√ Pengertian Paragraf : Ciri, Jenis Beserta Fungsinya

Diposting pada

Pengertian Paragraf

Paragraf merupakan suatu kumpulan dari kesatuan pikiran yang kedudukannya lebih tinggi serta lebih luas dari pada kalimat. Atau bisa diartikan pula paragraf ialah bagian dari sebuah karangan yang terdiri dari beberapa kalimat, yang berisiskan tentang informasi dari penulis untuk pembaca dengan pikiran utama sebagai pusatnya dan pikiran penjelas sebagai pendukungnya. Paragraf terdiri beberapa kalimat yang berhubungan antara satu dengan yang lain dalam suatu rangkaian yang mengahasilkan sebuah informasi. Paragarf juga bisa disebut sebagai penuangan ide dari penulis melalui beberapa kalimat yang berkaitan dan mempunyai satu tema. Paragraf juga bisa disebut sebagai karangan yang singkat.

√ Pengertian Paragraf : Ciri, Jenis Beserta Fungsinya

Ciri – Ciri Paragraf

Setelah kalian mengetahui tentang pengetian dari paragraf kini mari kita pelajari tentang ciri-ciri sebuah paragraf. Adapun ciri-cirinya ialah sebagai berikut:

Pada Kalimat baris pertama terletak agak dalam. yaitu, dengan jarak lima ketukan spasi untuk jenis karangan yang biasa. Untuk kalimat pada baris selanjutnya ini biasanya lebi maju dari kalimat pad abaris pertama.

Paragraf mempunyai dua jenis kalimat. Yakni, kalimat utama dan juga kalimat penjelas.

Sebuah paragraf biasanya memakai satu kalimat utama dan juga beberapa kalimat penjelas.

Kalimat utama atau disebut kalimat topik adalah kalimat pokok atau gambaran umum tentang ide yang ingin di sampaikan. Sedangkan kalimat penjelas ialah gambaran rinci dari ide yang akan di sampaikan. Dengan kata lain kalimt penjelas menguraikan ataupun menerangkan pikiran utama yang terdapat pada kalimat topik. Misalnya adalah, kita ingin membahas masalah bola. Maka kalimat utama paragraf tersebut ialah gambaran umum tentang bola, sedangkan kalimat penjelasnya bisa berupa gambaran khusus tentang bola.

Jenis – Jenis Paragraf

Dengan ciri-ciri  paragraf yang telah disebutkan di atas, kita bisa memahami bagai mana dentuk sebuah paragraf itu. Selanjutnya akan kita akan bahas tentang jenis-jenis dari paragraf. Adapun jenisnya ialah sebagai berikut:

Paragraf berdasarkan jenis ceritanya yakni:

Paragraf Narasi

Paragraf Narasi ialah paragraf yang menceritakan suatu kejadian berdasarkan urutan waktunya. Paragraf narasi terdiri dua jenis yakni narasi kejadian dan juga narasi runtut cerita. Paragraf narasi kejadian ialah paragraf yang menceritakan suatu kejadian. Sedangkan paragraf narasi runtut cerita ialah paragraf yang pola pengembangannya dimulai dengan sebuah tindakan yang menghasilkan sesuatu berlanjut ketahap berikutnya hingga tahap ahir dari cerita.

Paragraf Eksposisi

Paragraf Eksposisi adalah paragraf yang bertujuan untuk memaparkan, menyampaikan informasi, menjelaskan dan juga menerangkan suatu topik  kepada orang lain.  Tujuan paragraf eksposisi adalah untuk memberikan informasi kepada oarang lain. guna memahami paragraf eksposisi kita harus mengana lisis dan menghubungkan dengan  pengetahuan ynag kita miliki.

Paragraf Agumentasi

Paragraf Agumentasi adalah paragraf yang diguakan untuk mengungkapkan ide, gagasan, ataupun pendapat penulis yang disertai bukti dan fakta (yang benar terjadi). Paragraf argumentasi bertujuan untuk meyakinkan orang lain bahwa ide, gagasan, dan pendapat tersebut ialah benar adanya dan terbukti nyata.

Paragraf persuasi

Paragraf persuasi adalah paragraf yang memiliki tujuan untuk membujuk orang lain supaya melakuan sesuatu yang di inginkan oleh penulisnya. Agar tujuan tersebut bisa tercapai, penulis harus bisa pembaca percaya dengan disertai dengan pembuktian yang nyata.

Paragraf deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terlatak di awal paragraf. Dan kalimat penjelasnya diletakkan setelah kalimat utama.

Paragraf induktif

Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak diakhir paragraph. kalimat penjelsanya diletakan sebelum kalimat utama.

Paragraf campuran (deduktifinduktif)

Paragraf campuran (deduktifinduktif) adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan akhir paragraf. dan kalimat penjelasnya berada di tengah-tengah paragraf.

Fungsi Paragraf

Adapun fungsi dari pagraf sediri ialah sebaga berikut ini :

  1. Mengekspresikan gagasan yang tertulis

Maksudnya mengekspresikan gagasan disisni adalah memberikan bentuk suatu pikiran dan juga perasaan ke dalam rangkaian kalimat yang tersusun sehingga membentuk suatu kesatuan.

  1. Untuk menandai peralihan gagasan baru

Maksudnya sebuah karangan yang terdiri beberapa paragraf mempunyai beberapa ide atau gagasan. Dan ide atau gagasan tersebuat teletad di masing masing paragraf. Sehingga apabila kita membuat paragraf baru maka kita juga membuat gagasan baru.

  1. Untuk memudahkan menulis dan pembaca

 yaitu memudahkan penulis dalam menyusun gagasannya. Dan juga untuk memudahkan pembaca dalam memahami gagasan dari penulis.

  1. Memudahkan pengembangan topik

yaitu dalam mengembangkan topik sebuah  karangan ke dalam bentuk pemikiran yang lebih kecil.

  1. Untuk memudahkan pengendalian variable

yaitu pengarang lebih mudah dalam mengendalikan variabel, terutama pada karangan yang terdiri dari banyak variabel.

demikianlah artikel pembahasan mengenai √ Pengertian Paragraf : Ciri, Jenis Beserta Fungsinya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Apa itu Integrasi Sosial : Pengertian, Proses, Jenis, Manfaat dan Contohnya
Baca Juga :  √ Pengertian Fungi : Ciri, Tumbuhan Eukariota, Prokariota, Heterotrof
Baca Juga :  √ Pengertian Adaptasi : Tujuan, Jenis Beserta Contohnya
Baca Juga :  √ Jaringan Epidermis : Ciri Khas Beserta Tipenya