√ Pengertian Negara Hukum : Pengertian, Ciri, Unsur, Alasan, Jenisnya

Diposting pada

1.Pengertian Negara hukum

negara hukum ialah Negara yang menjalankan sebuah tindakan yang didasarkan kepada aturan hukum yang sudah ada. selain itu tugas Negara juga menjalankan kesadaran hukum yang dimana suatu bentuk peraturan hukum harus berlaku juga dan ditaati oleh tiap-tiap warga negaranya .

√ Pertian Negara Hukum : Pengertian, Ciri, Unsur, Alasan, Jenisnya

2.Ciri Ciri Negara Hukum

Berikut ialah Ciri-ciri Negara hukum :

1)Terdapat pengakuan dan juga perlindungan atas(HAM) Hak Asasi Manusia
2)Terdapat peradilan yang bebas serta tidak memihak,
3)Terdapat legalitas didalam arti hukum.
4)Alasan Menjadi Negara Hukum
5)Legitimiasi demokrasi
6)Demi kepastian hukum
7)Tuntutan perlakukan yang sama
8)Tuntutan akal budi

3.Unsur-unsur negara hukum

1)sebagai Hak dasar manusia yang dihargai sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai manusia.
2)Adanya pembagian kekuasaan untuk dapat menjamin hak-hak
3)Pemerintahan dilakukan berdasarkan dari peraturan perundang-undangan.
4)Hadirnya peradilan administrasi didalam perselisihan antara rakyat dan juga pemerintahannya.

4.alasan jadi negara hukum

Berikut ini ialah alasan utama mengapa Indonesia menjadi negara hukum:

1)Demi kepastian hukum

Dalam negara hukum ada kepastian hukum yang didukung oleh dasar hukum. Dasar hukum itu di cantumkan dalam konstitusi. Bagi Indonesia konstitusi yang harus menjadi dasar hukum diberbagai permasalah adalah undang – undang dasar 1945.

2)Tuntutan keadilan

Tuntutan keadilan ialah semua warga negara mempunyai posisi sama di mata hukum. sebab itu semua mendapat perlakuan sama di mata hukum. Hal tersebut membuktikan bahwa hukum ialah suatu kelompok netral yang bisa digunakan untuk menentukan sebuah peradilan.

3)Legitimasi demokrasi

Sebagai negara hukum Indonesia menjunjung tinggi demokrasi, hal ini berarti Indonesia mengakui bahwa rakyat juga mempunyai kekuasaan. sebab itu, dalam negara hukum, kita bisa saja menyebut bahwa sesuatu di mulai dari pemerintahan hingga kebijakan sebagai hasil dari pemerintahan.

4)Tuntutan akal budi

Seiring berjalannya waktu, taraf akal budi manusia juga mengalami peningkatan serta perkembangan. sebab itu, dibutuhkan sesuatu yang memiliki kepastian dan konsistensi yang bisa dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan maupun penyelesaian masalah. Dengan ini Indonesia menjadi negara hukum, karna itu Indonesia mempunyai hukum yang jelas dan konsisten untuk segala permasalahan yang terjadi.

 

5. Jenis Negara Hukum

Berikut ini ialah beberapa jenis negara hukum:

1)Negara hukum liberal

Pada negara hukum liberal, warga negara serta pejabat yang pemegang kekuasaan harus patuh pada hukum yang berlaku sebagai peraturan negara yang diakui semua warga negara. Dalam hal ini, hukum yang berlaku sudah disepakati oleh para pemegang kekuasaan. Namun, dalam hal ini warga negara bersifat pasif dan tidak ada yang dapat dilakukan selain patuh pada peraturan yang berlaku.

2)Negara hukum formal

Negara hukum formal memiliki ciri bahwa hukum yang berlaku sudah melalui proses kesepakatan antara rakyat dengan pemerintah dalam negara hukum. Dalam negara hukum formal, tugas serta wewenang pemerintah dibatasi oleh undang – undang yang berlaku. Negara hukum formal bisa disebut dengan negara hukum yang menerapkan demokrasi. Ciri – ciri dalam negara hukum formal sama sejalan dengan ciri – ciri negara hukum yang umum di Indonesia.

 

3)Negara hukum material

Jika dalam negara hukum liberal penguasa politik memiliki kekuasaan lebih dalam hal penetapan serta pelaksanaan hukum, negara hukum material juga memberikan akses lebih pada penguasa politik terhadap hukum yang berlaku. Sebenarnya konsep negara hukum material ini hampir mirip dengan konsep negara hukum formal yang lebih dikembangkan. Pengembangan tersebut diwujudkan dengan tindakan penguasa yang harus berdasar UU. Namun, dalam hal mendesak, para pejabat politik diperbolehkan melanggar hukum demi kepentingan umum warga negara.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Pengertian Negara Hukum : Pengertian, Ciri, Unsur, Alasan, Jenisnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

 

baca juga :

Read More  √ Fungsi BPK : Pengertian, Tugas, Wewenang dan Fungsinya
Read More  √ Etika dan Etiket : Pengertian, Jenis, Contohnya
Read More  √ Contoh Suprastruktur Politik : Pengertian, Fungsi dan Tujuannya
Read More  √ Model Integrasi Yang Berlangsung Di Indonesia : Jenis, Faktor Pendorong Dan Penghambat dan Contohnya.