√ pengertian ekonomi makro dan mikro

Diposting pada

Ekonomi mikro yaitu ekonomi yang secara khusus mempelajari perilaku pembeli  dan perusahaan dan penentuan harga pasar dan jumlah input, barang dan jasa yang dipasarkan.

Ekonomi mikro atau mikroekonomi  secara langsung menguasai  pengambilan keputusan dalam hal penawaran dan permintaan barang atau jasa.

Sehingga definisi ekonomi mikro memiliki tujuan utama bagi perusahaan, yaitu menafsirkan  pasar dan bagaimana mekanisme penyusunan  harga relatif produk dan jasa.

pengertian ekonomi makro dan mikro

sebgian aspek analisis dalam ekonomi mikro adalah:

  • Analisis biaya dan manfaat
  • Teori permintaan dan penawaran
  • Elastisitas
  • Teori produksi
  • Model pasar
  • Industri
  • Teori harga

Peran ekonomi mikro dalam bisnis dapat membantu menganalisis kegagalan pasar dan menjelaskan kondisi teoritis di dalam kondisi pasar persaingan sempurna.

makro

merupakan sebuah ilmu ekonomi yang mempelajari tentang perekonomian sebuah negara secara komprehensif. Dengan kata lain, dalam ilmu ekonomi makro telah dijelaskan tentang perubahan ekonomi sebuah negara yang berdampak pada masyarakatnya dan pasar.

Beberapa aspek analisis dalam ekonomi makro diantaranya;

  • Kesempatan kerja
  • Pendapatan nasional
  • Investasi
  • Laju Inflasi
  • Neraca pembayaran

Adapun tujuan mempelajari ilmu ekonomi makro atau makro-ekonomi ialah untuk dapat memahami berbagai peristiwa ekonomi di sebuah negara serta memperbaiki kebijakan ekonomi di negara tersebut. Secara singkat, itulah pengertian ekonomi makro.


pengertian monera


Kata Monera berasal dari bahasa Yunani  “moneres” yang berarti satu. Sesuai dengan arti katanya, Monera ialah makhluk hidup yang memiliki satu sel (uniseluler). Monera bersifat prokariotik, artinya monera tidak memiliki membran inti (lebih tepatnya membran inti tersebut belum terbentuk secara sempurna). Terdapat  ada dua makhluk hidup yang merupakan anggota kingdom monera, yaitu Bakteri (Schizophyceae) dan alga biru (Cyanophyceae). Sistem klasifikasi yang memakai monera sebagai anggotanya ialah klasifikasi 4 dan 5 kingdom, namun sekarang sudah tidak digunakan lagi karena setelah diteliti, alga biru lebih tepat dianggap sebagai bakteri yang disebut cyanobacteria.

Baca Juga :  √Kualitas Penduduk : Pendidikan, Kesehatan dan Pendapatan Perkapita

pengertian fisika


Berdasarkan KBBI, fisika yaitu ilmu tentang zat dan energi seperti panas, bunyi, cahaya dan sebagainya. Selain itu pengertian fisika lainnya juga disampaikan oleh Hough D Young yang mengatakan bahwa fisika merupakan  suatu ilmu yang sangat dasar dari berbagai ilmu pengetahuan lain. Menurut ensiklopedia, fisika merupakan  ilmu yang didalamnya mempelajari benda dan gerakannya serta manfaatnya bagi kehidupan manusia. Menurut  sejarah, fisika merupakan ilmu tertua karena ilmu ini diawali dengan kegiatan mengamati benda-benda yang ada di langit, periodenya, bagaimana usianya dan lintasannya. Oleh sebab itu, fisika merupakan salah satu ilmu pengetahuan alam yang paling dasar dan banyak digunakan sebagai dasar untuk ilmu-ilmu lain yang berkaitan.

Tujuan mempelajari ilmu fisika yaitu agar kita dapat mengetahui bagian dasar dari benda dan mengerti interaksi antar benda-benda, serta mampu untuk menjelaskan mengenai fenomena alam yang terjadi. Dari beberapa penjelasan fisika menurut para ahli, akhirnya bisa disimpulkan maka konsep-konsep dasar fisika tidak hanya mendukung dalam perkembangan ilmu fisika saja, namun mendukung perkembangan ilmu lain dan teknologi. Ilmu fisika menunjang riset murni dan terapan. Beberapa ahli geologi dalam risetnya menggunakan metode gravimetric, akustik, listrik dan mekanika. Selain itu peralatan modern di rumah sakit juga menerapkan ilmu fisika. Ahli astronomi juga membutuhkan ilmu fisika, begitu pula dengan ahli meteorology, oseanologi dan sesmologi.

Di zaman modern seperti sekarang ini ilmu fisika tentu dapat diterapkan di berbagai bidang yang ada di dunia. Bahkan, ilmu kedokteran pun bisa menggunakan ilmu fisika sebagai dasar pengetahuan dan dasar bertindak. Contohnya, bagaimana pesawat data tertahan di udara? Bagaimana siaran Tv dapat dilihat dan dinikmati di wilayah yang jauh? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu bisa dijawab oleh fisika dengan rumus-rumus yang bisa membantu manusia dalam mengambil pendapat tentang fenomena alam yang terjadi. Ilmu fisika dibagi menjadi dua, yaitu fisika modern dan fisika klasik.dan  Fisika modern muncul setelah penemuan Albert Einstein mengenai atom dan sebagainya. Sementara itu, fisika klasik merujuk pada bunyi atau gerak dan yang lainnya.

Baca Juga :  √ Asas Pemilu : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Bentuk dan Manfaatnya

manfaat mempelajari ilmu kimia


sepertinya ada beberapa orang bertanya-tanya tentang apa sih manfaatnya mempelajari ilmu kimia. Manfaat yang segera kita dapat ketika mempelajari ilmu kimia merupakan  pemahaman yang lebih baik terhadap alam sekitar dan berbagai proses yang berlangsung di dalamnya,

sehingga kita dapat mengontrol perubahan ini demi keuntungan bagi kehidupan manusia dan lingkungan.

 

Manfaat yang lebih jauh dari belajar ilmu kimia yaitu untuk mengubah bahan alam menjadi produk yang akan lebih berguna untuk memenuhi kebutuhan kita, semisal  pembuatan sabun dari minyak sawit. Dunia modern merupakan dunia dimana manusia menjadi terbiasa meggunakan kemudahan yang diperoleh dari ilmu kimia. Pikirkanlah tentang sabun, pasta gigi, tekstil, kosmetik, plastic, obat-obatan, pupuk, pestisida, bahan bakar, cat, bumbu masak, dan berbagai jenis makanan olahan lainnya. Semua itu merupakan hasil dari penggunaan ilmu kimia.

Hampir dari semua bahan keperluan kita, sedikit-banyak, baik langsung atau tidak langsung, mengalami sentuhan  kimia. Bukan hanya bahan keperluhan kita  sehari-hari, ilmu kimia juga punya andil besar dalam berbagai jenis produk tekhnologi seperti pesawat televise, mesin pendingin,dan pesawat terbang. Material yang digunakan untuk berbagai produk tersebut memerluhkan komposisi dan sifat khusus yang ditemukan oleh para ahli kimia. Sebagai contoh industry mobil, mulai dari logam kerangkanya dan mesinnya, cat, ban, plastic, serta kaca untuk komponen lainnya. Semua itu membutuhkan  pengetahuan kimia. Dimasa yang akan datang, dengan jumlah penduduk yang semakin bertambah sementara daya dukung alam yang terbatas, peran ilmu kimia yang  akan semakin penting.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ pengertian ekonomi makro dan mikro, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.