√Pengertian Manajemen Pemasaran: Fungsi, Tujuan, Konsep

Diposting pada
√Pengertian Manajemen Pemasaran: Fungsi, Tujuan, Konsep

Pengertian

Manajemen Pemasaran merupakan suatu rangkaian proses analisis, perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan dan pengendalian sebuah kegiatan pemasaran dimana tujuannya ialah guna mencapai target perusahaan secara efektif dan efisien.

Bisa juga diartikan sebagai alat untuk analisis, perencanaan, penerapan serta kontrol sebuah program dalam perusahaan yang telah dirancang untuk menciptakan, membangun serta mempertahankan pertukaran supaya bisa memberikan keuntungan. Keuntungan tersebut nantinya dipakai sebagai jalan untuk mencapai tujuan utama suatu bisnis atau perusahaan.

Pelaku manajemen di bidang pemasaran ialah seorang manajer pemasaran yang akan mempelajari struktur pembiayaan, sumber keuntungan, sumber daya serta kompetensi. Hal lainnya yang tak lupa dipelajari oleh manajer pemasaran ialah diferensiasi produk serta posisi kompetitif, tingkat integrasi vertikal, riwayat respon perkembangan industri serta faktor lainnya yang masih berhubungan dengan kompetitor.

Fungsi Manajemen Pemasaran

1. Fungsi Pertukaran

Di sini fungsi pertukaran pada manajemen pemasaran terbagi menjadi 2 fungsi utama, yatu fungsi pembelian dan fungsi penjualan. Fungsi pembelian artinya peran manajemen pemasaran berfungsi sebagai proses timbal balik dari aktivitas penjualan.

Dengan demikian, diperlukan strategi khusus terutama pemahaman tentang kegiatan yang bisa menarik konsumen untuk membeli. Sementara fungsi penjualan termasuk dalam aktivitas gna mempertemukan penjual dan pembeli yang dapat dilakukan secara langsung ataupun lewat perantara.

Baca Juga :  √Arthropoda: Pengertian, Ciri, Jenis, Sistem, Struktur

2. Fungsi Fisis

Fungsi fisis manajemen pemasaran bertarget pada pemakaian waktu, lokasi dan bentuk yang mesti dipertimbangkan pada sebuah produk saat sebuah produk akan diangkut, diproses serta disimpan sampai ketangan konsumen.

Kalay tidak dipertimbangkan dan direncanakan dengan baik, bisa jadi perusahaan akan mengalami kerugian besar akibat penanganan produk yang tak berstandar.

3. Fungsi Penyediaan Sarana

Manajemen pemasaran juga mempunyai fungsi sebagai penyediaan sarana karena akan berhubungan dengan semua kegiatan yang bisa melancarkan operasional pemasaran. Fungsi penyediaan sarana mencakup semua proses pengumpulan, komunikasi, penyortiran sesuai standar serta pembiayaan.

Tujuan Manajemen Pemasaran

1. Membangun Permintaan

Penjualan hanya bisa terjadi kalau ada permintaan dari konsumen. Untuk membangun permintaan tersebut maka dibutuhkan berbagai upaya pemasaran guna menimbulkan ketertarikan serta rasa penasaran konsumen pada barang.

2. Membangun Kepuasan Konsumen

Tidak cukup hanya mendapatkan permintaan dari konsumen guna mencapai target perusahaan. Tujuan selanjutnya ialah untuk membangun kepuasan konsumen dengan cara memahami kebutuhan atau keinginan konsumen, serta mengetahui bagaimana produk bisa memenuhi kebutuhan atau keinginan itu.

3. Mendapatkan Market Share

Tujuan manajemen pemasaran berikutnya ialah guna mendapatkan progres positif dari marketshare produk. Pasar ibarat sebuah kue, serta setiap potongan kue adalah gambaran market share.

Semua perusahaan mengharapkan terjadi peningkatan dan perluasan market share atau penjualan. Meskipun terkadang hanya mempunyai target untuk mempertahankan market share yang sudah diperoleh.

4. Mendapatkan Keuntungan

Target akhir semua perusahaan ialah mendapatkan keuntungan. Dan setiap perusahaan menetapkan nominal keuntungan yang beda sebagai pengkukur keberhasilannya.

Mencapai nominal keuntungan itu ialah salah satu tujuan manajemen pemasaran. Bagaimana perusahaan dapat menjual dengan nilai margin optimal dapat menghasilkan tingkat penjualan yang maksimal.

Baca Juga :  √Jaringan tumbuhan : meristem, permanen dan Penyongkong

5. Mendapatkan Pencitraan Sesuai Harapan

Selain untuk mendapatkan keuntungan, tujuannya ialah untuk mendapatkan pencitraan sesuai dengan harapan. Citra yang baik pada produk dan perusahaan akan memberikan efek positif untuk perusahaan, baik dari sisi konsumen, mitra, investor, serta tenaga kerja.

6. Menjaga Kelangsungan Usaha

Pemasaran ialah ujung tombak perusahaan untuk mencapai target penjualan, kepuasan serta target keuntungan. Itulah alasannya mengapa kelangsungan perusahaan pn menjadi bagian dari tujuan manajemen pemasaran.

Konsep Manajemen Pemasaran

1. Orientasi Pada Konsumen

Konsep pemasaran yang paling baik ialah dengan menjadikan konsumen sebagai prioritas utama. Itulah alasanya mengapa dalam strategi marketing selalu mengedepankan konsumen.

Dalam pemasaran biasanya konsumen dianggap raja, serta produsen ialah pelayan yang memberikan kebutuhan raja. Pelayanan produsen dilakukan dengan memberikan berbagai penawaran yang menarik, mulai dari produk terbaik sampai cara pelayanan konsumen.

2. Perencanaan Kegiatan Pemasaran

Pengaturan secara dinamis berupa bentuk penyusunan berbagai kegiatan pemasaran secara menyeluruh. Segala aktivitas pemasaran, mulai dari strategi, implementasi, analisis, pengawasan, serta kegiatan lain mengenai dengan pemasaran mesti disusun secara terperinci.

Dengan demikian, maka proses analisis dan pengawasan pada hasil pemasaran bisa dilakukan dengan baik. Hal tersebut pada akhirnya akan memudahkan dalam melakukan evaluasi serta tindakan perbaikan pada kegiatan pemasaran.

3. Kepuasan Konsumen

Unsur paling penting di dalam pemasaran ialah kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen tersebut tak hanya diukur dari kualitas produk saja, namun dari bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Pengertian Manajemen Pemasaran: Fungsi, Tujuan, Konsep semoga bermanfaat

Baca Juga :