√Pengertian Literasi Informasi : Tujuan, Struktur dan Jenisnya

Diposting pada

Pengertian

Literasi informasi adalah kemampuan untuk mengetahui kapan ada kebutuhan untuk informasi, untuk bisa mengidentifikasi, menemukan, mengevaluasi, dan secara efektif memakai informasi tersebut untuk isu atau masalah yang dihadapi.

√Pengertian Literasi Informasi : Tujuan, Struktur dan Jenisnya

Tujuan

  1. Merekognisi kebutuhan informasi, mengetahui apa yang sudah diketahui, mengetahui apa yang tidak diketahui dan mengidentifikasi kesenjangan antara yang diketahui dengan yang tak diketahui.
  2. Membedakan cara mengatasi kesenjangan, mengetahui sumber informasi mana yang paling besar peluangnya dalam memuaskan kebutuhan.
  3. Membangun strategi untuk Menemukan lokasi informasi. Contoh bagaimana mengembangkan dan memperbaiki strategi penelusuran yang efektif dan efisien.
  4. Menentukan lokasi dan akses informasi, mengetahui bagaimana mengakses sumbert informasi dan memeriksa alat untuk akses dan temu balik informasi tersebut.
  5. Membandingkan dan mengevaluasi, mengetahui bagaimana mengases relevansi dan kualitas informasi yang telah ditemukan.
  6. Mengorganisasi, menerapkan dan mengkomunikasikan, mengetahui bagaimana merangkai informasi baru dengan informasi lama, mengambil tindakan atau membuat keputusan dan akhirnya bagaimana berbagi hasil temuan informasi tersebut pada orang lain.
  7. Sintesis dan menciptakan, mengetahui bagaimana mengasimilasikan informasi dari banyaknya jenis sumber untuk keperluan menciptakan pengetahuan baru.

Struktur

  1. Identifikasi topik/subyek, sasaran audiens, format yang relevan, jenis-jenis sumber informasi.
  2. Eksplorasi sumber dan informasi yang sesuai dengan topik informasi.
  3. Seleksi dan merekam informasi yang relevan, dan mengumpulkan kutipan-kutipan yang informasi yang sesuai.
  4. Organisasi, evaluasi dan menyusun informasi menurut susunan yang logis, membedakan antara fakta dan pendapat, dan memakai alat bantu visual untuk membandingkan dan mengkontraskan informasi.
  5. Penciptaan informasi dengan memakai kata-kata sendiri, edit, dan pembuatan daftar pustaka.
  6. Presentasi, penyebaran atau display informasi yang telah dihasilkan.
  7. Penilaian output, berdasarkan masukan dari orang lain.
  8. Penerapan masukan, penilaian, pengalaman yang diperoleh untuk kegiatan yang akan datang; dan penggunaan pengetahuan baru yang diperoleh untuk berbagai situasi

Jenis -jenis

  1. Literasi visual

Literasi  visual adalah kemampuan untuk memahami dan memakai citra, termasuk kemampuan untuk berpikir, belajar, dan mengungkapkan diri sendiri dalam konteks citra. Literasi visual merupakan kemampuan untuk memahami serta menggunakan citra visual dalam pekerjaan dan kehidupan harian. Literasi visual mencakup integrasi pengalaman visual dengan pengalaman yang diperoleh dari indera lain seperti apa yang didengar, apa yang dibau, apa yang dikecap, apa yang disentuh dan apa yang dirasakan. Kompetensi literasi  visual memungkinkan seseorang untuk memilah dan menafsirkan berbagai tindakan visual, objek dan atau simbol. Dari situ, seseorang bisa berkomunikasi dengan orang lain, membuat pamflet, tengara, membuat halaman Web.

  1. Literasi media

Literasi media adalah kemampuan seseorang untuk memakai berbagai media bertujuan untuk mengakses, analisis dan menghasilkan informasi untuk berbagai keperluan Dalam kehidupan sehari-hari seseorang akan dipengaruhi oleh media yang ada di sekitar kita yaitu televisi, film, radio, musik terekam, surat kabar dan majalah. Dari media itu masih ditambah dengan internet bahkan sekarang pun melalui telepon seluler bisa diakses.

  1. Literasi teknologi komputer

Literasi komputer adalah kemampuan tahu bagaimana memakai dan mengoperasikan komputer secara efisien sebagai mesinpemroses informasi. Bagian ini adalah separuh bagian dari literasi teknologi informasi dan computer, sebagian lainnya adalah Literasi media.

  1. Literasi jaringan

Literasi jaringan adalah literasi  dalam memakai jaringa digital secara efektif, yang banyak berkembang berkat keberadaan Internet.  Bagi pustakawan literasi informasi mensyaratkan perubahan pikir, dari “kepemilikan” ke “akses” maksudnya informasi milik perpustakaan  namun bisa diakses oleh publik sehingga menimbulkan pertanyaan seberapa jauh konsep kepemilikan itu.

  1. Literasi kultural

Literasi kultural adalah pengetahuan mengenai, dan pemahaman tentang, bagaimana tradisi, kepercayaan, simbol dan ikon, perayaan dan sarana komunikasi sebuah negara, agama, kelompok etnik atau suku berdampak terhadap penciptaan, penyimpanan, penanganan, komunikasi, preservasi serta pengarsipan data, informasi dan pengetahuan dengan memakai teknologi. Pemahaman literasi informasi dalam hubungannya dengan literasi kultural adalah baaimana faktor budaya berdampak terhadap penggunaan teknologi komunikasi dan informasi secara efisien.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Pengertian Literasi Informasi : Tujuan, Struktur dan Jenisnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga :

Baca Juga :  √Media Pembelajaran Online : Pengertian, Jenis, Ciri, Keuntungan dan Kerugian
Baca Juga :  √Media Pembelajaran Matematika : Pengertian, Ciri, Fungsi, Manfaat, Contoh dan Jenisnya
Baca Juga :  √Jenis Perangkat Pembelajaran dan Pengertiannya
Baca Juga :  √Jenis Media Interaktif : Pengertian dan Jenisnya