√ Pengertian Pencemaran Air: Pengertian, Sumber, Penyebab, Dampak, Contoh, Cara Menanggulangi

Diposting pada

Pengertian

Pencemaran air adalah masuknya komponen yang bercampur dengan air sampai menurunkan kualitas air. Komponen itu antara lain adalah unsur, energi, dan zat lainnya.Pencemaran air antara lain ialah pencemaran air laut, pencemaran air tanah, air sungai, dan air danau.

Pengertian Pencemaran Air: Pengertian, Sumber, Penyebab, Dampak, Contoh, Cara Menanggulangi

Berdasarkan UU No. 3 Tahun 1997 menyatakan bahwa pencemaran air merupakan menurunnya kualitas air karena masuknya makhluk hidup, zat, energi ke dalam air akibat aktifitas manusia. Penurunan kualitas air itu bisa disebabkan secara sengaja oleh aktifitas manusia. Contohnya ialah membuang sampah di sungai dan lain – lain.

Sumber Pencemaran Air

  1. Limbah rumah tangga contohnya air sabun dan sampah yang banyak orang membuangnya secara sembarangan di sungai.
  2. Limbah industri. Banyak limbah pabrik yang langsung dibuang ke sungai Hal ini bila dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan pencemaran air di sungai.
  3. Limbah Pertanian. Limbah ini berasal dari pupuk kimia dan pestisida yang dipakai untuk memelihara tanaman. Hal tersebut bisa mencemari air yang terkandung di dalam tanah.
  4. Peternakan. Dalam peternakan sering memotong hewan baik itu ayam, bebek, sapi ataupun kambing. Darah dari penyembelihan hewan itu bisa mencemari air jakay dibuang ke sungai atau dibuang sembarangan.
  5. Limbah kendaraan yang beroli juga bisa mencemari air.
  6. Sampah yang dibuang sembarangan juga bisa mencemari air, terutama air sungai. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali orang yang membuang sampah di sungai. Selain dapbisaat mencemari air, membuang sampah di sungai juga bisa menimbulkan penyakit kalau tidak diatasi dengan baik.
  7. Penggundulan hutan juga bisa mencemari air. Hal tersebut dikarenakan tidak ada lagi pohon yang mengikat air tanah sampai jumlah air akan berkurang.
  8. Di area pertambangan juga bisa memicu terjadinya pencemaran air serta mengurangi jumlah air bersih.

Penyebab

  1. Sampah organik dan anorganik

Sampah ini merupakan salah satu penyebab pencemaran air. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali sampah yang dibuang di sungai. Hal tersebut menyebabkan air sungai tercemar.

  1. Limbah industri

Limbah industri merupakan salah satu penyebab utama pencemaran lingkungan. Limbah cair industri yang dibuang ke laut atau sungai tanpa diolah terlebih dahulu bisa mencemari lingkungan perairan. Oleh karena itu, alangkah baiknya kalau sebelum dibuang limbah di olah terlebih dahulu supaya tidak membahayakan lingkungan di sekitar kita.

  1. Pertambangan

Salah satu contoh pencemaran air adalah pertambangan batubara. Hal tersebut dikarenakan saat batubara dibakar maka merkuri yang terkandung di dalamnya telepas bebas di udara. Merkuri itu bisa kembali lagi dan masuk ke dalam tanah sehingga bisa mencemari air.

  1. Bahan peledak untuk menangkap ikan

Bahan peledak bisa mencemari air laut dan bisa merusak ekosistem di dalamnya, salah satunya adalah ekosistem terumbu karang. Selain itu, dengan bahan peledak anda pun mematikan ikan kecil dan ikan besar sehingga bisa menghambat regenerasi ikan.

  1. Peternakan dan perikanan

Limbah kotoran dan sisa – sisa makanan dari ternak kalau dibuang di sungai bisa mencemari air. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem untuk melakukan pengelolaan limbah itu.

