikota : Pengertian, Syarat, Tugas Dan Wewenang
Baca Juga :  √ Penegrtian PKN SD : Pengertian, Hakekat, Tujuan Dan Ruang Lingkupnya