√Pengertian Kebudayaan : Fungsi, Sifat Dan Unsurnya

Diposting pada

 A.Pengertian

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta takni buddhayah, yang artinya bentuk jamak dari buddhi (budia atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang mengenai dengan budi, dan akal manusia.Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut dengan culture, yang berasal dari kata Latin Colere, artinya mengolah atau mengerjakan.

√Pengertian Kebudayaan : Fungsi, Sifat Dan Unsurnya

B.Fungsi Kebudayaan

  1. Hasil karya dari manusia melahirkan teknologi atau kebudayaan kebendaan .
  2. Karya masyarkat yang merupakan perwujudan norma dan nilai-nilai sosial yang dimana bisa menghasilkan tata tertib dalam pergaulan kemasyarakatan.
  3. Di dalam kebudayaan juga ada pola-pola perilaku (patterns of behavior)yang merupakan cara-cara masyarakat untuk bertindak atau berkelakuan yang sama yang dimana harus diikuti oleh semua anggota masyarakat.
  4. Sifat-sifat Kebudayaan
  5. Kebudayaan bersifat universal,Namun perwujudan kebudayaan mempunyai ciri-ciri khusus yang sesuai dengan situasi maupun lokasinya.
  6. Kebudayaan sifanta stabil dan dinamis. Setiap kebudayaan pasti mengalami perubahan atau perkembangan, walaupun kecil dan seringkali tak dirasakan oleh anggota-anggotanya.
  7. Kebudayaan cenderung mengisi dan menentukan jalanya kehidupan manusia walaupun jarang disadari pada manusia itu sendiri.
  8. 7 Unsur-Unsur Kebudayaan
  9. Bahasa

Sebuah pengucapan yang indah pada elemen kebudayaan dan sekaligus menjadi alat perantara utama bagi manusia untuk meneruskan atau mengadaptasikan kebudayaan. Ada 2 bentuk bahasa yakni lisan dan tulisan.

  • Sistem pengetahuan

Unsur ini berkisar pada pengetahuan tentang kondisi alam sekelilingnya dan sifat-sifat peralatan yang digunakan. Sistem pengetahuan meliputi ruang pengetahuan mengenai alam sekitar, flora dan fauna, waktu, ruang dan bilangan, sifat-sifat dan tingkah laku pada manusia, tubuh manusia.

  • Sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial

Diartikan sebagai sekelompok masyarakat yang anggotanya merasa satu dengan sesamanya. Organisasi sosial ialah sebagai berikut: kekerabatan, asosiasi dan perkumpulan, sistem kenegaraan, sistem kesatuan hidup, perkumpulan.

  • Sistem peralatan hidup dan teknologi

Teknologi di sini diartikan sebagai jumlah keseluruhan teknik yang dimiliki oleh para anggota sebuah masyarakat, meliputi keseluruhan cara bertindak dan berbuat pada hubungannya dengan pengumpulan bahan-bahan mentah, pemrosesan bahan-bahan itu untuk dibuat menjadi alat kerja, penyimpanan, pakaian, perumahan, alat transportasi dan kebutuhan lain yakni benda material. Unsur teknologi yang paling menonjol ialah kebudayaan fisik yang meliputi, alat-alat produksi, senjata, wadah, makanan dan minuman, pakaian dan perhiasan, tempat berlindung dan perumahan hingga alat-alat transportasi.

  • Sistem mata pencaharian hidup

Sebagai  segala usaha manusia untuk mendapatkan barang dan jasa yang dibutuhkan. Sistem ekonomi ini ialah: berburu dan mengumpulkan makanan, bercocok tanam, peternakan, perikanan, dan perdagangan.

  • Sistem religi

Perpaduan antara keyakinan dan praktek keagamaan yang berhubungan dengan hal-hal suci dan tak terjangkau oleh akal. Sistem ini ialah, sistem kepercayaan, sistem nilai dan pandangan hidup, komunikasi keagamaan, dan upacara keagamaan.

  • Kesenian

Kesenian nisa diartikan sebagai segala hasrat manusia terhadap keindahan. Bentuk keindahan yang beraneka ragam itu timbul dari imajinasi kreatif yang bisa memberikan kepuasan batin bagi manusia. Pemetaan bentuk kesenian dibagi 3 menjadi, yaitu; seni rupa, seni suara dan seni tari.

  1. KARAKTERISTIK KEBUDAYAAN
  2. Kebudayaan merupakan milik bersama,artinya bahwa unsur-unsur yang ada dalam kebudayaan, misalnya ide, nilai , dan pala perilaku dijalankan dan dipelihara bersama-sama oleh seluruh anggota masyarakat. Dengan demikian pandangan atan tindakan-tindakan tertentu yang hanya dilakukan satu orang bukanlah suatu pola kebudayaan,melainkan hanya sebuah kebiasaan pribadi.
  3. Kebudayaan adalah hasil belajar,maksudnya bahwa semua unsur kebudayaan ialah hasil belajar dan bukan merupakan warisan biologis. Dengan demikian, kebudayaan sebuah masyarakat berbeda dengan masyarakat lainnya.Seseorang mempelajari kebudayaan dengan cara ikut menjadi besar pada kebudayaan tersebut. Ralph Linton mengatakan bahwa kebudayaan merupakan warisan sosial umat manusia. Maksudnya, kebudayaan diwarisakan lewat hubungan-hubungan sosial yang terus-menerus. Proses penerusan kebudayaan dari suatu generasi ke genarasi yang lainnya disebut dengan enkulturasi atau pembudayaan
  4. Kebudayaan didasarkan pada lambang,seorang ahli antropologi , Leslie White mengatakan bahwa semua perilaku manusia dimulai dengan penggunaan lambang-lambang tertentu. Yang kita ketahui kekuatan atau ketaatan individu atau kelompok bisa dibangkitkan dengan adanya lambang-lambang,misalnya lambang keagamaan,seni,politik dan ekonomi. Aspek simbolis yang terpenting dari gambar kebudayaan ialah bahasa . Bahasa telah berhasil mengganti objek gambar dengan lambang berupa bunyi –bunyian yang mempunyai makna yang berbeda-beda. Unsur-unsur kebudayaan misalnya strukur politik,agama,kesenian,organisasi ekonomi, tak mungkin ada tanpa lambang-lambang. Dengan menggunakan bahasa tersebut manusia bisa meneruskan kebudayaan dari generasi yang satu pada generasi yang lain.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Pengertian Kebudayaan : Fungsi, Sifat Dan Unsurnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga;

Baca Juga :  √20 Aliran Seni Rupa : Pengertian dan Cirinya
Baca Juga :  √Jenis Persebaran Sumber Daya Alam : Pengertian , Hasil Pertania, Hutan dan Peternakan
Baca Juga :  √Menyajikan Informasi Demografi : Bentuk Tabel dan Grafik
Baca Juga :  √20 Aliran Seni Rupa : Pengertian dan Cirinya