  1. Limbah pertanian

Limbah pertanian antara lain ialah jerami, sekam padi, sisa batang, ranting, buah busuk ,dsb.

  1. Tumpahan minyak di laut

Tumpahan minyak di laut berpengaruh pada keseimbangan ekosistem di laut. Tapu minyak yang tumpah di laut sering terjadi karena derasnya arus lalu lintas transport minyak.

  1. Detergen

Detergen adalah salah satu contoh limbah rumah tangga. Oleh karena itu, anda harus melakukan pengolahan limbah itu dengan baik supaya tidak mencemari air di lingkungan sekitar anda.

  1. Perusakan hutan

Perusakan hutan juga bisa menjadi penyebab pencemaran air karena kalau banyak pohon yang ditebang maka tidak ada lagi yang dapT mengikat air di tanah. Hal tersebut berefek pada munculnya erosi pada tanah.

Dampak Pencemaran Air

  1. Meledaknya hama

Salah satu dampak pencemaran lingkungan ialah memutus rantai makanan pada sebuah ekosistem. Contohnya adalah penggunaan pestisida yang berlebihan bisa menyebabkan banyak predator yang mati sehingga jumlah hama akan meledak.

  1. Punahnya spesies

Pencemaran air bisa membuat banyak spesies ikan dan biota lain yang ada di lingkungan perairan punah. Hal tersebut sangat merugikan karena bisa menurunkan jumlah keanekaragaman dalam ekosistem air.

  1. Keseimbangan lingkungan terganggu

Keseimbangan lingkungan bisa terganggu saat terjadi perubahan interaksi dalam sebuah ekosistem.

Contoh Pencemaran Air

  1. Limbah pabrik yang dibuang ke sungai tanpa lewat pengolahan. Hal tersebut sangat berbahaya karena senyawa toksik pada limbah itu bisa mengganggu ekosistem sungai.
  2. Membuang sampah ke sungai. Salah satu cara mencegah terjadinya pencemaran ialah membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, anda juga wajib memisahkan antara sampah organik dan anorganik. Dengan adanya pengelolaan sampah maka anda sdah berkontribusi dalam mencegah timbulnya pencemaran khususnya pencemaran air.
  3. Penggunaan bahan peledak untuk menangkap air Hal tersebut bisa mengganggu keseimbangan biota dan ekosistem di laut. Bahkan parahnya bisa mematikan dan merusak banyak jenis hewan dan ikan dan terumbu karang.
  4. Limbah nuklir, limbah rumah tangga serta tumpahan minyak di laut pun adalah beberapa contoh pencemaran air.

Cara menanggulangi Pencemaran Air

  1. Menempatkan industri pabrik di daerah yang jauh dari pemukiman penduduk Hal tersebut untuk mencegah pencemaran lingkungan baik pencemaran udara, air serta darat.
  2. Mengawasi penggunaan zat kimia dan pestisida dan cara pembuangannya.
  3. Mencegah penggundulan hutan serta melakukan program reboisasi supaya menjaga keseimbangan air. Hal ini dikarenakan pohon bisa membantu mengikat air di dalam tanah sehingga bisa menjaga keseimbangan air di dalam tanah.
  4. Membuang sampah pada tempatnya Hal tersebut bisa mengurangi pencemaran air. Salah satu caranya ialah dengan memisahkan antara sampah plastik, sampah organik dsb.

demikian artiekel pembahasan mengenai √ Pengertian Pencemaran Air: Pengertian, Sumber, Penyebab, Dampak, Contoh, Cara Menanggulangi, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Pengertian Fermentasi : Jenis, Ciri, Tujuan, Fungsi, Manfaat, Faktor
Baca Juga :  √ Pemerintahan Darurat Republik Indoensia: Latar Belakang dan Peranan
Baca Juga :  √ Lapisan Matahari: Pengertian, Lapisan dan Manfaatnya
Baca Juga :  √ Kebijakan Tanam Paksa : Pengertian, Latar Belakang, Beserta Dampaknya