√ Pengertian Integrasi Nasional : Pengertian, Faktor, Syarat, Dan Klasifikasi

Diposting pada

Pengertian Integrasi Nasional

  1. Pengertian Integrasi Nasional secara Bahasa (Etimologis)

√ Pengertian Integrasi Nasional : Pengertian, Faktor, Syarat, Dan Klasifikasi

Integrasi nasional secara bahasa terdiri atas dua kata, yakni integrasi, diambil dari bahasa inggris “integrate” artinya menyatupadukan, mempersatukan atau menggabungkan serta kata nasional, juga diambil dari bahasa inggris, yakni nation yang artinya bangsa. Jadi, bisa dikatakan secara bahasa integrasi nasional ialah penyatuan suatu bangsa sampai menjadi satu kesatuan yang bulat dan juga utuh.

  1. Pengertian Integrasi Nasional Menurut KBBI

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), integrasi nasional mempunyai arti dari segi politis dan antropologis

Makna Integrasi nasional secara politis

Integrasi nasional merupakan penggabungan dari berbagai kelompok dengan budaya dan juga sosial yang berbeda dalam kesatuan wilayah yang akan memciptakan identitas nasional.

  1. Makna Integrasi Nasional Secara Antropologis

Integrasi Nasional adalah penyatuan antar unsur-unsur kebudayaan yang berlaku sehingga bisa mencapai satu kesatuan fungsi didalam kehidupan masyarakat yang bersangkutan.

Pengertian Integrasi Nasional menurut para ahli

  • Safroedin Bahar

Integrasi nasional ialah mengintegrasikan yang berarti membuat atau menyempurnakan  dengan jalan menyatukan unsur-unsur bangsa yang awal mulanya terpisah-pisah.

  • Nazaruddin Sjamsuddin

Dr. Nazaruddin Sjamsuddin mengartikan Integrasi nasional sebagai proses penyatuan suatu bangsa yang melingkupi semua aspek kehidupan, yakni aspek sosial, ekonomi, budaya dan politik.

  • Soedjati Djiwandono

Soedjati Djiwandono mengartikan kata Integrasi nasional sebagai suatu cara bagaimana kelestarian persatuan nasional secara arti luas dapat didamaikan dengan hak menentukan nasib sendiri.

  • Myron Weiner

Myron Weiner mengartikan Integrasi Nasional sebagai proses penyatuan dari berbagai kelompok budaya dan juga sosial dalam satu kesatuan wilayah, dalam suatu rangka pembentukan suatu identitas nasional.

  • Howard Wriggins

Howard Wriggins definisikan integrasi nasional sebagai penyatuan bagian yang berbeda-beda dari suatu masyarakat jadi suatu kesatuan yang lebih utuh atau juga mencocokan masyarakat-masyarakat kecil yang jumlahnya banyak jadi satu kesatuan bangsa.

Pengertian Integrasi Nasional Secara Umum

Dari beberapa pengertian di atas, bisa kita simpulkan bahwa integrasi nasional adalah suatu usaha atau proses menyatukan perbedaan yang ada di suatu negara sampai terciptanya keserasian dan juga keselarasan secara nasional.

Faktor Faktor Integrasi Nasional

  • Faktor-Faktor yang dapat Memicu Munculnya Integrasi Nasional

Faktor sejarah penderitaan ataupun kemenangan yang pasti menciptakan rasa senasib dan  juga seperjuangan diantara sesama.

Keinginan untuk bersatu, contohnya sepert bangsa indonesia sebagaimana dinyatakan didalam Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928.

Contoh rasa cinta tanah air bisa melalui pembuktian bangsa indonesia dalam mewujudkan kemerdekaan.

Terdapat rasa rela berkorban demi kepentingan bangsa dan juga negara.

Terdapat kesepakatan nasional secara bersama contoh seperti proklamasi kemerdekaan, undang undang dan juga pancasila.

terdapat simbol yang bisa menggambarkan kesatuan secara nasional.

