√Pengertian Pencemaran Udara: Penyebab dan Dampaknya

Diposting pada
√Pengertian Pencemaran Udara: Penyebab Dan Dampaknya

Pengertian

Pencemaran Udara  merupakan kehadiran 1 atau lebih substansi fisik, kimia ,dan biologi di atmosfer dalam jumlah besar yang bisa membahayakan kesehatan manusia, hewan,tumbuhan, serta mengganggu estetika kenyamanan.

Pencemaran udara bisa disebabkan oleh sumber alami maupun kegiatan manusia. Sumber alami yang bisa menyebabkan pencemaran udara contohnya adalah letusan gunung berapi atau kebakaran hutan. Sementara kegiatan manusia yang membuat udara tercemar ialah limbah industri dan asap kendaraan bermotor.

Penyebab Pencemaran Udara

1. Penyebab Pencemaran Udara Secara Alami

Polusi udara bisa terjadi secara alami lewat beberapa proses yaitu sebagai berikut:

  • Berasal dari Proses pembusukan sampah organik yang mengeluarkan bau busuk ke udara.
  • Berasal dari Asap, gas, dan abu vulkanik yang dikeluarkan oleh gunung berapi ketika meletus.
  • Kebakaran hutan yang terjadi secara alamiah.
  • Berasal dari Debu dan gas yang berterbangan ke udara akibat tiupan angin kencang

2. Penyebab Polusi Udara karena Manusia

Pencemara udara pun terjadi karena ulah manusia. Berikut adalah beberapa penyebab pencemaran udara karena manusia:

  • Asap Pabrik

Industri dan pabrik saat ini memproduksi barang dalam jumlah besar. Proses pembakaran di pabrik itu menghasilkan asap beracun yang dilepaskan ke udara.

  • Asap Kendaraan Bermotor

Pertumbuhan pengguna kendaraan bermotor juga ikut menyumbang asap beracun ke udara dalam jumlah besar. Menurut banyak sumber, penyebab polusi udara terbesar sekarang ini adalah dari hasil asap kendaraan bermotor.

  • Pembangkit Listrik
Baca Juga :  √ Contoh Akulturasi Kebudayaan Hindu Budha : Pengertian dan Contoh

Pembangkit listrik dengan bahan bakar batu bara menghasilkan partikel oksida sulfur (S02) serta nitrogen oksida (NO2) yang berbahaya untuk mahluk hidup.

  • Bahan Radioaktif

Percobaan nuklir atau bom atom akan menghasilkan partikel-partikel debu radioaktif terbang ke udara yang menyebabkan polusi.

Dampak Pencemaran Udara

1. Gangguan Pernapasan

Pencemaran udara menimbulkan efek berbahaya untuk kesehatan manusia. Contohnya adalah timbulnya gangguan saluran pernafasan. Beberapa penyakit infeksi saluran pernafasan adalah asma, bronkitis serta gangguan pernapasan lainnya.

2. Efek pada Kesehatan Kulit

Masih dalam bidang kesehatan manusia, pencemaran udara pun berdampak pada kesehatan kulit. Adanya polusi udara bisa menyebabkan kulit menjadi kusam, elastisitas merosot, penuaan dini, keruput dini, flek hitam sampai penyakit kanker kulit.

3. Dampak Ekonomi

Efek pencemaran udara pun berdampak pada bidang ekonomi, yaitu menurunkan produktivitas kerja. Alasannya sebab bisa saja seseorang terganggu kesehatannya atau dalam perjalanan terganggu padangannya karena polusi udara.

4. Kualitas Udara Menurun

Salah satu dampak pencemaran udara yang pasti ialah bisa menurunkan kualitas udara. Pencemaran udara membuat kualitas udara menurun dan berbahaya untuk manusia yang menghirupnya. Salah satu solusinya ialah dengan memakai masker.

5. Kerusakan Tanaman

Akibat pencemaran udara berdampak pada tanaman menjadi rusak. Tanaman yang terkena pencemaran udara tinggi bisa terganggu pertumbuhannya serta rawan penyakit, antara lain klorosis, nekrosis, dan bintik hitam. Bahkan pencemaran udara pun bisa menghambat proses fotosintesis.

6. Hujan Asam

Dampak pencemaran udara berikutnya ialah terjadinya hujan asam. Pencemar udara seperti SO2 serta NO2 bereaksi dengan air hujan membentuk asam dan menurunkan pH air hujan. Dampak hujan asam antara lain menurunkan kualitas air, merusak tanaman serta bisa merusak material dan bangunan.

Baca Juga :  √ Bjorn Ironside : Mengenal, Masa Keemasan, Penaklukan, Dan Balas Dendam

7. Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca menjadi salah satu dampak polusi udara akibat dari pemanasan global. Hal tersebut dikarenakan keberadaan CO2, CFC, metana, ozon, serta N2O di lapisan troposfer menyerap radiasi panas matahari berasal dari dipantulkan ke permukaan bumi. Pemanasan global bisa meningkatkan suhu rata-rata bumi, pencairan es di kutub serta perubahan iklim global.

8. Kerusakan Lapisan Ozon

Kerusakan lapisan ozon pun bisa terjadi akibat pencemaran udara. Lapisan ozon adalah pelindung alami bumi yang berfungsi memfilter radiasi ultraviolet dari matahari. Adanya emisi CFC bisa menyebabkan laju penguraian molekul-molekul ozon lebih cepat dari pembentukannya, sampai bisa terbentuk lubang-lubang pada lapisan ozon.

9. Atmosfer Tercemar

Atmosfer bumi adalah lapisan gas atau udara yang berguna untuk menyaring sinar serta cahaya matahari. Adanya pencemaran udara secara tak langsung pun membuat lapisan atmosfer menjadi tercemar serta terancam akibat dari ulah kegiatan manusia sendiri.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Pengertian Pencemaran Udara: Penyebab Dan Dampaknya semoga bermanfaat

Baca Juga :