√Pengertian Moderator : Diskusi, Peran, Macam dan Perannya

Diposting pada

A. Pengertian diskusi

apabila dalam kehidupan sehari-hari telah sering mendengar atauh bahkan melakukan melakukan diskusi, lalu tahukan anda apa yang dimaksud diskusi? Diskusi merpakan suatu cara untk bertukar pendapat menemukan kesepakatan atau keputusan bersama, asehingga dari sini bisa diketahui tujuan dari diskusi ialah untuk mendapatkan keputusan akhir dari sebuah maslaah yang didiskusikan. Akan tetapi terkadang dalam pelaksanaan diskusi, adu pendapat sering terjadi. Dan betakhir kesulitan menentukan kesepakatan akhir. Hal ini akan memicu konflik, bahkan rasa tidak puas terhadap pendapat oranng lain.

√Pengertian Moderator : Diskusi, Peran, Macam dan Perannya

B. Moderator diskusi

Meoderato merupakan orang yang bertugas untuk memimpin jalannya diskusi, serta menjaga agar diskusi berjalan sesuai alur yang sudah disepakati, ini artinya tidak keluar dai pokok pembahasan masalah.

  1. Penyajian makalah

Penyajian makahalh bertugas menyiapkan makalah, juga menyampaikan permasalahan yang ada. Sekaligus penyajian makalah sebagai orang yang menguasai permasalahan tersebut.

  1. Peserta diskusi

Peserta adalah orang yang mengikuti jalannya sebuah diskusi. Perseta bertugas mengajukan pertanyaan atas apa yang telah disampaikan penyaji makalah atau pembicara, pertanyaan tersebut akan diajukan memlaui moderator.

C. Macam-macam diskusi

Setelah mengetahui unsur apa saja yang terdapat dalam diskusi, setelah itu kita akan mengetahui macam diskusi, diantaranya ialah sebagai berikut ini:

  1. Seminar

Seminar bisa diartika sebagai pembahasan masalah secara ilmiah, walaupun topikk yang dibagan ialah masalah dalam kehidupan sehari-hari. Sesuai dengan tujuan diskusi, entunya pada akhir acara harus dibacakan kesimpulan atau titik temu dari permasalah yang dibagas sebelumnya. Oleh sebab itu pembacaan keputusan akhir atau  kesimpulan perlu dilakukan , yang merupakan hasil dari keputusan bersama, bukan dari keputusan individu. Selain itu biasanya ditambah dengan resolusi atau rekomendasi. Pembahaan dalam sebuah seminar berpusat pada makalah yang telah disusun oleh bembisara sebelumnya.

  1. Simposium

Simposium merupakan serangkaian pidato pendek dilakukan oleh seorang pemimpin di depan pengunjung. Biasanya dalam simposium, ada beberapa pembicara yang mengemukakan pkitangan yang berbeda beda dengan topik yangsama. Akan ettapi juga bisa topik permasalah dibagi menjadi beberapa aspek, kemudian disetiap aspek disoroti sendiri-sendiri secara khusus, sehingga tadak perlu lagi menyoroti dari sudut pkitangan.

  1. Diskusi panel

Dalam diskusi jenis ini, diskusi merupakan kegiatan yang sudah direncanakan dengan berbaai topik, dimmana diskusi ini dilakukan di depan pengunjugn, biasanya diskusi panel ini dibawakan oleh 3 hingga 6 orang ahli, dan juga dipimpin oleh seorang moderator. Para penelis berdiskusi sedemikian rupa, sehingga para pengunjung bisa mengikuti pembicaraan mereka.

D. Peran moderator dalam diskusi

Tentunya dalam pelaksanaan diskusi, ada unsur yang sangatlah penting. Yaitu seorang moderator. Moderator merupakan seorang yang bertugas memimpin jalannya diskusi. Dalam memimpin diskusi, seorang moderator harus memperhatikan beberapa bagian berikut ini: aturan main dalam sebuah diskusi harus bisa dipahami dengan baik, selain itu juga seorang moderator harus mengedepankan sikap jujur, ramah, sabar, seta tidak memihak pada salah satu dalam diskusi.

  1. Cara moderator membuka dan juga menutup diskusi

Dalam memimpin sebuah diskusi, tentunya seorang moderator mempunyai cara yang berbedad untuk membuka dan juga menutup. Cara moderator membuka dan menutup diskusi pada hakikatnya bukanlah sesuatu yang sulit jika telah memmahami fungsi juga tupoksi dari masing bagian yang ada dalam diskusi. Moderator mengucapkan salam lalu menyampaikan rasa terimakasih atas kehadiran dan juga luang waktu yang telah diberikan oleh peserta untuk menghadiri acara diskusi ini.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Pengertian Moderator : Diskusi, Peran, Macam dan Perannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Baca Juga :  √Apa Itu Ice Breaking : Contoh dan Cara Menghilangkan Bosan
Baca Juga :  √Pengertian Games dan Jenisnya
Baca Juga :  √Mind Map Adalah : Pengertian , Cara Mebuat, Jenis dan Contohnya
Baca Juga :  √ Materi Pelajaran Anak Paud : Usia 0-6 Tahun Lengkap