  1. Faktor yang dapat Menghambat Munculnya Integrasi Nasional

  • Adanya perbedaan yang beraneka ragam baik dari sudut ras, agama, pola pikir, bahasa, suku,
  • Sangat luasnya wilayah.
  • Masih banyak terdapat kesenjangan sosial antar anggotanya dalam kehidupan bermasyarakat.
  • Adanya paham etnosentrisme yaitu menganggap kelompoknya lebih dibandingkan kelompok lainnya.
  • Lemahnya nilai, norma dan juga ideologi dalam penyatuan bangsa itu sendiri.
  1. Syarat Integrasi Nasional

Anggota masayarakat sadar bahwa mereka semua berhasil untuk mencukupi kebutuhan dengan cara menjalin hubungan satu sama lainnya.

Terdapat keputusan bersama mengenai norma dan juga nilai sosial yang dilestarikan serta dijadikan pedoman dalam menjalani suatu kehidupan bermasyarakat.

Norma serta nilai sosial yang sudah ditetapkan dijadikan aturan didalam menjalankan proses integrasi nasional.

  1. Klasifikasi Macam – Macam Jenis Integrasi Naional

berikut klasifikasi intergrasi nasional, diantaranya:

Berdasarkan hasilnya integrasi nasional terbagi menjadi :

  • Asimilasi

Asimilasi ialah penggabungan dua ataupun lebih kebudayaan yang dimana hasilnya menghilangkan ciri khas dari kebudayaan asli, maksudnya hasil dari asimilasi yaitu sebuah kebudayaan baru yang diterima oleh semua kelompok didalam lingkungan masyarakat yang berkaitan.

  • Akulturasi

Akulturasi ialah penggabungan dua ataupun lebih kebudayaan tidak menghilangkan ciri khas dari kebudayaan asli di lingkungan tersebut. Seperti kebudayaan asing yang masuk akan menerima penolakan terlebih dahulu, namun kemudian dengan berjalannya waktu kebudayaan ini akan diterima sekaligus dimanfaatkan dengan tidak menghilangkan ciri khas dari kebudayaan awal/asli.

 

Berdasarkan penyebabnya, integrasi nasional dapat terbagi menjadi beberapa, yaitu :

  • Integrasi Normatif

Integrasi normatif merupakan integrasi yang terjadi disebabkan norma-norma tertentu yang ada didalam masyarakat secara keseluruhan. Norma ini bisa menjadi hal yang  menyatukan masyarakat hingga integrasi lebih mudah terbentuk.

  • Integrasi Instrumental

Integrasi instrumental ialah integrasi yang muncul secara visual dikarenakan adanya keseragaman antar individu didalam suatu lingkungan masyarakat. Contohnya seperti keseragaman pakaian, keseragaman ciri fisik, keseragaman aktivitas sehari-hari, dll.

  • Integrasi ideologis

Integrasi ideologis yaitu integrasi yang tidak muncul secara visual, terbentuk karena adanya hubungan spiritual ataupun ideologis yang kuat berdasarkan proses alamiah dan tidak adanya paksaan. Interaksi ideologis menjelaskan adanya persamaan kepahaman ketika memandang nilai sosial, persepsi, dan tujuan antara anggota masyarakat di lingkungan masyarakat yang bersangkutan.

  • Integrasi Fungsional

Integrasi fungsional ada dikarenakan adanya fungsi-fungsi tertentu di masing masing pihak yang berada  di masyarakat.

  • Integrasi Koersif

Integrasi koersif yaitu integrasi yang terbentuk dikarenakan adanya pengaruh kekuasaan yang dimiliki penguasa. Integrasi ini bisa bersifat paksaan.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Pengertian Integrasi Nasional : Pengertian, Faktor, Syarat, Dan Klasifikasi. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga ;

Baca Juga :  √ Apa Yang Dimaksud Dengan Tanaman : Pengertian, Klasifikasi, Manfaat, Contoh beserta Penjelasannya
Baca Juga :  √ Apa Apa Itu Hidroponik : Pengertian, Cara , Media, Jenis dan Gambarnya
Baca Juga :  √ Bahaya Narkoba Bagi Remaja : Pengertian, Macam dan Bahayanya
Baca Juga :  √ Pengadilan Tinggi Negeri : Definisi, Tugas, Wewenang Dan Jumlah